Kehidupan Pribadimu Sering Terabaikan? Lakukan 8 Kebiasaan Ini Jika Anda Membutuhkan Keseimbangan dalam Hidup
Ilustrasi seseorang yang terhubung dengan alam. (Freepik)
19:42
4 Oktober 2024

Kehidupan Pribadimu Sering Terabaikan? Lakukan 8 Kebiasaan Ini Jika Anda Membutuhkan Keseimbangan dalam Hidup

 – Dapat memisahkan waktu dan tenaga untuk kehidupan pribadi dan pekerjaan merupakan impian banyak orang. Sayangnya, berada di kehidupan yang serba sibuk, menemukan keseimbangan sering kali terasa sulit.

Tapi tahukah anda, ternyata kita bisa mengusahakan keseimbangan itu melalui aspek-aspek mendasar yang sering kali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari ideapod, berikut adalah delapan kebiasaan yang bisa anda lakukan, jika membutuhkan lebih banyak keseimbangan dalam hidup:

  1. Terhubung kembali dengan alam

Aktivitas luar ruangan yang berbasis alam dapat memberikan dampak mendalam pada kesejahteraan mental. Ada sebuah praktik di Jepang yang dikenal sebagai "forest bathing" ini adalah proses relaksasi dengan cara bersikap tenang dan hening di antara pepohonan, serta mengamati alam di sekitar sambil menarik napas dalam-dalam.

Anda bisa mencoba pergi ke hutan atau ke pantai, gunakan panca indra Anda untuk merasakan alam, seperti menyentuh daun-daun, merendam kaki di sungai atau sekedar menikmati pemandangan matahari terbenam.

Namun, masuk ke dalam hutan bukanlah satu-satunya cara, anda tetap bisa melakukannya dengan aktivitas sederhana seperti berjalan di taman atau merawat kebun di belakang rumah. Menghargai alam secara teratur dapat membantu menguatkan dan mengembalikan keseimbangan dalam kehidupan kita yang serba sibuk.

  1. Menerima kesendirian

Kebanyakan orang sering menganggap kesendirian sebagai sesuatu yang buruk dan harus dihindari, padahal kesendirian dapat berkontribusi dalam proses mencari keseimbangan. Ini adalah sebuah situasi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan introspeksi dan menemukan kejelasan.

Mengambil waktu jauh dari kebisingan dan gangguan membantu kita terhubung kembali dengan diri sendiri dan menemukan kedamaian batin, yang pada akhirnya akan mendukung keseimbangan. Cobalah untuk meluangkan waktu menikmati kesendirian, seperti meditasi di pagi hari, berjalan tenang di taman, atau hanya duduk dalam keheningan malam sebelum tidur. 

  1. Mengembangkan kesadaran penuh

Mempraktikkan kesadaran penuh dapat mengubah pengalaman sehari-hari menjadi peluang untuk menemukan keseimbangan hidup. Sisihkan waktu selama 10 menit setiap hari untuk berlatih meditasi mindfulness, cari tempat yang tenang, istirahatkan pikiran Anda, hindari gangguan, dan jauhkan perangkat elektronik.

Latih diri Anda untuk hadir sepenuhnya dalam aktivitas sederhana seperti makan atau berjalan, sehingga Anda dapat menghargai setiap momen tersebut. Jika dibiasakan, sikap ini bukan hanya untuk menemukan keseimbangan dalam hidup, tapi juga akan membantu Anda untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

  1. Merawat hubungan

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup ataupun mencukupi kebutuhannya sendiri, meskipun memiliki kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain. Bersosialisasi merupakan komponen kehidupan, sebagai bagian dari masyarakat kita perlu untuk saling berhubungan.

Ikatan sosial yang kuat sangat penting untuk kesejahteraan kita. Investasikan waktu Anda dalam hubungan, baik dengan orang lain maupun diri sendiri, bangunlah koneksi dan dukungan yang mendalam untuk menjaga keseimbangan.

  1. Menghargai kesehatan fisik

Prioritaskan kesehatan fisik Anda melalui pola tidur yang cukup, diet yang seimbang, dan olahraga yang teratur. Makanan yang kita konsumsi memberi energi bagi fisik maupun pikiran, serta pola tidur yang cukup dan berkualitas sangat berperan penting untuk stabilitas emosional. Ketika tubuh kita merasa baik, pikiran kita pun akan mengikuti.

Temukan rutinitas yang memungkinkan Anda untuk bergerak, baik itu jogging pagi ataupun yoga malam, jika Anda sedang mencari keseimbangan, jangan pernah mengabaikan kesehatan fisik. Karena ini adalah fondasi untuk menemukan kesejahteraan dan keseimbangan dalam hidup. 

  1. Mempraktikkan rasa syukur

Mengembangkan rasa syukur dapat membawa perubahan pada perspektif seseorang. Mulailah membiasakan diri untuk sering menunjukkan rasa syukur terhadap hal-hal baik dalam hidup Anda, seperti bersyukur dengan adanya kesehatan, keluarga, teman, atau sekedar adanya cuaca cerah di hari itu.

Kebiasaan untuk menghargai setiap kebahagiaan kecil dalam hidup dapat membantu kita menumbuhkan kepuasan dan keseimbangan, bahkan di masa sulit. 

  1. Memprioritaskan kesejahteraan mental

Sama seperti kita merawat kesehatan fisik, kita juga harus memprioritaskan kesehatan mental. Selain mengelola stres atau mengatasi emosi negatif, kesejahteraan mental juga tentang membangun ketahanan, mengembangkan pola pikir positif, dan memperkuat harga diri.

Bicaralah hal-hal baik kepada diri sendiri, terimalah pikiran-pikiran yang membangkitkan semangat, katakan bahwa Anda berharga, cerdas, dan layak dicintai. Membangun ketahanan dan memelihara pola pikir positif sangat penting untuk menghadapi tantangan hidup dengan keseimbangan.

  1. Menerima perubahan

Perubahan adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan. Seperti perubahan musim atau sebuah perjalanan, hidup tidak akan lurus dan sama terus-menerus. Pasti ada musim hujan atau musim kemarau, ada naik ada turun. Alih-alih menolaknya, menerima perubahan sebagai kesempatan untuk tumbuh dapat membantu mengarahkan Anda pada keseimbangan yang lebih besar dan pengalaman hidup yang lebih kaya.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #kehidupan #pribadimu #sering #terabaikan #lakukan #kebiasaan #jika #anda #membutuhkan #keseimbangan #dalam #hidup

KOMENTAR