Suka Masak Nasi Goreng? Ini Dia 7 Tips yang Bisa Kamu Coba Agar Nasi Goreng Kamu Jadi Lebih Enak!
Ilustrasi nasi goreng./Pexels
07:14
4 Oktober 2024

Suka Masak Nasi Goreng? Ini Dia 7 Tips yang Bisa Kamu Coba Agar Nasi Goreng Kamu Jadi Lebih Enak!

Nasi goreng merupakan makanan favorit banyak manusia di dunia. Dari negara belahan bumi manapun, seseorang bisa menyukai rasa dan aroma dari nasi goreng.

Baik itu nasi goreng bintang lima khas resto sampai nasi goreng sederhana buatan ibu di rumah sangat enak untuk dinikmati.

Nasi goreng jadi makanan favorit banyak orang juga karena isi dari nasi goreng yang sangat beragam.

Bagi para penyuka nasi goreng, kamu mungkin pernah mencoba memasak nasi goreng sendiri di rumah.

Namun bukannya mirip dengan yang dijual abang-abang di depan rumah, nasi gorengmu tidak seenak bayangan.

Tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan dan termasuk dalam langkah membuat nasi goreng.

DIpetik dari Real Simple dan South China Morning Post, berikut ini merupakan 7 tips agar nasi goreng kamu lebih enak:

1. Tidak Pakai Nasi Baru

Tips pertama untuk nasi goreng yang lebih enak adalah dengan tidak menggunakan nasi baru. Kamu bisa menggunakan nasi lama yang sudah agak mengering untuk tekstur nasi goreng yang baik.

Apabila kamu memiliki nasi yang baru dimasak, asi tersebut pasti masih sangat panas dan banyak kandungan air.

Kamu bisa mengangin-anginkan nais tersebut sampai kandungan airnya menguap dan tertinggal nasi yang bagus untuk dijadikan nasi goreng. Hal ini akan menjadikan nasi gorengmu tidak akan lengket satu sama lain.

2. Pisahkan Gumpalan Nasi

Sebelum memasak nasi goreng, kamu harus memastikan bahwa nasimu tidak menggumpal satu sama lain. Meski suda tidak menggunakan nasi baru, beberapa nasi bisa menggumpal dan menyebabkan proses memasak jadi lebih susah akibat tertempel di wajan.

Nasi yang bergumpal atau berbentuk persis seperti wadah tempat menyimpannya akan menjadikan proses masak susah dan bumbu tidak tersebar rata. Kamu bisa mencoba untuk memisahkan gumpalan nasi yang ada.

3. Gunakan Wajan Wok

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan demi nasi goreng yang lebih enak adalah dengan menggunakan wajan wok yang besar.

Wajan khusus ini diperlukan untuk mendistribusikan bahan dan bumbu secara merata tanpa takut ada yang terlalu matang di satu sisi.

Akan tetapi, tips ini bisa kamu lakukan apabila kamu memiliki wajan wok di rumah. Apabila tidak, kamu tetap bisa memiliki ansi goreng enak asal cara memasaknya sudah benar dengan bahan-bahan terbaik.

4. Wajan Panas Sebelum Masak

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan memanaskan wajan sebelum memasak nasi goreng. memasak nasi goreng merupakan proses yang cepat, oleh karenanya memanaskan wajan sebelum masak perlu dilakukan.

Hal ini akan membuat proses memasak cepat dan panas terdistribusi dengan merata. Tidak akan ada yang terlalu matang atau belum matang di sisi yang berbeda. Hal ini tentu membuat nasi goreng jadi lebih enak.

5. Siapkan Bahan-bahan Lain

Tips yang juga bisa kamu lakukan demi nasi goreng lebih enak adalah dengan menyiapkan bahan-bahan lain sebelum memasak.

Proses memasak nasi goreng yang cepat tentu tidak bisa menunggu kamu memotong sayur atau lauk ketika kompor sudah dinyalakan.

Kamu bisa menyiapkan bahan-bahan yangs udah dicuci dan dipotong dengan ukuran sesuai di samping wajan tempat kamu memasak. Nantinya, ketika waktunya tiba kamu bisa memasukkan bahan-bahan tersebut tanpa takut terlambat.

6. Gunakan Bahan yang Cukup

Memasak nasi goreng memang berarti kamu bisa memasukkan berbagai bahan sesukamu. Mulai dari telur, daging, sosis, sayur, dan masih banyak lagi bisa kamu masukkan sesuai selera dan resep yang sedang kamu ikuti.

Namun, kamu perlu menggunakan bahan secukupnya dan tidak terlalu banyak dalam satu buah resep nasi goreng. Gunakan bahan secukupnya dan buat fokus utama hidangan tetap ada di nasi sebagaimana namanya nasi goreng.

7. Urutan Memasak yang Benar

Terakhir, kamu perlu menerapkan tips nasi goreng lebih enak dengan mengikuti urutan memasak yang benar. Hal ini dikarenakan bahan yang berbeda tentu memiliki masa memasak yang berbeda satu sama lain.

Kamu bisa memulai dengan bahan yang agak keras, bahan yang lembut kemudian nasi dimasukkan terakhir.

Apabila ada hidangan bersaus sebagai sampingan nasi goreng misalnya ayam kecap, kamu bisa menambahkannya di awal agar rasanya meresap di nasi atau memisahkannya di proses memasak yang berbeda.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa tips agar nasi goreng kamu lebih enak dibandingkan sebelumnya.

Apabila kamu melaksanakan berbagai tips di atas dengan baik, kamu bisa merasakan nasi goreng buatan tangan serasa resto bintang lima.

Namun apabila resep nasi gorengmu masih belum enak sebagaimana yang kamu mau, kamu bisa terus berlatih dan mengikuti lebih banyak tips. Jangan menyerah dan tetap berusaha mencari resep terbaik untuk nasi goreng enak.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #suka #masak #nasi #goreng #tips #yang #bisa #kamu #coba #agar #nasi #goreng #kamu #jadi #lebih #enak

KOMENTAR