Beda Pendapat 3 Ahli soal Akun Fufufafa: Rocky Gerung Sebut Bukan Gibran Pemiliknya
Ilustrasi Gibran Rakabuming Raka dan akun Fufufafa yang buat heboh media sosial. [Suara.com/Rohmat Haryadi]
17:22
26 September 2024

Beda Pendapat 3 Ahli soal Akun Fufufafa: Rocky Gerung Sebut Bukan Gibran Pemiliknya

Dugaan kepemilikan akun Kaskus bernama Fufufafa yang dikaitkan dengan Wakil Presiden RI Terpilih, Gibran Rakabuming Raka masih banyak dibahas oleh warganet. Usai isi akun tersebut terbongkar, kini muncul spekulasi baru soal akun tersebut. Berbagai pihak menuding bahwa terbongkarnya isi akun Fufufafa yang banyak menghujat soal Prabowo merupakan hal yang sengaja dibuat untuk memecah belah bangsa.

Di sisi lain, warganet pun banyak yang menemukan fakta bahwa akun Fufufafa tersebut tersambung dengan nomor pribadi milik Gibran. Bahkan, beberapa media sosial yang terhubung dengan nomor di akun Fufufafa tersebut juga jelas memampang nama Gibran Rakabuming Raka sebagai pemilik media sosial tersebut.

Kisruh soal munculnya akun Fufufafa ini pun menjadi polemik di publik. Namun, sejumlah pengamat dan ahli pun memberikan tanggapan atas akun Fufufafa ini. Lalu, seperti apa perbedaan pendapat dari 3 orang ahli dan pengamat politik soal isu akun Fufufafa milik Gibran ini? Simak inilah selengkapnya.

Klaim Rocky Gerung

Pendapat Rocky GerungPendapat Rocky Gerung

Pengamat politik Rocky Gerung tampaknya begitu concern soal kasus akun Fufufafa yang dituding milik Gibran Rakabuming ini. Dalam podcast Keadilan TV, dosen Filsafat Universitas Indonesia ini mengungkap soal kepemilikan akun tersebut.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Lahir Partai Baru Bernama Fufufafa, Ketua Umumnya Bukan Gibran Tapi...

"Itu (akun Fufufafa) bukan milik Gibran," ujar Rocky dalam podcast yang diunggah pada Senin (23/09/2024) lalu tersebut. Hal ini membuat host Jerry dan host Arif keheranan.

"Hm...Akun Fufufafa itu bukan milik Gibran?" tanya host Jerry. Dengan nada bercanda, Rocky pun menyebut bahwa akun Fufufafa tersebut sudah milik netizen Indonesia.

"Akun itu udah jadi milik netizen sekarang," jawab Rocky sambil tertawa. Rocky pun menyebut bahwa isi akun Fufufafa yang bocor membuat netizen Indonesia memprotes besar-besaran kepada Gibran dan membuat hal ini tak terkendali.

"Ujungnya netizen yang kuasain kan? Itu kalau milik Gibran harusnya dia kendaliin. Tapi sekarang yang kendaliin netizen, dia (Gibran) aja yang gak bisa kendaliin," lanjut filsuf tersebut.

Kata Reza Indragiri

Pendapat Reza IndragiriPendapat Reza Indragiri

Ahli psikologi forensik, Reza Indragiri pun menggarisbawahi soal kondisi pemilik akun Fufufafa yang dianggapnya problematik.

Baca Juga: Pendidikan Mentereng Emil Dardak, Diteriaki Fufufafa saat Pengundian Nomor Urut Pilgub Jatim 2024

Dalam podcastnya di YouTube Diskursus Net pada Jumat (20/09/2024) lalu, Reza pun blak-blakan mengungkap pendapatnya soal akun Fufufafa tersebut.

"Dia (pemilik Fufufafa) menggunakan kata-kata tidak senonoh di ruang publik secara daring segala macam. Saya khawatir ini makhluk sudah masuk level problematik," ujar Reza dalam podcast tersebut.

Meskipun tak menyebut siapa sosok pemilik akun yang ia duga, namun Reza menyindir soal kondisi pemilik akun tersebut dan mengaitkannya dengan Gibran secara tidak langsung.

"Tidak menutup kemungkinan bahwa dia (pemilik akun) juga tidak bisa membantu diri dia sendiri keluar dari kondisi problematik itu. Dia butuh bantuan orang," lanjut Reza. Ia bahkan meminta si pemilik akun untuk konsultasi ke profesional. Ia juga meminta Prabowo untuk memikirkan pengganti Gibran.

 "Maka dari itu saya bilang, berkunjunglah ke profesional atau solusi yang lain ya (pemilik akun Fufufafa). Pak Prabowo  juga, teruslah sehat atau berpikirlah mulai dari sekarang," sindir Reza.

Pendapat Roy Suryo

Pendapat Roy SuryoPendapat Roy Suryo

Tak ingin ketinggalan, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Roy Suryo pun juga mengungkap bahwa dirinya yakin pemilik akun Fufufafa tersebut adalah Gibran. Bahkan, ia berani menjamin 99,9% kepemilikan akun tersebut menjurus ke wapres terpilih.

"Kita sebagai manusia boleh yakin, tapi kita gak bisa sempurna yakin 100% karena kesempurnaan hanya milik Allah. Ya sudahlah, paling tidak 99,9 persen lah (yakin). Kalau disurvei, paling 0,1 persennya margin error," ungkap Roy Suryo dalam podcast di YouTube mantan Ketua KPK Bambang Widjojanto pada Jumat (13/09/2024) lalu.

Roy Suryo pun menyebut sangat mudah untuk membuktikan kepemilikan akun Fufufafa tersebut dengan Gibran.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #beda #pendapat #ahli #soal #akun #fufufafa #rocky #gerung #sebut #bukan #gibran #pemiliknya

KOMENTAR