7 Tantangan dan Perjuangan yang Harus Dihadapi Orang yang Sangat Cerdas, Apakah Kamu Juga Mengalaminya?
Ilustrasi orang cerdas berjuang dalam menghadapi tantangan. (Pexels/ August de Richelieu)
19:26
23 September 2024

7 Tantangan dan Perjuangan yang Harus Dihadapi Orang yang Sangat Cerdas, Apakah Kamu Juga Mengalaminya?

 Bagi beberapa orang, pengetahuan, wawasan dan kecerdasan adalah kekuatan. Namun sayangnya, menjadi cerdas tidak selalu mudah dan bagi beberapa orang.

Semua kecerdasan, wawasan, dan pengetahuan yang Anda miliki, mungkin saja harus dibayar dengan harga mahal, khususnya dalam kehidupan sosial Anda.

Pasalnya dalam beberapa kasus, orang-orang yang dikenal sangat cerdas, cenderung mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan norma sosial dan sering kali berjuang dengan hal-hal yang dianggap remeh oleh orang lain.

Umumnya, orang yang sangat cerdas, sering merasa terisolasi atau disalahpahami oleh teman sebaya, anggota keluarga maupun lingkungan sosial sekitarnya.

Seperti dikutip dari Astroligion, orang-orang yang sangat cerdas sering kali mengalami beberapa kesulitan dan harus menghadapi beberapa tantangan ini di lingkungan sekitarnya.

Sebagai informasi, inilah beberapa kesulitan yang biasanya dihadapi oleh orang-orang dengan kecerdasan tinggi.

1. Obrolan Ringan yang Melelahkan

Bukan berarti Anda sok penting, tetapi obrolan dangkal yang membosankan bukanlah hal yang Anda sukai. 

  Orang-orang cerdas memiliki selera untuk berdiskusi yang bermakna yang merangsang mereka secara mental.

Mereka lebih suka berbicara tentang ide dan konsep daripada orang dan gosip remeh.    Pikiran mereka sering kali dipenuhi dengan ide-ide hebat dan mereka mendambakan teman bicara yang dapat mereka ajak berdiskusi.

Orang-orang cerdas ingin membahas hal-hal yang mendalam dan baru yang lebih penting dan bermakna.    Mereka menikmati kompleksitas dan menjelajahi topik-topik yang berlapis-lapis dengan nuansa dan mendengarkan perspektif orang lain tentangnya.

2. Lebih Banyak Berpikir daripada Berbicara

Karena otak Anda terprogram untuk mencari semua kemungkinan solusi dan jawaban atas suatu masalah, Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama daripada orang dengan kecerdasan rata-rata untuk memberikan pendapat atau menarik kesimpulan.

Selain itu, jika Anda tidak sepenuhnya yakin bahwa Anda memiliki jawaban yang benar atau ide yang cemerlang, Anda tidak akan berbicara sama sekali.

Perjuangan Anda terletak pada kenyataan bahwa kebanyakan orang di sekitar Anda tidak familiar dengan cara kerja proses berpikir Anda, dan mereka menjadi bingung atau menganggap Anda aneh, tertutup, atau tidak tertarik.

3. Pekerjaan Monoton Membuat Anda Cepat Bosan

Kebutuhan otak Anda untuk terus-menerus ditantang dengan ide-ide dan proyek-proyek baru yang lebih hebat dapat mengubah pekerjaan Anda yang dulunya menyenangkan menjadi biasa dan membosankan karena Anda menghabiskan semua cara untuk menjadi kreatif.

Hal ini dapat berubah menjadi perjuangan sehari-hari untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda.   Selain itu, dalam kebanyakan kasus, atasan Anda tidak begitu simpatik terhadap keinginan Anda dan hanya ingin pekerjaan itu selesai.

4. Terlalu Banyak Ide, Kadang Membuat Anda Kehilangan Dorongan

Sulit untuk menjadi pemikir di dunia yang penuh dengan orang-orang yang bersemangat dan lebih menghargai tindakan daripada ide-ide hebat.    Karena Anda terlalu asyik dengan berbagai ide, terkadang Anda mungkin kehilangan dorongan untuk bertindak.   Sayangnya, orang cenderung salah mengartikan sifat ini sebagai kemalasan yang membuat Anda merasa kurang dihargai.

5. Sering Dianggap Canggung Secara Sosial

Perjuangan Anda berikutnya muncul sebagai akibat dari semua perjuangan sebelumnya.    Jika Anda merasa tidak nyaman saat berbincang-bincang ringan, jangan bicara jika tidak yakin.

Selain itu, jangan terinspirasi oleh ide-ide lama dan usang, atau jika Anda merasa lebih nyaman dengan ide daripada eksekusi, namun orang cenderung menganggap Anda canggung secara sosial.

Tanpa mereka sadari, hal ini hanya memberi lebih banyak tekanan pada Anda sehingga Anda merasa lebih sadar diri tentang perilaku sosial Anda.

6. Sulit Jatuh Cinta

Pencarian cinta Anda sedikit lebih sulit daripada orang kebanyakan. Karena Anda jauh lebih berhati-hati, analitis, dan mandiri daripada yang lain, Anda cenderung dianggap dingin dan suka menuntut.    Selain itu, Anda terkadang kurang spontan, yang membuat orang yang Anda cintai kehilangan minat.

Betapapun sulitnya perjuangan harian Anda, Anda tidak perlu membiarkannya menghalangi Anda untuk berkembang.    Anda dapat berusaha lebih mengekspresikan diri kepada orang lain sehingga mereka dapat lebih memahami kebutuhan Anda. Anda akan menemukan beberapa titik temu.

7. Memiliki Sedikit Teman

Otak orang cerdas bekerja dengan caranya sendiri, dan hal itu membuat perbedaan bahkan dalam cara kita memperlakukan komunikasi.    Bagi orang dengan kecerdasan di atas rata-rata, aktivitas sosial lebih seperti kebutuhan yang tidak perlu daripada esensi kehidupan.

Kebanyakan orang jenius adalah penyendiri, dan hanya sedikit orang yang memahami dan menerima mereka.    Faktanya, semakin banyak orang cerdas ini harus berkomunikasi dengan orang lain, semakin tidak bahagia perasaan mereka.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tantangan #perjuangan #yang #harus #dihadapiorang #yang #sangat #cerdasapakah #kamu #juga #mengalaminya

KOMENTAR