Cara Tipe Kepribadian MBTI dalam Menghadapi Hari Senin, Hilangkan Rasa Malas dan Bangun Mood yang Bagus
Ilustrasi tipe kepribadian MBTI dalam menghadapi hari Senin./Pexels
11:10
22 September 2024

Cara Tipe Kepribadian MBTI dalam Menghadapi Hari Senin, Hilangkan Rasa Malas dan Bangun Mood yang Bagus

Meskipun masih weekend, rasanya menjelang sore di hari Minggu mood langsung berubah.

Ini terjadi ketika mengingat kalau besok sudah harus kembali kerja. Kecemasan dan ketakutan mulai merayapi diri merasakan beban tanggung jawab dan tugas yang menanti di tempat kerja.

Sekalipun orang tersebut mencintai pekerjaannya, sulit sekali memotivasi diri dan memberi energi untuk memulai Senin pagi dengan semangat.

Sulit, tetapi bukan berarti nggak mungkin. Ada beberapa orang yang punya rutinitas atau aktivitas yang bisa membangun mood dan menghilangkan rasa malas lepas weekend.

Dilansir dari truity.com, tipe MBTI bisa mengungkapkan bagaimana seseorang membangun dan menghadapi hari Senin untuk kembali bekerja dengan baik, berikut penjelasannya.

1. ISTJ

ISTJ menganggap hari Senin sebagai kesempatan untuk menangani tanggung jawab secara langsung.

Sifat praktis yang ditunjukkan oleh orang dengan MBTI ini memungkinkan mereka untuk membuat rencana yang terstruktur untuk satu minggu itu sebelum meninggalkan kantor pada hari Jumat sore.

Jika memungkinkan, mereka akan mengalokasikan Senin pagi untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan sebelumnya. Hal yang membahagiakan buat ISTJ adalah ketika semua berjalan sesuai jadwal. Jadi selalu patuhi jadwal tersebut semaksimal mungkin.

2. ISFJ

ISFJ mungkin akan mengalami kewalahan dan kecemasan pada hari Senin. Perubahan suasana yang terjadi dari waktu di akhir pekan ke rutinitas bekerja dapat membuat orang-orang ini merasa tidak seimbang dan tidak enak badan.

Untuk mengatasi hal ini, mereka akan menemukan tempat yang nyaman dan akrab. Mereka akan memulai hari Senin dengan rutinitas yang familiar seperti membuat secangkir kopi atau meluangkan waktu dengan bermeditasi.

Ini akan membantu orang dengan MBTI ISFJ meredakan kecemasan yang terjadi di hari Senin.

3. INFJ

INFJ membenci ketika harus mengatasi setumpuk pekerjaan tugas administrasi atau tugas membosankan yang datang di hari Senin.

Untuk mengurangi beban tersebut, mereka akan menjadwalkan tugas yang berarti untuk hari Senin. Untuk itu, memulai hari Senin harus dengan yang menggembirakan untuk seorang INFJ.

Mereka bisa mulai dari proyek kecil atau melakukan pekerjaan yang paling sukai. Ini akan memberikan mereka suatu hal yang dinantikan dan membantu menjaga mood dan semangat untuk tetap tinggi di hari Senin.

4. INTJ

INTJ akan menggunakan hari Senin sebagai kesempatan untuk menyelesaikan berbagai hal.

Sebagai individu yang berorientasi pada tujuan yang efisien, mereka cenderung memiliki daftar tugas dan tujuan yang akan dikerjakan dalam seminggu mendatang.

Mereka dapat menangani hari Senin dengan menyelesaikan pekerjaan yang membosankan langsung sebelum pekerjaan yang lain. Hal ini akan memberikan rasa pencapaian yang dapat menjadi penentu suasana satu minggu tersebut.

5. ISTP

ISTP akan berkembang pesat dalam suasana lingkungan yang serba cepat dan selalu berubah. Maka nggak heran kalau orang dengan MBTI ini akan merasa kelelahan di hari Senin karena banyaknya tugas dan tanggung jawab yang tiba-tiba.

Mereka dapat memulai hari Senin dengan memprioritaskan tugas dan fokus pada pekerjaan yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu.

Orang-orang ini dapat menunda tugas lain tanpa merasa bersalah karena mereka sadar kalau tugas itu akan diselesaikan pada waktunya.

6. ISFP

ISFP adalah orang-orang yang penuh dengan energi dan kreatif. Hari Senin dapat terasa menyesakkan karena mereka tidak bisa mengikuti inspirasi dan energinya, melainkan diburu oleh waktu.

Tapi, nggak perlu khawatir, ISFP bisa memulai Senin pagi dengan sesuatu yang kreatif dan akan memuaskannya.

Misalnya dengan menulis proposal atau merancang proyek baru. Ini akan membantu mereka memulai minggu tersebut dengan catatan yang positif dan inspiratif.

7. INFP

INFP dikenal sulit memisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadinya, terutama ketika harus kembali bekerja di hari Senin.

Mereka akan mengalami tekanan karena harus langsung kembali bekerja. Untuk itu, orang-orang ini perlu menetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Begitu menutup pintu pada hari Senin, mereka harus menyalakan otak untuk bekerja.

Beberapa aktivitas yang bisa memberikan energi semangat misalnya dengan membaca koran, mendengarkan podcast, atau meninjau Kembali jadwal untuk minggu ini.

Aktivitas ini akan membantu memasuki pola pikir yang produktif dan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan yang sehat.

8. INTP

INTP adalah orang-orang yang bermusuhan dengan tugas-tugas membosankan. Untuk itu, memulai hari Senin dengan tugas membosankan jadi satu hal yang mereka hindari.

Individu dengan MBTI ini akan fokus menyelesaikan tugas yang paling menantang untuk merangsang intelektual terlebih dahulu.

Setelah merasa termotivasi, mereka akan bekerja sepanjang hari dengan semangat. Apapun yang akan mereka jadwalkan dalam satu minggu, pasti tidak akan pernah ada rapat yang terjadwal di hari Senin karena akan terasa membosankan.

9. ESTP

ESTP dikenal dengan sifatnya yang supel dan energik. Mereka akan memulai hari dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Ini akan membantu mereka melepaskan ketegangan atau stress yang mungkin mereka rasakan.

Nggak cuma itu, olahraga yang mereka lakukan dapat menjadi dorongan energi untuk memulai minggu yang kuat dan semangat. Setelah berolahraga mereka akan lebih siap dan dapat mengerjakan berbagai pekerjaan di hari Senin.

10. ESFP

ESFP adalah orang yang senang bersosialisasi atau berkumpul bersama. Mereka akan menghabiskan waktu weekend sebagai pekan bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Orang-orang ini akan merasa sepi di Hari Senin tanpa bersosialisasi dengan rekan kerja.

Untuk itu, mereka akan langsung mulai menjalin hubungan dengan rekan kerja di Senin pagi. Mereka bisa berbagi cerita dari akhir pekan atau merencanakan kegiatan kelompok untuk minggu tersebut.

Ini akan membuatnya tidak merasa terisolasi dan membawa sebagian energi sosial itu ke dalam pekerjaan mereka.

11. ENFP

ENFP akan merasa hari Senin sebagai hari yang berat karena harus kembali mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.

Melihat daftar tugas yang panjang akan membuatnya stres dan tidak fokus. Untuk itu, orang dengan MBTI ini perlu meluangkan waktu di pagi hari untuk merenungkan tujuan dan prioritas selama minggu ini.

Jika tidak terlalu penting, maka mereka akan menghapus hal tersebut dalam daftar. Ini akan membantunya untuk tetap fokus pada tugas dan tanggung jawab yang tepat untuk minggu tersebut.

12. ENTP

ENTP adalah orang-orang yang senang memiliki pengalaman dan tantangan baru. Mereka bakal mempunyai mood yang bagus setelah melalui berbagai pengalaman yang baru pertama kali mereka lakukan.

Untuk itu, orang-orang ini akan memulai Senin pagi dengan sesuatu yang baru. Misalnya dengan tugas baru atau merubah rute ke kantor yang berbeda. Ini akan membantu mereka menjaga semangat dan mencegah rasa bosan Ketika bekerja selama minggu tersebut.

13. ESTJ

ESTJ dikenal sebagai orang yang tersturuktur dan memiliki rutinitas yang terjadwal dengan baik. Mereka akan merasa kacau ketika rutinitas yang biasa dilakukan tergantung dengan hal lain.

Orang-orang ini akan mengikuti rutinitas di Senin pagi seperti biasa untuk membantu menjaga kondisi mental dan pikiran selama seminggu kedepan.

Tetaplah pada jadwal dan pastikan semuanya berjalan dengan produktif. Ini akan memberikan rasa kendali dan stabilitas untuk dirinya.

14. ESFJ

ESFJ dikenal sebagai individu yang memiliki sifat terorganisasi dan suka membuat rencana ke depan. Mengatur jadwal ini akan membuatnya menjalani minggu tersebut dengan stabil.

Orang dengan MBTI ini akan memulai Senin pagi dengan mengatur dan mempersiapkan diri untuk minggu ini.

Membuat daftar, menjadwalkan rapat, hingga merapikan ruang kerja dapat membuat mereka mampu mengendalikan beban kerja yang akan dihadapi.

15. ENFJ

Seorang ENFJ akan merasa senang ketika harus berhubungan dan membangun hubungan dengan orang lain. Hal ini dapat memacu semangat dan mood mereka menjadi lebih baik dalam menghadapi hari Senin.

Mereka akan menggunakan hari Senin tersebut untuk berhubungan dengan kerja, baik melalui kegiatan yang membangun tim, percakapan satu lawan satu, atau mengadakan rapat kelompok.

Menciptakan perasaan bahwa semua bersama-sama dapat membantunya memulai minggu dengan energi yang positif.

16. ENTJ

ENTJ adalah perencana dan ahli strategi alami. Mereka akan menggunakan hari Senin sebagai waktu yang tepat untuk melihat gambaran besar yang akan terjadi pada minggu tersebut.

Orang-orang ini akan merencanakan strategi untuk minggu depan, menetapkan tujuan dan pencapaian mereka, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Tujuan mereka di hari Senin adalah memiliki perasaan yang positif dan tujuan yang jelas dalam rencana tindakan yang akan dilakukan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #tipe #kepribadian #mbti #dalam #menghadapi #hari #senin #hilangkan #rasa #malas #bangun #mood #yang #bagus

KOMENTAR