Apa Arti Nebeng Menurut KBBI? Roy Suryo Sentil Logika Kaesang Terbalik saat Klarifikasi Jet Pribadi
Roy Suryo - Kaesang Pangarep. (Kolase Suara.com/Ria Rizki dan Instagram/kaesangp)
18:17
18 September 2024

Apa Arti Nebeng Menurut KBBI? Roy Suryo Sentil Logika Kaesang Terbalik saat Klarifikasi Jet Pribadi

Kaesang Pangarep telah menyampaikan klarifikasi soal jet pribadi yang ditumpanginya bersama sang istri, Erina Gudono, ke Amerika pada 18 Agustus 2024. Kaesang mengaku hanya nebeng jet pribadi salah satu temannya yang kebetulan searah.

Klarifikasi Kaesang soal nebeng jet pribadi teman menuai komentar dari banyak pihak. Salah satunya dari pakar telematika ternama, Roy Suryo. Ia menilai logika Kaesang terbalik soal nebeng.

"Logikanya terbalik," kata Roy Suryo dalam keterangan tertulis yang diterima pada Rabu (18/9/2024).

Roy Suryo pun meminta putra bungsu Presiden Joko Widodo itu belajar tentang arti nebeng menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Ia ingin Kaesang belajar beda arti nebeng dengan pinjam.

Baca Juga: Roy Suryo Ajarkan Kaesang Pakai KBBI Soal Beda Nebeng dan Pinjam Jet Pribadi: Logikanya Terbalik

Roy Suryo di PN Jakarta Barat, Kamis (22/12/2022). (Suara.com/Faqih)Roy Suryo di PN Jakarta Barat, Kamis (22/12/2022). (Suara.com/Faqih)

"Agar tidak membuat definisi atau pemahaman seenaknya sendiri, nebeng menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya)," jelas Roy Suryo lagi.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, istilah nebeng memang terdaftar di laman resmi KBBI, kbbi.kemdikbud.go.id. Istilah ini termasuk dalam ragam cakapan atau kata yang dipakai tak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa Indonesia yang sudah ditentukan.

Menurut KBBI, istilah nebeng diartikan sebagai ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar. Hal ini sangat berbeda dengan istilah pinjam yang juga terdaftar dalam KBBI.

Istilah pinjam dimaknai sebagai memakai barang (uang dan sebagainya) orang lain untuk waktu tertentu (kalau sudah sampai waktunya harus dikembalikan).

Sementara itu, Roy Suryo mempermasalahkan istilah nebeng yang dipakai Kaesang lantaran si empunya jet pribadi tidak ikut dalam perjalanan tersebut. Menurutnya itu merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan.

Baca Juga: Kaesang Ngakunya Cuma Nebeng Jet Teman ke AS, Komentar Gilang Bhaskara Nyelekit: Saya Percaya Banget

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #arti #nebeng #menurut #kbbi #suryo #sentil #logika #kaesang #terbalik #saat #klarifikasi #pribadi

KOMENTAR