Love Language Disinggung dr Aisah Dahlan Dapat Atasi Masalah Perselingkuhan, Berikut Beberapa Manfaat Memahami Bahasa Cinta
Ilustrasi: untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan dibutuhkan bahasa cinta. (Istimewa)
15:34
22 Januari 2024

Love Language Disinggung dr Aisah Dahlan Dapat Atasi Masalah Perselingkuhan, Berikut Beberapa Manfaat Memahami Bahasa Cinta

- Belakangan ini ramai beredar di linimasa media sosial podcast Denny Sumargo bersama dr Aisah Dahlan. Isu perselingkuhan belakangan ini menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan, bahkan polemik tersebut merambah ke isu lain yang menjadi konsumsi masyarakat.

Dalam sesi podcast dengan Denny Sumargo itu, dr Aisah Dahlan sempat menyinggung bahwa love language atau bahasa cinta dapat mencegah terjadi perselingkuhan. Jika dijabarkan lebih panjang lagi, love language mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan percintaan.

Dilansir dari Verywellmind.com, Senin (22/1), Terdapat beberapa manfaat memahami love language atau bahasa cinta dalam sebuah hubungan, di antaranya:

1. Bahasa Cinta Mencegah Sikap Egoisme

Ketika kita berkomitmen untuk mempelajari bahasa cinta orang lain, kita harus berfokus pada kebutuhan mereka, bukan kebutuhan kita sendiri. Inilah premis utama teori Chapman.

Pasangan harus berusaha mempelajari bahasa cinta pasangannya daripada mencoba meyakinkan pasangannya untuk mempelajari bahasa cintanya sendiri. Idealnya, kedua orang akan berusaha mengungkapkan cinta dengan cara yang bermakna bagi satu sama lain.

2. Bahasa Cinta Menciptakan Empati

Saat kita belajar lebih banyak tentang bagaimana pasangan kita merasakan cinta, kita juga akan belajar berempati dengannya. Hal ini membantu kita keluar sejenak dari diri kita dan melihat apa yang membuat orang lain merasa berarti dan dicintai.

Ketika pasangan berkomitmen untuk mempelajari dan menggunakan bahasa cinta, mereka meningkatkan kecerdasan emosional mereka dan belajar bagaimana mendahulukan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.

Alih-alih mengungkapkan bahasa cintanya kepada pasangannya, mereka belajar bagaimana berbicara dalam bahasa yang dimengerti pasangannya.

3. Bahasa Cinta Membantu Menjaga Keintiman

Membicarakan secara teratur tentang apa yang membuat tangki cinta kita tetap penuh dapat membangun lebih banyak pemahaman dan pada akhirnya, menjaga keintiman dalam hubungan kita.

Kita tidak hanya akan belajar lebih banyak tentang satu sama lain, namun kita juga akan terhubung dengan cara yang lebih dalam dan signifikan. Ketika ini terjadi, hubungan kita akan terasa lebih intim.

4. Bahasa Cinta Membantu Pertumbuhan Pribadi

Berfokus pada sesuatu atau seseorang di luar diri Anda dapat mengarah pada pertumbuhan pribadi. Mencintai pasangan kita dengan cara yang berada di luar zona nyaman akan memaksa kita untuk tumbuh dan berubah, dan melihat ke luar diri kita sendiri.

5. Bahasa Cinta Membantu Berbagi Cinta dengan Cara yang Bermakna

Ketika pasangan mulai berbicara dalam bahasa cinta satu sama lain, hal-hal yang mereka lakukan untuk satu sama lain menjadi lebih disengaja dan bermakna. Mereka mengatakan ‘Aku cinta kamu’ dengan cara yang masuk akal bagi pasangannya, yang kemudian merasa diperhatikan, puas, dan dihargai.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #love #language #disinggung #aisah #dahlan #dapat #atasi #masalah #perselingkuhan #berikut #beberapa #manfaat #memahami #bahasa #cinta

KOMENTAR