Profil Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia yang 'Dikudeta' Anindya Bakrie
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. [ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak]
11:41
16 September 2024

Profil Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia yang 'Dikudeta' Anindya Bakrie

Kabar dilengserkannya Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menuai polemik. Menjabat untuk periode 2021-2026, di tengah jalan Arsjad Rasjid diganti oleh Anindya Bakrie melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu, 14 September 2024.

Dinamika internal pun terjadi, di mana Arsjad Rasjid menilai pemilihan Anindya Bakrie sebagai pengganti dirinya tidak sah. Ia juga menyatakan bakal menempuh jalur hukum.

Penetapan Anindya Bakrie ini juga ditentang oleh Dewan Pengurus Kadin kepemimpinan Arsjad Rasjid, yang menyebut bahwa Munaslub tersebut tidak sah karena dianggap melanggar AD/ART dan peraturan organisasi Kadin.

Lantas seperti apa profil Arsjad Rasjid yang kini tengah berupaya mempertahankan posisinya sebagai Ketua Umum Kadin yang sah hingga akhir masa jabatannya? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Munaslub Kadin Ciptakan Dualisme Kepemimpinan, Arsjad Rasjid Bicara Soal AD/ART: Tindakan Ilegal

Profil Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid yang lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970 dikenal sebagai seorang pengusaha. Sejak 2005, Arsjad Rasjid diketahui merupakan Direktur utama PT Indika Energy Tbk., salah satu perusahaan yang bergerak di bidang energi.

Di bawah kepemimpinannya, PT Indika Energy berhasil mengembangkan berbagai proyek strategis dan ekspansi bisnis. Aset pun bertambah besar sekitar 7x lipat dari Rp2,78 triliun menjadi Rp18,28 triliun dalam jangka waktu 6 tahun melalui strategi akuisisi.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid. [Suara.com/Bagaskara]Arsjad Rasjid. [Suara.com/Bagaskara]

Perihal pendidikan, Arsjad Rasjid mengenyam bangku kuliah di luar negeri. Ia tercatat pernah berkuliah di University of Southern California mengambil jurusan Computer Engineering pada 1990.

Kemudian pada 1993, Arsjad Rasjif menyelesaikan pendidikannya di bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University, California, Amerika Serikat.

Baca Juga: Kekayaan Anindya Bakrie Vs Arsjad Rasyid, Saling Klaim Pimpin Kadin Indonesia

Pria berusia 54 tahun ini juga tercatat mengikuti program Executive Education di beberapa kampus top Amerika Serikat, seperti Yale University, University of Oxford, dan Harvard Kennedy School.

Selain berbisnis, Arsjad Rasjid terjun ke ranah politik. Pada Pilpres 2024, Arsjad Rasjid menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo. Ia menjadi Ketua TPN Ganjar Pranowo pada Rabu 27 September 2023.

Sayangnya, Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD gagal dalam kontestasi, bahkan hanya mengantongi suara 16 persen secara nasional.

Untuk menghindari konflik kepentingan, Arsjad Rasjid cuti dari jabatannya di PT Indika Energy Tbk maupun Kadin saat aktif berpolitik kemarin.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #profil #arsjad #rasjid #ketua #umum #kadin #indonesia #yang #dikudeta #anindya #bakrie

KOMENTAR