12 Metode Pakai Parfum Menurut Para Ahli Aroma, Gunakan Trik Ini Jika Ingin Wangi Tahan Lama
Ilustrasi menyemprotkan parfum. (Racool_studio/Freepik)
07:06
14 September 2024

12 Metode Pakai Parfum Menurut Para Ahli Aroma, Gunakan Trik Ini Jika Ingin Wangi Tahan Lama

 – Pernahkah Anda mempertanyakan kenapa aroma parfum cepat hilang? Padahal terlintas di benak rasanya sudah cukup banyak kita menyemprotkannya.

Ternyata, bisa jadi ada kesalahan pada cara pengaplikasiannya. Menyemprotkan hasil ekstraksi bahan-bahan aromatik yang menghasilkan aroma wangi ini memiliki metode khusus.

Pada wawancaranya bersama realsimple.com, ahli aroma Vince Spinnato dan Cordelia Smith menjelaskan 12 metode pakai parfum:

1. Perhatikan konsentrasinya, semakin tinggi presentase konsentrasi pada wewangian, maka akan menghasilkan aroma yang lebih kuat dan bertahan lebih lama.

Berikut rumus konsentrasi parfum yang disebutkan Cordelia Smith:

- Ekstrak/Extrait/Parfum padat: 20 persen hingga 30 persen

- Parfum: 15 persen hingga 25 persen

- Eau de Parfum (EDP): 8 persen hingga 15 persen

- Eau de Toilette (EDT): 4 persen hingga 8 persen

- Cologne alias Eau de Cologne (EDC): 2 persen hingga 4 persen

- Krim tubuh/Lotion: 3 persen hingga 4 persen

- Aftershave/Splash: 2 persen hingga 4 persen

2. Semprotkan setelah mandi dan mengeringkan badan, jangan menyemprotkannya dalam keadaan tubuh masih basah karena aromanya akan hilang saat kita mengeringkan badan. Beberapa ahli lain juga mengatakan mandi dengan air hangat atau berendam akan lebih bagus, pori-pori akan lebih terbuka memungkinkan wewangian menembbus kulit lebih dalam, tubuh juga akan berada dalam kondisi hangat yang bisa mempengaruhi seberapa lama aroma parfum akan bertahan.

3. Pastikan kulit dalam keadaan lembab, wewangian tidak akan menempel pada kulit kering, untuk itu gunakan lotion atau krim sebelum menyemprotkan parfum. Tidak masalah untuk mencampur kedua aromanya, namun akan lebih baik jika menggunakan formulasi tanpa aroma.

4. Semprotkan ke titik nadi, termasuk pada area pergelangan tangan, tengkuk leher, belakang lutut, belakang telinga, dan bagian dalam siku.

5. Jangan mengaplikasikannya pada pakaian, sebaliknya gunakan langsung di kulit. Wewangian akan bertahan lebih lama saat bersentuhan dengan minyak alami tubuh.

6. Menyemprotkannya ke rambut akan membuat wewangian meresap di rambut dan bertahan lebih lama, perlu diperhatikan bahwa lebih baik menggunakan wewangian khusus rambut.

7. Hentikan menggosok pergelangan tangan, karena akan mengurangi kualitas aromanya.

8. Perhatikan umur parfum, buang dan jangan menggunakannya jika sudah berubah warna atau tampak berbeda. Rata-rata masa pakai parfum adalah antara dua hingga 10 tahun, tergantung jenisnya.

9. Perhatikan tempat penyimpanannya, letakkan parfum di tempat yang sejuk dan gelap, karena cahaya dan kelembapan akan mengubah aromanya.

10. Pastikan untuk membeli lotion atau produk kulit lainnya yang beraroma cocok, agar dapat memberikan aroma yang optimal.

11. Memindahkan parfum dari botolnya akan mengubah komposisi aromanya, untuk itu tetap simpan di botol aslinya.

12. Hindari mengocok, jika kita mengguncangkan botol parfum, oksigen dapat masuk dan bercampur yang berakibat menganggu aroma aslinya, cukup buka tutup botol, semprotkan, lalu tutup kembali.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #metode #pakai #parfum #menurut #para #ahli #aroma #gunakan #trik #jika #ingin #wangi #tahan #lama

KOMENTAR