Miliki Mental yang Kuat Tanda Seseorang Peduli Terhadap Kesehatan Demi Terhindar Dari Gangguan Emosi
Mental yang kuat merupakan tanda seseorang memiliki psikologis yang sehat./Pixabay
05:44
13 September 2024

Miliki Mental yang Kuat Tanda Seseorang Peduli Terhadap Kesehatan Demi Terhindar Dari Gangguan Emosi

Memiliki mental yang kuat menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kendali yang stabil pada dirinya.

Mengutip dari publikasi Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), kesehatan mental merupakan kondisi ketika batin berada dalam keadaan tentram dan tenang.

Seseorang dengan mental yang sehat tentu akan berdampak positif pada kehidupannya, yakni membantu menggunakan kemampuan atau potensi secara maksimal, yang akhirnya menolong mereka dalam menghadapi tantangan hidup.

Begitupun sebaliknya, mengutip dari Pan American Health Organization (PAHO) dikatakan kesehatan yang terganggu hanya akan meningkatkan risiko penyakit lain dan berdampak pada kecerdasaan fisik, baik disengaja atau tidak disengaja.

Bahkan, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI 2018, mencatat sedikitnya 19 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun terdeteksi mengalami gangguan mental secara emosional dan sedikitnya 12 juta penduduk dengan usia yang sama mengalami depresi.

Dalam kondisi tertentu ternyata masih banyak orang berada dalam kondisi kesehatan mental yang tidak sehat, padahal hal tersebut bukan hanya memengaruhi psikologi, tetapi juga kehidupan pribadi dan sosial seseorang sehari-hari.

Kondisi kesehatan mental bukanlah sesuatu yang bisa dianggap angin lalu dan ringan.

Seperti fisik, kesehatan mental berada dalam posisi yang kompleks, apabila terganggu, maka muncul beberapa gejala, bahkan hingga ke tahap ekstrem.

Mengutip dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, berikut tanda-tanda ketika kamu memiliki gangguan kesehatan mental, yakni:

Perubahan perilaku ke arah negatif

Perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan tidak menentu

Sulit berkonsentrasi

Berat badan turun

Diikuti berbagai masalah kesehatan

Muncul perasaan yang intens dan berlebih tanpa alasan

Sementara itu, permasalahan kesehatan mental juga terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan kondisinya, yang paling umum terjadi mengutip dari Kemenkes ada tiga, yakni sebagai berikut:

1. Stres

Stres merupakan kondisi di mana seseorang tertekan, baik secara emosi atau mentalnya. Seseorang yang mengalami stres cenderung tampak gelisah, cemas dan mudah emosi.

2. Gangguan kecemasan

Berbeda dengan stres, gangguan kecemasan diartikan ketika seseorang berada pada kondisi psikologis dengan rasa cemas yang berlebih secara konstan, bahkan sulit dikendalikan dan kerap timbul.

3. Depresi

Masalah kesehatan seperti depresi biasanya ditandai dengan seseorang merasakan perasaan sedih secara terus-menerus, bahkan bisa berlangsung bukan hitungan hari, tetapi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Apabila seseorang menderita depresi, maka bukan hanya berdampak pada fisik, tetapi juga memengaruhi pola pikir dan perilaku sehari-hari.

Mirisnya, pada kasus tertentu di antara penderitanya, justru ada yang memilih pilihan ekstrem.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki kesehatan mental yang baik, bahkan kuat demi terhindar dari segala risiko dengan melakukan hal-hal seperti berikut:

Menjaga kesehatan fisik dan pola makan sehat

Istirahat yang cukup

Berpikiran positif

Membangun kemampuan menghadapi masalah

Hindari kebiasan buruk yang memicu stres

Menciptakan dukungan sosial yang positif

Jangan ragu meminta bantuan profesional apabila dibutuhkan

Di samping itu, masalah kesehatan mental bukanlah sesuatu yang tidak normal dan harus dihindari karena seringkali justru seseorang terjebak di dalam vonis atau stigma rasa takut mempunyai gangguan mental.

Alih-alih merasa seperti itu, apabila kamu mulai merasakan ada yang salah dengan kesehatan mental dirimu, maka lebih baik segera melakukan pencegahan dan penanganan agar tidak sampai ke tahap yang serius.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #miliki #mental #yang #kuat #tanda #seseorang #peduli #terhadap #kesehatan #demi #terhindar #dari #gangguan #emosi

KOMENTAR