Berada di Lingkungan Kerja Baru: Beginilah Cara Berinteraksi Secara Efektif dengan Setiap Tipe Kepribadian
Ilustrasi berada di lingkungan kerja baru dan cara berinteraksi secara efektif dengan tiap tipe kepribadian. (Pexels)
16:12
11 September 2024

Berada di Lingkungan Kerja Baru: Beginilah Cara Berinteraksi Secara Efektif dengan Setiap Tipe Kepribadian

 

Kita semua membawa kepribadian, kekuatan, dan pengalaman hidup yang unik ke tempat kerja setiap harinya. Lingkungan kerja menciptakan suasana keberagaman, empati, koneksi, dan inovasi. Beginilah cara menciptakan budaya kerja yang optimal di suasana tersebut dan dapat mengembangkan jaringan individu yang beragam, dilansir melalui superfriend.com.

  1. Ketahui tiap perbedaan dan hindari persepsi negatif atau bias kesamaan

Kesadaran bahwa setiap orang memiliki cara komunikasi atau kepribadian yang berbeda membuat kita mudah merasa frustasi dan memandang mereka ribet dan keras kepala. Ketika merasakan hal tersebut, tumbuhkan rasa empati kita terhadap orang lain agar mampu memahami mereka.

Cobalah untuk mengklarifikasi alasan mengapa individu itu memiliki pikiran dan perasaan yang berbeda. Beberapa orang lebih tertutup dan pemikirannya lebih dalam, membuat sisi kepribadiannya lebih tenang dan reflektif sebelum menjawab. Disisi lain ada yang lebih ekstrovert, cenderung lebih dominan berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa orang secara alami memiliki keinginan untuk memimpin, dan beberapa yang lain lebih suka dibimbing serta mengikuti arahan. Pentingnya meluangkan waktu untuk memahami dan memikirkan perbedaan kepribadian diri sendiri untuk mencegah persepsi negatif dan memandang kesamaan.

  1. Kenali perbedaan budaya dan bias bawah sadar kita

Lingkungan kerja pasti memiliki budaya, cara berinteraksi dan berkomunikasi yang berbeda, hal tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman lintas budaya. Bagi beberapa orang, membuat lelucon yang mengarah kepada seseorang merupakan cara untuk mengekspresikan persahabatan.  

Namun, terdapat orang yang mungkin menganggap lelucon seperti itu tidak pantas, membuat perasaan diintimidasi dan diremehkan. Keragaman gaya komunikasi lintas budaya dapat menyebabkan kesalahpahaman dan penyebab kemungkinan terjadinya bias yang tidak disadari.

Maka, kita penting untuk mengenal tiap anggota tim, pelajari budaya mereka secara langsung atau satu per satu. Hal ini dapat dilakukan saat istirahat dan kesempatan untuk berbagi makanan, pengalaman, dan tingkah laku untuk pemahaman atas budaya dan kepribadian tiap orang yang lebih baik.

  1. Melihat orang lain secara objektif, bukan secara personal

Kebanyakan di lingkungan kerja kita merasa kesal dengan seseorang karena perilaku atau perkataannya. Cobalah untuk tidak menganggap perasaan kesal itu menjadi hal yang personal agar dapat menerima orang apa adanya.

Menilai individu berdasarkan pandangan pribadi membuat kita merasa marah dan frustasi ketika mereka bertindak tidak seperti yang kita suka. Memahami dan menerima sudut pandang, ide, dan latar belakang orang lain membuat kita merasa lebih damai dan memudahkan kita menerima perilaku mereka.

  1. Terima perbedaan dengan bertanya untuk mengurangi kesalahan persepsi

Kita cenderung menghindar dari orang atau cara berpikir yang berbeda dengan kita. Cobalah mengambil pendekatan dengan mengajukan pertanyaan tentang mengapa seseorang memiliki pandangan atau cara kerja yang berbeda.

Tipe kepribadian yang berbeda dapat membuat kesalahan persepsi kita terhadap orang lain. Kita perlu memperluas pola pikir dan tetap fokus bekerja dengan rekan kerja yang berbeda kepribadian agar pandangan terhadap orang tersebut tidak lebih dangkal.

  1. Mencari agenda atau tujuan yang sama

Fokus dengan agenda atau tujuan bersama dapat membantu menyatukan orang-orang ketika perbedaan tampak terlalu luas. Kita mungkin memiliki pandangan, latar belakang, dan gaya komunikasi yang berbeda, tetapi kita semua bersatu di tempat kerja dengan tujuan menyelesaikan pekerjaan.

Sediakan ruang yang aman dan terbuka untuk semua orang dan biarkan pendapat masing-masing didengar. Ini akan mendorong motivasi dan pemahaman yang optimal untuk menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu yang ditentukan.

  1. Hargai diri sendiri dan lakukan pekerjaan kita sendiri

Menghargai diri sendiri tidak selalu diartikan bersikap keras dan mempertahankan pendirian. Terkadang, menghargai diri sendiri membuat kita mengetahui cara memilih jalan keluar dari masalah. Lupakan hal kecil, seperti perbedaan pendapat membuat kita dapat berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan tanpa menghadapi tekanan yang tidak perlu.

  1. Bersikaplah fleksibel dengan berbagai gaya komunikasi

Beradaptasi dengan menyesuaikan gaya komunikasi kita dengan gaya orang lain. Memahami tipe komunikasi kepribadian introvert, usahakan untuk berbicara empat mata, daripada di forum umum. Untuk tipe komunikasi orang ekstrovert, bicaralah dengan mereka sebagai bagian dari kelompok dan pastikan mereka dapat berbagi ide dengan orang lain.

  1. Ketahui bahwa tiap individu penuh dengan kerumitan

Tidak hanya kepribadian dan latar belakang budaya yang mempengaruhi kita, tetapi juga suasana hati dan emosi kita. Sebesar apa pun upaya kita untuk memisahkan kehidupan kerja dari kehidupan pribadi, kita selalu berada diantara orang-orang dan situasi di luar pekerjaan yang mempengaruhi suasana hati kita.

Pemahaman ini akan sangat membantu jika kita mengingat bahwa kita tidak tahu apa yang sedang dihadapi orang lain secara personal dan terkadang kita perlu memberi sedikit kelonggaran waktu untuk sendiri atau mendengarkan cerita mereka.

  1. Ambil alih tanggung jawab atas kesejahteraan Anda sendiri

Bila lingkungan kerja kita dipenuhi dengan begitu banyak tipe orang berkepribadian yang berbeda, akan sangat membantu jika kita mengingat bahwa bukan perbedaan yang memisahkan kita. Melainkan cara kita menyikapinya, seperti kita hanya bisa mengendalikan pandangan kita, pola interaksi, dan pengaruh mereka terhadap kesejahteraan kita.

Cara kita berinteraksi di lingkungan kerja yang baru menjadi sebuah tantangan tersendiri karena kita perlu memahami setiap karakter dan kepribadian rekan kerja. Hal terpenting dalam berinteraksi di lingkungan yang berbeda budaya dan latar belakang adalah saling memahami satu sama lain agar tercipta kerokan di lingkungan kerja.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berada #lingkungan #kerja #baru #beginilah #cara #berinteraksi #secara #efektif #dengan #setiap #tipe #kepribadian

KOMENTAR