Ukraina Siap Bikin Kejutan Lagi, Rudal Berhulu Ledak Khusus Telah Disiapkan Untuk PLTN Rusia
Reaktor PLTN Zaporozhye. Reaktor ini dikabarkan akan dihancurkan oleh militer Ukraina. 
16:20
17 Agustus 2024

Ukraina Siap Bikin Kejutan Lagi, Rudal Berhulu Ledak Khusus Telah Disiapkan Untuk PLTN Rusia

Sukses menyerang wilayah Kursk, Ukraina dituding akan membuat gara-gara lagi di Rusia dan wilayah pendudukannya.

Intelijen Moskow mengungkap, pasukan Volodymyr Zelensky tersebut telah bersiap untuk menghancurkan lokasi penyimpanan limbah nuklir.

Sebelumnya PLTN Zaporozhye, pembangkit nuklir terbesar di Eropa terbakar beberapa hari lalu.

Rusia menyalahkan pasukan Ukraina telah menembak salah satu menara pendinginnya hingga terjadi kebakaran. Namun Ukraina membantah dan menuduh Rusialah yang menjadi penyebabnya.

Intelijen Rusia, dikutip dari Russia Today mengatakan, pasukan Ukraina akan melakukan sabotase terhadap reaktor nuklir, kemudian cuci tangan dan menyalahkan Moskow sebagai penyebabnya.

“Sumber di pihak lain juga

melaporkan bahwa Ukraina sedang mempersiapkan serangan nuklir palsu – ledakan bom atom kotor. Mereka berencana untuk menyerang lokasi penyimpanan bahan bakar nuklir bekas dari PLTN,” kata jurnalis militer Marat Khairullin pada Jumat (16/8/2024) di saluran Telegramnya.

Rudal dengan hulu ledak khusus untuk serangan tersebut telah dikirim ke pabrik Penambangan dan Pemrosesan Vostochny di Zhovti Vody, di Wilayah Dnepropetrovsk Ukraina, menurut Khairullin.

Sebagai target serangan yang mungkin, Khairullin menunjuk PLTN Zaporozhye di Energodar atau PLTN Kursk di Kurchatov, dengan mencatat bahwa pemerintah Ukraina dan para pendukung Baratnya "putus asa dan bersedia mencoba apa saja."

Seorang pejabat keamanan di Administrasi Militer Rusia di Wilayah Kharkov menguatkan klaim Khairullin kepada RIA Novosti pada hari Jumat.

Serangan itu dimaksudkan untuk menggunakan hulu ledak radioaktif guna menargetkan lokasi penyimpanan bahan bakar bekas di pembangkit listrik tenaga nuklir, dan amunisinya telah dikirim ke Zhovti Vody.

Maksud Kiev adalah menuduh Moskow melakukan serangan palsu sehingga dapat membenarkan penggunaan senjata nuklir terhadap Ukraina, kata pejabat keamanan tersebut.

Pemerintah Ukraina telah menerima perintah dari para pendukung Baratnya untuk "menaikkan serangan sebanyak mungkin," tambahnya.

Menurut pejabat keamanan tersebut, informasi intelijen tersebut berasal dari tawanan perang Ukraina.

RIA Novosti juga mengutip Sergey Lebedev, yang diperkenalkan sebagai pemimpin gerakan bawah tanah Wilayah Nikolaev, yang mengatakan serangan yang direncanakan akan dilakukan dengan senjata NATO, dengan persetujuan Barat.

“Para anggota Banderite (faksi nasionalis) berencana untuk melakukan serangan rudal dengan senjata NATO di pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk dan Zaporozhye dalam waktu dekat,” kata Lebedev kepada kantor berita tersebut.

“Badan intelijen Barat, terutama Inggris, mengawasi serangan tersebut. Rudal jarak jauh tidak terbang tanpa sepengetahuan mereka.”

Lebedev menunjukkan bahwa sejumlah besar wartawan Barat telah tiba di Wilayah Sumy dekat Kursk, serta bagian Zaporozhye yang dikuasai Ukraina, yang menunjukkan bahwa ini adalah bagian dari persiapan Kiev untuk bendera palsu nuklir.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #ukraina #siap #bikin #kejutan #lagi #rudal #berhulu #ledak #khusus #telah #disiapkan #untuk #pltn #rusia

KOMENTAR