Keberuntungan di Tengah Tragedi, Penumpang Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Brasil karena Kesalahan Maskapai
Gambar udara reruntuhan pesawat yang jatuh di Vinhedo, Sao Paulo, Brasil, Jumat (9/8/2024). [MIGUEL SCHINCARIOL / AFP]
10:24
12 Agustus 2024

Keberuntungan di Tengah Tragedi, Penumpang Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Brasil karena Kesalahan Maskapai

Dua calon penumpang yang memiliki tiket untuk terbang pada penerbangan yang jatuh di Brasil pada hari Jumat, menewaskan semua 62 orang di dalamnya, telah mengungkapkan bahwa mereka terhindar dari kematian berkat kendala perjalanan.

Salah satu penumpang yang sangat beruntung, Adriano Assis, mengatakan kepada media Brasil GloboNews bahwa satu-satunya alasan dia masih hidup adalah karena dia bingung maskapai mana yang dia tumpangi untuk perjalanannya pukul 11.56 pagi dari Cascavel ke Guarulhos, menurut Fox News.

Assis, yang telah menyelesaikan shift larut malam di sebuah rumah sakit sebelum tiba di bandara sekitar pukul 9:40 pagi, mengatakan dia yakin dia terbang melalui LATAM Airlines, tetapi setelah melihat tidak ada agen di konter, memutuskan untuk minum kopi dan menghabiskan waktu.

Akhirnya, setelah tidak melihat Penerbangan 2238 pada tanda kedatangan atau keberangkatan, Assis menyadari bahwa dia telah memesan perjalanannya di VoePass dan bergegas ke gerbang. Saat ia tiba di konter, katanya, seorang agen mengatakan sudah terlambat baginya untuk naik pesawat.

Baca Juga: Pesawat Berisi 62 Orang Jatuh di Brazil, Tak Satupun Penumpang Selamat

Gambar udara reruntuhan pesawat yang jatuh  di Vinhedo, Sao Paulo, Brasil, Jumat (9/8/2024). [MIGUEL SCHINCARIOL / AFP]Gambar udara reruntuhan pesawat yang jatuh di Vinhedo, Sao Paulo, Brasil, Jumat (9/8/2024). [MIGUEL SCHINCARIOL / AFP]

"Saya berdebat dengannya dan semacamnya, dan itu saja, dan ia menyelamatkan hidup saya," katanya kepada media itu, sambil menangis.

Seorang penumpang kedua dari Penerbangan 2388, Jose Felipe, mengatakan ia adalah bagian dari sepuluh orang yang melakukan kesalahan yang sama antara maskapai penerbangan, mengira mereka telah dijadwalkan untuk melakukan perjalanan melalui LATAM Airlines.

"Terima kasih Tuhan, kami tidak naik pesawat itu," katanya, seraya menambahkan bahwa ketika ia menyadari kesalahannya dan mencoba menekan seorang agen untuk mengizinkannya naik pesawat, pekerja itu menolak untuk mengalah.

Penerbangan VoePass 2283, yang membawa 57 penumpang dan empat awak pesawat dengan turboprop bermesin ganda ATR 72, jatuh di kota Vinhedo pada hari Jumat, tidak ada yang selamat.

Peristiwa jatuh yang mengerikan itu terekam dalam video yang mengejutkan, yang memperlihatkan pesawat itu berputar-putar hingga ke tanah. Citra dari lokasi jatuhnya pesawat menunjukkan api dan asap mengepul dari reruntuhan pesawat.

Baca Juga: Gelar Kerja Sama, Garuda Indonesia Bidik Penumpang Pesawat dari Pengguna Telkomsel

Pesawat yang menuju Guarulhos itu meninggalkan Cascavel pada pukul 11:56 waktu setempat pada hari Jumat, terbang selama sekitar satu setengah jam tanpa masalah, kata para pejabat.

Awak pesawat tidak meminta bantuan atau melaporkan kondisi cuaca yang bermasalah.

Tidak ada tanda-tanda awak pesawat mencoba menghubungi petugas kontrol lalu lintas udara di bandara terdekat, Menteri Pelabuhan dan Bandara Silvio Costa Filho mengatakan kepada wartawan pada Jumat malam.

Pesawat jatuh du Brazil (instagram/balikpapanku)Pesawat jatuh du Brazil (instagram/balikpapanku)

"Seluruh awak pesawat kompeten," kata CEO VoePass Eduardo Busch dalam sebuah konferensi pers, menurut CNN.

Kotak hitam pesawat yang berisi rekaman suara dan data penerbangan ditemukan dari lokasi jatuhnya pesawat, kata Sekretaris Keamanan Publik São Paulo Guilherme Derrite.

Isi kotak itu akan dianalisis untuk mencoba menentukan apa yang menyebabkan pesawat itu berputar lebih dari 13.000 hanya dalam satu menit. Di antara yang tewas adalah Kapten Danilo Santos Romano, 35, seorang pilot selama sepuluh tahun, pasangan lanjut usia, dan Rafael Fernando dos Santos, 41, yang bepergian dengan putrinya yang berusia tiga tahun, Liz Ibba dos Santos, 3.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #keberuntungan #tengah #tragedi #penumpang #selamat #dari #kecelakaan #pesawat #brasil #karena #kesalahan #maskapai

KOMENTAR