Palestina Tuntut Bezalel Smotrich Ditangkap ICC atas Seruannya untuk Membuat Warga Gaza Kelaparan
Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich 
23:10
8 Agustus 2024

Palestina Tuntut Bezalel Smotrich Ditangkap ICC atas Seruannya untuk Membuat Warga Gaza Kelaparan

Palestina menuntut surat perintah penangkapan ICC untuk Smotrich dari Israel atas seruannya untuk membuat warga Gaza kelaparan.

Palestina hari ini menuntut Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich setelah ia mengatakan bahwa membiarkan warga Palestina kelaparan di Gaza adalah “ dibenarkan dan bermoral ”.

“Ini adalah pengakuan eksplisit atas penerapan dan pembualan kebijakan genosida,” kata Kementerian Luar Negeri Palestina dalam sebuah pernyataan.

Smotrich mengatakan pada hari Senin bahwa membiarkan dua juta orang di Gaza mati karena kelaparan adalah “hal yang dapat dibenarkan dan bermoral” tetapi “tidak seorang pun akan membiarkan kita menyebabkan dua juta warga sipil mati karena kelaparan.”

Kementerian Palestina mengecam seruan menteri Israel tersebut sebagai "pelanggaran mencolok terhadap aturan hukum internasional dan prinsip dasar kemanusiaan, tantangan terang-terangan terhadap Mahkamah Internasional (ICJ), dan pengabaian langsung terhadap keputusan legitimasi internasional dan konsensus internasional tentang perlindungan warga sipil dan pengamanan kebutuhan kemanusiaan dasar mereka."

Ia meminta ICC untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Smotrich karena mendukung hukuman kolektif terhadap warga sipil Palestina.

Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, yang menyebabkan seluruh penduduk wilayah itu berada di ambang kelaparan.

Menurut Kementerian Kesehatan, beberapa lusin anak telah meninggal akibat kelaparan sejak saat itu, namun jumlah sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi karena banyak orang tidak dapat mencapai beberapa fasilitas medis yang beroperasi di daerah kantong itu dan kematian tidak tercatat.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Tag:  #palestina #tuntut #bezalel #smotrich #ditangkap #atas #seruannya #untuk #membuat #warga #gaza #kelaparan

KOMENTAR