Mantan Tahanan Palestina Ungkap Kondisi Kelaparan di Penjara Israel, 1 Piring untuk 5 Orang
Penjara Israel dengan keamanan maksimum [Foto: Antara]
16:48
8 Agustus 2024

Mantan Tahanan Palestina Ungkap Kondisi Kelaparan di Penjara Israel, 1 Piring untuk 5 Orang

Seorang tahanan Palestina yang baru saja dibebaskan mengungkapkan perlakuan buruk yang mereka terima di penjara-penjara Israel.

Lebih dari selusin fasilitas penjara dilaporkan, menjadi tempat di mana para tahanan Palestina harus bertahan hidup dengan jatah makanan yang sangat minim hingga mencapai tingkat kelaparan.

Seorang mantan tahanan, Atef Awahdeh, berbagi pengalamannya melalui media sosial yang kemudian menjadi viral. Ia mengungkapkan bahwa para penjaga Israel di penjara sering mengatakan kepada tahanan bahwa mereka hanya akan diberikan cukup makanan untuk tetap hidup.

Awahdeh melaporkan bahwa untuk 11 orang tahanan, hanya disediakan dua piring nasi.

Baca Juga: Kritisi Invasi Israel di Palestina, Cori Bush 'Ditendang' dari Parlemen atas Pengaruh Kelompok Pro-Zionis

Kesaksian serupa juga datang dari Sami Khalili, seorang tahanan yang dibebaskan dari Nablus, yang menyatakan bahwa mereka hanya mendapatkan tiga sendok nasi sehari. Kondisi ini menyebabkan para tahanan mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Sari Hurriyah, seorang pengacara yang juga pernah menjadi tahanan, mengungkapkan bahwa lima orang harus berbagi satu piring dan terpaksa makan dengan tangan kosong. Selama 10 hari penahanannya di penjara Israel, ia kehilangan delapan kilogram berat badan.

Firas Hassan, mantan tahanan lainnya, menggambarkan kondisi fisiknya setelah dibebaskan.

"Saat saya keluar, berat badan saya turun 25 kilogram. Keluarga saya tidak mengenali saya," ujarnya.

Kesaksian ini memicu perhatian internasional terhadap perlakuan yang diterima tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Baca Juga: Video Kekerasan Seksual di Kamp Sde Teiman Bocor, Tentara Israel Sodomi Tahanan Palestina

Aktivis hak asasi manusia menyerukan penyelidikan lebih lanjut dan menuntut perbaikan kondisi hidup para tahanan, menekankan pentingnya memastikan perlakuan yang manusiawi bagi semua tahanan sesuai dengan standar internasional.

Editor: Bella

Tag:  #mantan #tahanan #palestina #ungkap #kondisi #kelaparan #penjara #israel #piring #untuk #orang

KOMENTAR