Tegang! Rusia Sebut Israel Musuh, Sebut Hamas Tak Mungkin Dilenyapkan
Vladimir Putin [Xinhua]
13:04
29 Juli 2024

Tegang! Rusia Sebut Israel Musuh, Sebut Hamas Tak Mungkin Dilenyapkan

Rusia telah mengirimkan peringatan keras kepada Israel atas konflik di Gaza usai Menteri Luar Negerinya mengatakan IDF atau pasukan pertahana Israel tidak dapat menghancurkan Hamas.

Sergei Lavrov mengatakan “tidak realistis” untuk percaya bahwa Israel dapat membubarkan kelompok Palestina karena “dukungannya terhadap dunia Muslim.”

“Belum ada prospek untuk mengakhiri pertumpahan darah ini. Israel, melalui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengatakan dalam menanggapi seruan gencatan senjata bahwa mereka tidak akan berhenti sampai Hamas benar-benar melenyapkan Hamas," katanya.

“Menurut pendapat saya, dan banyak rekan saya yang memiliki pandangan serupa, adalah tugas yang tidak realistis untuk memberantas organisasi yang ada, yang memiliki kemampuan dan dukungan yang cukup, termasuk di dunia Muslim.”

Baca Juga: Pesawat Jet Tempur Israel Porak-porandakan Lima Kota di Lebanon, 12 Orang Meninggal Dunia

Presiden Rusia Vladimir Putin [Foto: ANTARA]Presiden Rusia Vladimir Putin [Foto: ANTARA]

Lavrov, sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin, menambahkan: “Beberapa negara Arab, Mesir dan Qatar bekerja sama dengan Amerika, dan mereka juga mengadakan beberapa pertemuan dengan Israel.

“Menurut pendapat saya, sangat tidak baik jika Palestina tidak diikutsertakan dalam pertemuan yang dirancang untuk menentukan masa depan mereka. Dalam hal ini, kami akan terus membantu memulihkan persatuan Palestina.”

Kremlin telah dua kali menjamu Hamas di Moskow sejak perang pecah setelah serangan brutal 7 Oktober. Israel sejak itu menghancurkan Gaza dengan serangan militer.

Pada bulan Januari, Kremlin mengklaim bahwa para pejabatnya mendesak Hamas untuk membebaskan sandera yang ditahan kelompok tersebut di Jalur Gaza.

Ilustrasi anak laki-laki menangisi para korban konflik Palestina-Israel di Kota Khan Younis di Jalur Gaza bagian selatan, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua/tm) [ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua]Ilustrasi anak laki-laki menangisi para korban konflik Palestina-Israel di Kota Khan Younis di Jalur Gaza bagian selatan, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua/tm) [ANTARA/Rizek Abdeljawad/Xinhua]

“Selama pembicaraan, fokusnya adalah pada konfrontasi yang sedang berlangsung di zona konflik Palestina-Israel, dengan latar belakang krisis kemanusiaan di Jalur Gaza yang telah mencapai skala bencana," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Baca Juga: Kutuk Aksi Genosida Israel di Gaza, ASEAN: Kami Serukan Akses Kemanusian Secepatnya, Tanpa Hambatan!

“Pihak Rusia menekankan perlunya pembebasan secepatnya warga sipil yang ditangkap dalam serangan 7 Oktober 2023 dan ditahan oleh faksi Palestina, termasuk tiga warga negara Rusia – A. Kozlov, A. Lobanov dan A. Trufanov,”

Pada bulan Oktober 2023, mantan penulis pidato Putin mengatakan kepada Daily Express bahwa Putin sekarang melihat Israel sebagai “musuh.”

"Saya pikir Putin tidak lagi peduli pada [Benjamin) Netanyahu. Sekarang dia telah mengambil sikap pro-Palestina dalam konflik ini, pemerintah Israel mana pun adalah musuh Putin," ujar Abbas Gallyamov.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tegang #rusia #sebut #israel #musuh #sebut #hamas #mungkin #dilenyapkan

KOMENTAR