Lindungi Reagan dari Upaya Pembunuhan, Agen Senior Sebut Keamanan Trump ''Gagal'' Lagi
Donald Trump (Instagram/@realdonaldtrump)
09:16
15 Juli 2024

Lindungi Reagan dari Upaya Pembunuhan, Agen Senior Sebut Keamanan Trump ''Gagal'' Lagi

Seorang mantan agen Secret Service yang pernah terluka saat melindungi mantan Presiden Ronald Reagan dalam upaya pembunuhan pada tahun 1981 memberikan komentarnya terkait penembakan di acara kampanye Donald Trump akhir pekan lalu.

Dalam wawancara dengan WGN-TV di Chicago pada hari Sabtu, agen Secret Service yang sudah pensiun, Tim McCarthy, menyatakan bahwa penanganan penembakan oleh tim keamanan Trump adalah "kegagalan yang sangat jelas."

“Setiap kali seorang yang dilindungi terluka, ada sesuatu yang harus diubah,” kata McCarthy. “Anda harus secara kritis melihat apa yang terjadi, mengapa itu terjadi, dan bagaimana cara mencegahnya di masa depan.”

Arsip - Presiden Ronald Reagan melambai ke kerumunan warga sesaat sebelum ditembak di luar Washington Hilton Hotel pada tanggal 30 Maret 1981. (ANTARA/Courtesy Reagan Library via Reuters) (ANTARA/Reuters/as) Arsip - Presiden Ronald Reagan melambai ke kerumunan warga sesaat sebelum ditembak di luar Washington Hilton Hotel pada tanggal 30 Maret 1981. (ANTARA/Courtesy Reagan Library via Reuters) (ANTARA/Reuters/as)

McCarthy, yang pensiun dari Secret Service pada tahun 1993, juga membandingkan upaya pembunuhan terhadap Trump dengan Reagan, mengatakan bahwa itu juga merupakan "kegagalan" bagi Secret Service karena Reagan "terluka."

Baca Juga: Obama Berdoa untuk Kesembuhan Trump, Singgung Kesopanan dan Rasa Hormat dalam Politik

Menurut rekaman video dari penembakan di acara Trump, beberapa tembakan terdengar beberapa menit setelah dia mulai berbicara, membuatnya berjongkok sementara agen Secret Service datang untuk melindunginya sebelum membawanya dari panggung.

Trump terluka di telinga kanan akibat serangan tersebut, yang terjadi di Butler, Pennsylvania. Satu orang peserta rally tewas, dan dua lainnya luka parah. Penembak, yang diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks berusia 20 tahun dari Bethel Park, Pennsylvania, tewas oleh personel Secret Service.

McCarthy juga membahas penembakan di acara Trump dalam wawancara dengan majalah New York Intelligencer yang diterbitkan pada hari Minggu dan mencatat bahwa para agen yang mencoba menjaga keselamatan Trump mungkin “akan lebih suka jika Presiden Trump lebih kooperatif.”

Kandidat Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump berlindung dan dikelilingi oleh agen Secret Service  di atas panggung saat insiden penembakan pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). [Rebecca DROKE/AFP]Kandidat Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump berlindung dan dikelilingi oleh agen Secret Service di atas panggung saat insiden penembakan pada acara kampanye di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). [Rebecca DROKE/AFP]

“Dia berusaha meyakinkan para pengikutnya, negara, dan dunia bahwa dia baik-baik saja, jadi itu berhasil,” katanya, menambahkan, “Pertanyaan yang jelas adalah — tidak perlu seorang ahli keamanan — untuk bertanya mengapa bangunan itu tidak dilindungi lebih baik dari yang seharusnya.”

Meskipun ada upaya pembunuhan tersebut, Secret Service mengatakan dalam konferensi pers pada hari Minggu bahwa mereka tidak mengubah rencana keamanan untuk Konvensi Nasional Partai Republik yang dimulai hari Senin di Milwaukee.

Baca Juga: Donald Trump Ditembak saat Kampanye, DPR Ikut Murka: Lawan Segala Kekerasan yang Ancam Demokrasi!

Namun, pejabat penegak hukum mengatakan kepada CBS News bahwa perubahan keamanan sedang dilakukan.

Trump diperkirakan akan menerima nominasi resmi dari Partai Republik pada konvensi tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #lindungi #reagan #dari #upaya #pembunuhan #agen #senior #sebut #keamanan #trump #gagal #lagi

KOMENTAR