CEK FAKTA: Joe Biden Alami Kondisi Kesehatan Darurat saat Naik Pesawat Air Force One, Benarkah?
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. [Reuters]
13:00
11 Juli 2024

CEK FAKTA: Joe Biden Alami Kondisi Kesehatan Darurat saat Naik Pesawat Air Force One, Benarkah?

Muncul sebuah lporan palsu yang menyebut bahwa Presiden Joe Biden mengalami kondisi “darurat medis” ketika melakukan perjalanan kembali ke Delaware pada hari Jumat setelah penghentian kampanye di Wisconsin, tersebar luas di media sosial pada hari Jumat. Lantas bagaimana faktanya?

Klaim tersebut mengatakan Presiden Joe Biden mengalami kondisi “darurat medis” di pesawat Air Force One pada hari Jumat.

Tidak ada tanda-tanda darurat medis dalam penerbangan tersebut, menurut reporter Associated Press yang bepergian bersama Biden. Air Force One tiba di Pangkalan Garda Nasional Udara Delaware di New Castle, Delaware, pada pukul 19:22. Presiden keluar dari pesawat sendirian, memberi hormat dan berbicara dengan seorang petugas di dasar tangga dan menjawab pertanyaan dari seorang reporter sebelum meninggalkan bandara.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Twitter/@POTUS)Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Twitter/@POTUS)

Faktanya, ketika Biden kembali ke rumahnya di Wilmington, Delaware, setelah pemberhentian kampanye di Madison, Wisconsin, pada hari Jumat, para pengguna media sosial secara keliru mengklaim bahwa presiden tersebut menderita “darurat medis” di dalam pesawat Air Force One.

Baca Juga: Biden Ngotot Lanjut Pilpres Meski Tampil Buruk Lawan Trump di Debat Perdana: Jalan Saya Tak Semulus Dulu!

Air Force One mendarat di New Castle, Delaware, pada pukul 19:22. sekitar waktu yang sama, postingan tentang dugaan keadaan darurat medis Biden mulai menyebar.

“Saya baru saja menerima tip dari sumber anonim,” tulis salah satu postingan X. “Sumber saya mengatakan bahwa Joe Biden saat ini mengalami keadaan darurat medis di Air Force One saat saya mengetik ini. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diketahui.”

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. [Instagram/@joebiden]Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. [Instagram/@joebiden]

Postingan X lainnya menyatakan: “Joe Biden dilaporkan mengalami keadaan darurat medis di Air Force One saat ini. Akses pers telah dihapus.” unggahan tersebut telah menerima sekitar 15.000 likes dan 10.900 kali dibagikan pada Sabtu pagi.

Unggahan tersebut tidak memberikan bukti bahwa peristiwa semacam itu terjadi. Akses pers tidak dihapus.

Video menunjukkan Biden berjalan menuruni tangga Air Force One di Delaware, berbicara dengan seorang petugas, menjawab pertanyaan wartawan tentang apakah dia akan menonton wawancara yang sangat dinanti-nantikan yang dia lakukan dengan George Stephanopolous dari ABC News dan masuk ke dalam mobil, semuanya tanpa masalah.

Baca Juga: Perang Dingin AS-Israel? Biden Batalkan Pertemuan Penting Usai Netanyahu Ngamuk Soal Senjata

Dengan demikian klaim yang menyebut Joe Biden alami kondisi kesehatan darurat saat naik pesawat Air Force One tidaklah benar dan merupakan laporan palsu.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #biden #alami #kondisi #kesehatan #darurat #saat #naik #pesawat #force #benarkah

KOMENTAR