Rangkuman Hari Ke-692 Serangan Rusia ke Ukraina: Ancaman Putin jika Konflik Berlanjut | Janji Blinken ke Zelensky
Dalam foto yang didistribusikan oleh kantor berita Sputnik ini, Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi pameran prestasi Rusia sebelum kongres Partai Rusia Bersatu di Moskwa, pada 17 Desember 2023. ((SERGEY FADEICHEV/POOL/AFP)
10:54
17 Januari 2024

Rangkuman Hari Ke-692 Serangan Rusia ke Ukraina: Ancaman Putin jika Konflik Berlanjut | Janji Blinken ke Zelensky

Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-692 pada Selasa (16/1/2024).

Ini termasuk, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan kepada Ukraina bahwa mereka berisiko mengalami pukulan yang “tidak dapat diperbaiki” jika konflik terus berlanjut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Antony Blinken menjanjikan dukungan berkelanjutan AS untuk Ukraina dalam pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Davos, Swiss.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-692 yang dapat Anda simak:

Serangan drone Ukraina lukai gadis Rusia

Rusia pada Selasa mengatakan, seorang gadis muda terluka dalam serangan oleh rentetan drone yang diluncurkan oleh Kyiv.

Ini menjadi serangan udara terbaru Ukraina yang menargetkan wilayah perbatasan negara tersebut.

Moskwa menuduh pasukan Ukraina meningkatkan serangan artileri dan drone yang mematikan di wilayah perbatasan Rusia, beberapa di antaranya telah mengumumkan evakuasi sukarela atas serangan tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan telah menjatuhkan selusin drone Ukraina di wilayah Belgorod dan Voronezh dekat Ukraina.

Foto yang disebarkan oleh Gubernur Voronezh Alexander Gusev menunjukkan sebuah bangunan tempat tinggal yang hangus, di mana anak tersebut terluka oleh pecahan drone yang ditembak jatuh.

“Gadis kelahiran 2013 itu mengalami luka sayatan di lengan, kaki, dan lehernya. Bantuan medis diberikan di lokasi kejadian,” katanya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Rusia mengebom Kota New York di Ukraina

Rusia pada Selasa menyerang Kota New York di Ukraina timur dengan bom berpemandu.

Sedikitnya tiga orang luka-luka dan enam bangunan hancur akibat serangan ini. Jumlah korban sipil di Ukraina meningkat tajam sejak Desember 2023 ketika Rusia mengintensifkan serangan udara, berbanding terbalik dengan penurunan saat awal 2023.

“Tiga orang saat ini diketahui terluka. Lima lainnya mungkin tertimbun reruntuhan. Enam bangunan tiga lantai dan lima rumah pribadi hancur,” kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

Ukraina memerintahkan warga sipil di Kharkiv mengungsi

Pihak berwenang di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina pada Selasa mendesak penduduk di lebih dari 24 desa di dekat garis depan untuk mengungsi.

Sebab, telah terjadi peningkatan serangan Rusia di daerah tersebut.

Pasukan Rusia merebut sebagian besar wilayah Kharkiv tak lama setelah menginvasi Ukraina pada Februari 2022, dan terus berupaya untuk merebut wilayah tersebut meski kehilangan wilayah di sana.

“Mengingat situasi keamanan, kami memberlakukan evakuasi wajib terhadap penduduk dari komunitas Kindrashivska dan Kurylivska di distrik Kupyansk,” ungkap Gubernur wilayah Kharkiv di media sosial.

Gubernur Oleg Synegubov mengatakan perintah tersebut akan berdampak pada sekitar 3.043 orang di permukiman tersebut, termasuk 279 anak-anak. Dia tidak merinci ancaman Rusia.

Namun pasukan Rusia berusaha merebut pusat regional Kupiansk, persimpangan kereta api penting yang berpenduduk sekitar 30.000 orang sebelum perang.

Blinken janji ke Zelensky akan pertahankan dukungan

Menteri Luar Negeri Antony Blinken menjanjikan dukungan berkelanjutan AS untuk Ukraina dalam pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada Selasa.

“Kami bertekad untuk mempertahankan dukungan kami terhadap Ukraina dan kami bekerja sangat erat dengan Kongres untuk mewujudkan hal tersebut. Saya tahu rekan-rekan kami di Eropa akan melakukan hal yang sama,” kata Blinken kepada Zelensky saat mereka bertemu di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, bergabung dalam pertemuan tersebut dan mengatakan kepada Zelensky bahwa Amerika Serikat dan sekutunya bertekad untuk memastikan bahwa Rusia akan kalah dan Ukraina menang.

Sementara itu, Zelensky berterima kasih kepada pemerintahan Biden dan “dukungan bipartisan” di Kongres AS.

"Anda menyebutkan tentang Kongres. Kami sangat mengandalkan dukungan Anda -- melanjutkan dukungan besar Anda," kata Zelensky.

Estonia tahan warga Rusia yang dicurigai melakukan spionase

Dinas Keamanan Dalam Negeri Estonia dilaporkan pada Selasa, telah menahan seorang warga Rusia yang dituduh menjadi mata-mata Moskwa.

Media setempat melaporkan bahwa tersangka adalah seorang profesor universitas di negara Baltik.

“Pada tanggal 3 Januari, dinas keamanan dalam negeri menahan warga negara Rusia Viacheslav Morozov, yang dicurigai melakukan dan mendukung spionase terhadap Estonia,” kata dinas keamanan dan jaksa penuntut negara dalam pernyataan bersama.

Zelensky: Putin akan terus melanjutkan invasi ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Selasa mengatakan pada KTT Davos bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan melanjutkan invasi ke Ukraina bahkan jika pertempuran terhenti di wilayah yang luas tersebut.

Invasi Rusia ke Ukraina –mendekati peringatan dua tahunnya– telah memicu pertempuran sengit dan memakan banyak korban jiwa, namun garis depan hampir tidak berubah dalam setahun terakhir.

"Setelah 2014, ada upaya untuk membekukan perang di Donbass," kata Zelensky mengacu pada kawasan industri di timur negaranya.

"Ada penjamin yang sangat berpengaruh - kanselir Jerman, presiden Perancis. Tapi Putin adalah predator yang tidak puas dengan produk yang dibekukan," katanya kepada para elit politik dunia.

 

 

Presiden Komisi Eropa: Ukraina butuh pembiayaan yang dapat diprediksi untuk kalahkan Rusia

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Selasa mengatakan, sekutu Ukraina perlu menjamin dukungan yang stabil untuk Kyiv ketika pertanyaan muncul mengenai dukungan masa depan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Ukraina bisa menang dalam perang ini. Tapi kita harus terus memperkuat perlawanan mereka,” kata kepala badan eksekutif Uni Eropa pada Forum Ekonomi Dunia di Davos.

“Rakyat Ukraina membutuhkan pendanaan yang dapat diprediksi sepanjang tahun 2024 dan seterusnya. Mereka membutuhkan pasokan senjata yang cukup dan berkelanjutan untuk mempertahankan Ukraina dan mendapatkan kembali wilayah yang menjadi haknya," tambahnya.

Para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak pada tanggal 1 Februari untuk mencoba mengatasi veto Hongaria dalam memberikan bantuan keuangan sebesar 50 miliar euro (54,5 miliar dollar AS) kepada Ukraina selama empat tahun ke depan.

Putin: Ukraina berisiko alami kehancuran yang tidak dapat diperbaiki

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa mengatakan, pasukan Moskwa lebih unggul dalam konflik yang sudah berlangsung hampir dua tahun dengan Ukraina.

Dia dan memperingatkan negara saingannya bahwa mereka berisiko mengalami pukulan yang “tidak dapat diperbaiki” jika konflik terus berlanjut.

Garis depan di Ukraina timur dan selatan hampir tidak bergerak selama lebih dari setahun karena konflik tersebut menemui jalan buntu.

Berbicara beberapa jam setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta negara-negara Barat untuk memastikan Ukraina memiliki superioritas udara yang dibutuhkan untuk mencapai kemajuan di medan perang, Putin menegaskan pasukannya lebih unggul.

“Tidak hanya serangan balasan mereka yang gagal, namun inisiatif ini sepenuhnya berada di tangan angkatan bersenjata Rusia,” kata Putin pada Selasa dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

“Jika hal ini terus berlanjut, kenegaraan Ukraina akan mengalami pukulan yang sangat serius dan tidak dapat diperbaiki,” tambahnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Serangan Rusia di Kharkiv lukasi 16 orang

Sedikitnya 16 orang terluka dalam serangan roket Rusia di kota Kharkiv di Ukraina pada Selasa malam.

Dalam sebuah postingan di media sosial, Gubernur Oleg Synegubov mengatakan, serangan Rusia menghantam bangunan tempat tinggal di pusat kota, melukai sedikitnya 16 orang, dan dua orang dalam kondisi serius.

Dia menambahkan, menurut informasi awal, kota itu terkena dua rudal S-300

Perancis akan kirim 40 rudal jarak jauh lagi ke Ukraina

Presiden Emmanuel Macron (PM) pada Selasa mengatakan, Perancis akan mengirimkan ke Ukraina sejumlah baru sekitar 40 rudal jelajah jarak jauh SCALP serta ratusan bom saat Kyiv melawan invasi Rusia.

Macron mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers, bahwa prioritas Eropa adalah tidak membiarkan Rusia menang.

Dia pun mengumumkan  akan melakukan kunjungan lagi ke ibu kota Ukraina pada bulan Februari.

“Membiarkan Rusia menang berarti menerima bahwa hukum internasional tidak dihormati,” katanya.

Macron mengatakan bahwa Perancis sedang mengerjakan perjanjian keamanan bilateral baru dengan Ukraina yang akan diumumkan selama kunjungannya pada bulan Februari.

Tag:  #rangkuman #hari #serangan #rusia #ukraina #ancaman #putin #jika #konflik #berlanjut #janji #blinken #zelensky

KOMENTAR