Penyataan Resmi Joe Biden Setelah Penyerangan Iran ke Israel: Saya Mengutuk Keras Serangan Iran dan Berkomitmen Melindungi Israel
Joe Biden di Gedung Putih, Washington. (Kevin Lamarque/Reuters)
11:15
14 April 2024

Penyataan Resmi Joe Biden Setelah Penyerangan Iran ke Israel: Saya Mengutuk Keras Serangan Iran dan Berkomitmen Melindungi Israel

Iran telah meluncurkan puluhan drone dan rudal ke Israel, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) negara itu mengonfirmasi, setelah Israel mengatakan Teheran telah memulai serangan.

IRGC mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka telah melepaskan drone dan rudal di bawah operasi “Janji Sejati”, dan menambahkan bahwa tindakan tersebut adalah bagian dari hukuman atas “kejahatan Israel”. 

Atas tindakannya tersebut, berbagai pemimpin dunia merespon serangan Iran ke wilayah Israel ini. Tak terkecuali Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang mengutuk keras tindakan Iran tersebut. 

Melalui unggahan akun X Presiden Biden (@POTUS), ia mengutuk serangan Iran dan menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel. 

"Pada hari ini, Iran-dan sekutunya yang beroperasi dari Yaman, Suriah, dan Irak-melancarkan serangan udara tanpa preseden terhadap fasilitas militer di Israel. Saya mengutuk serangan ini dengan keras," tulisnya pada Minggu (14/4).

"Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer Amerika Serikat memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir. Berkat penempatan ini dan keahlian luar biasa anggota dinas kami, kami membantu Israel mengalahkan hampir semua pesawat tanpa awak dan rudal yang datang."

Ia juga menyampaikan telah berkomunikasi dengan Perdana Menteri Israel terhadap komitmen AS mengenai keamanan negara Yahudi tersebut. 

"Saya baru saja berbicara dengan Perdana Menteri Netanyahu untuk menguatkan kembali komitmen tak tergoyahkan Amerika terhadap keamanan Israel. Saya memberitahunya bahwa Israel telah menunjukkan kapasitas luar biasa untuk membela diri dan mengalahkan serangan bahkan tanpa preseden - mengirim pesan jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat secara efektif mengancam keamanan Israel," lanjutnya.

Biden akan mengumpulkan para pemimpin G7 untuk menanggapi serangan provokatif Iran ini. 

"Besok, saya akan mengumpulkan pemimpin G7 saya untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik bersatu terhadap serangan provokatif Iran. Tim saya akan berinteraksi dengan rekan sejawat mereka di seluruh wilayah tersebut. Dan kami akan tetap berkomunikasi erat dengan para pemimpin Israel. Dan meskipun kami tidak melihat serangan terhadap pasukan atau fasilitas kami hari ini. kami akan tetap waspada terhadap semua ancaman dan tidak akan ragu untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami," pungkasnya. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #penyataan #resmi #biden #setelah #penyerangan #iran #israel #saya #mengutuk #keras #serangan #iran #berkomitmen #melindungi #israel

KOMENTAR