Rangkuman Hari Ke-689 Serangan Rusia ke Ukraina: Sejourne Tegaskan Dukungan | Rusia Serang Kompleks Industri Militer
Foto yang diambil dan dirilis oleh Layanan Pers Kepresidenan Ukraina pada 13 Januari 2024 ini memperlihatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan Menteri Luar Negeri dan Eropa Perancis yang baru Stephane Sejourne (kanan) saat mereka berfoto selama pertemuan mereka di Kyiv, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Menteri Luar Negeri dan Eropa Perancis yang baru diangkat tiba di Kyiv pada 13 Januari 2024 untuk perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri, sebagai tanda dukungan ketika invasi Ru
13:06
14 Januari 2024

Rangkuman Hari Ke-689 Serangan Rusia ke Ukraina: Sejourne Tegaskan Dukungan | Rusia Serang Kompleks Industri Militer

Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-689 pada Sabtu (13/1/2024).

Ini termasuk, Menteri Luar Negeri baru Perancis Stephane Sejourne memperbarui dukungan negaranya terhadap Ukraina ketika ia mengunjungi Ibu Kota Kyiv. 

Selain itu, Rusia mengatakan telah menghancurkan semua sasaran dalam serangkaian serangan terhadap fasilitas produksi amunisi dan drone di Ukraina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-689 yang dapat Anda simak:

Stephane Sejourne ke Kyiv

Menteri Luar Negeri baru Perancis Stephane Sejourne pada Sabtu memperbarui dukungan negaranya terhadap Ukraina ketika ia mengunjungi Ibu Kota Kyiv. Ini menjadi perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri.

Kunjungan tersebut terjadi pada saat yang genting bagi Ukraina karena sekutunya sedang berjuang untuk mendapatkan pendanaan, sementara beberapa pihak khawatir bahwa Kyiv akan dilupakan di tengah konflik baru di Timur Tengah.

“Meskipun krisis semakin parah, Ukraina akan tetap menjadi prioritas Perancis,” kata Sejourne, dikutip dari AFP.

Sejourne menyampaikan bahwa prinsip-prinsip dasar hukum internasional dan nilai-nilai Eropa, serta kepentingan keamanan Perancis tengah dipertaruhkan di Ukraina.

“Rusia berharap Ukraina dan para pendukungnya akan lelah sebelum mereka kelelahan. Kami tidak akan goyah,” tambah Sejourne.

Perancis telah mendukung Kyiv baik secara militer dan diplomatis sejak awal perang, namun para kritikus mengatakan mereka bisa berbuat lebih banyak.

Rusia luncurkan 40 rudal dan drone

Angkatan Udara Ukraina pada Sabtu mengatakan, Rusia melancarkan puluhan serangan di wilayah Ukraina pada Jumat (12/1/2024) malam.

“Sebanyak 40 alat serangan udara musuh tercatat,” kata Angkatan Udara.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia menyerang dengan berbagai macam senjata termasuk rudal jelajah, balistik, anti-pesawat, serta drone.

“Lebih dari 20 perangkat gagal mencapai target," tambah Angkatan Udara.

Juru bicara Yuri Ignat kemudian menjelaskan bagaimana amunisi Rusia bisa gagal mencapai target.

“Entah mereka jatuh di ladang, diledakkan di udara, atau terkena dampak perang radio-elektronik pasukan pertahanan kami,” katanya di televisi.

 

Rusia serang kompleks industri militer Ukraina

Rusia pada Sabtu mengatakan telah menghancurkan semua sasaran dalam serangkaian serangan terhadap fasilitas produksi amunisi dan drone di Ukraina.

“Pagi ini Angkatan Bersenjata Federasi Rusia melakukan serangan kelompok terhadap fasilitas kompleks industri militer Ukraina,” kata Kementerian Pertahanan dalam laporan hariannya.

Dikatakan bahwa pihaknya menargetkan tempat-tempat yang memproduksi peluru, bubuk mesiu, dan kendaraan udara tak berawak.

“Semua fasilitas yang ditunjuk terkena serangan,” tambahnya.

Tag:  #rangkuman #hari #serangan #rusia #ukraina #sejourne #tegaskan #dukungan #rusia #serang #kompleks #industri #militer

KOMENTAR