Kecam Rencana Israel Pasca Perang di Gaza, Otoritas Palestina: Semua Ditakdirkan untuk Gagal
Orang-orang mengangkut jenazah orang-orang terkasih yang terbunuh dalam serangan Israel semalam untuk dimakamkan di pemakaman di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 21 Februari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan militan Hamas. (Photo by SAID KHATIB / AFP) 
08:30
25 Februari 2024

Kecam Rencana Israel Pasca Perang di Gaza, Otoritas Palestina: Semua Ditakdirkan untuk Gagal

Otoritas Palestina mengkritik keras rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sehari pasca perang di Gaza dan menyebut semua rencana itu “ditakdirkan untuk gagal”.

“Jika dunia menginginkan keamanan dan stabilitas di kawasan, dunia harus mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina dan mengakui negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” kata juru bicara kantor kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rudeineh.

Netanyahu sendiri berencana untuk mempertahankan kontrol keamanan dan militer atas seluruh wilayah barat Yordania, termasuk Tepi Barat dan Gaza yang diduduki jika perang dengan kelompok militan Palestina Hamas berakhir.

Dalam daftar tujuan jangka panjangnya, Netanyahu juga menolak “pengakuan sepihak” atas negara Palestina. Dia mengatakan penyelesaian dengan Palestina hanya akan dicapai melalui negosiasi langsung antara kedua belah pihak, namun tidak disebutkan siapa pihak Palestina yang akan menjadi negosiator tersebut

Sebagai tanggapan, Abu Rudeineh menolak segala upaya untuk memisahkan pemerintahan di Gaza dari Tepi Barat.

“Gaza hanya akan menjadi bagian dari negara Palestina yang Merdeka. Setiap rencana yang bertentangan pasti akan gagal,” ungkap Abu Rudeineh.

“Israel tidak akan berhasil dalam upaya mengubah realitas geografis dan demografis di Jalur Gaza,” tambahnya.

Rencana Penutupan UNRWA

Netanyahu juga memiliki rencana untuk menghentikan operasional dari Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA).

Israel telah lama berusaha menghilangkan badan PBB yang menjamin hak pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah mereka.

Israel baru-baru ini membuat klaim bahwa UNRWA memiliki hubungan dengan Hamas, klaim yang dibantah keras oleh badan tersebut, dan menurut laporan intelijen Amerika Serikat, hal ini menimbulkan keraguan.

Perang di Gaza telah menghidupkan kembali seruan internasional, termasuk dari sekutu terdekat Israel, yakni Amerika Serikat, yang menyerukan solusi dua negara sebagai tujuan akhir dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Meski begitu, banyak politisi senior Israel justru menentang pembentukan negara Palestina.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #kecam #rencana #israel #pasca #perang #gaza #otoritas #palestina #semua #ditakdirkan #untuk #gagal

KOMENTAR