Karena Operasi Militer Israel Meningkat, Para Dokter Inggris Terpaksa Tinggalkan Rumah Sakit di Gaza
Warga Palestina yang terluka dalam pemboman Israel menunggu perawatan di Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza, Senin, 23 Oktober 2023. Rumah Sakit Shifa di Gaza telah menjadi fokus kebuntuan selama berhari-hari dalam perang Israel melawan Hamas. Israel mengklaim Hamas menggunakan fasilitas itu untuk tujuan militer dan telah membangun pusat komando bawah tanah yang luas di bawah rumah sakit. Sejak Israel menyatakan perang terhadap Hamas, pasukannya telah bergerak ke arah Shifa. Namun ratusan dokter dan pasie
17:20
11 Januari 2024

Karena Operasi Militer Israel Meningkat, Para Dokter Inggris Terpaksa Tinggalkan Rumah Sakit di Gaza

Para dokter asal Inggris terpaksa meninggalkan satu-satunya rumah sakit yang berfungsi di Gaza di tengah meningkatnya operasi militer Israel.

Para dokter Inggris yang terpaksa berhenti bekerja dan meninggalkan rumah sakit yang tampaknya merupakan satu-satunya rumah sakit di Jalur Gaza tengah yang masih berfungsi menyatakan “keprihatinan mendalam” terhadap pasien mereka dan staf yang tersisa di sana ketika perang Israel di wilayah tersebut memasuki bulan keempat.

Deborah Harrington, yang bekerja untuk Bantuan Medis untuk Palestina sebagai dokter kandungan di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir al-Balah, mengatakan kepada BBC bahwa operasi militer Israel yang sedang berlangsung di wilayah tersebut telah mengakibatkan “penurunan nyata” dalam jumlah staf yang mampu untuk bekerja di fasilitas itu dalam dua minggu terakhir.

Dia mengatakan antara 600 dan 700 pasien masih dirawat di dalam rumah sakit setiap hari, dan ratusan pengungsi Palestina berlindung di sana atau di sekitarnya.

Ahli bedah Nick Maynard mengatakan kepada BBC: “Tanpa staf layanan kesehatan yang berfungsi atau mencukupi, ini akan menjadi bencana besar bagi orang-orang yang tinggal di Gaza tengah.”

Rumah sakit secara khusus dilindungi oleh hukum humaniter internasional dari serangan. Setiap operasi militer di sekitar fasilitas medis harus mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi pasien, petugas kesehatan, dan warga sipil lainnya.

Bantuan Medis untuk Palestina dan Komite Penyelamatan Internasional mengatakan pada hari Senin bahwa pekerja mereka “dipaksa mundur dan menghentikan aktivitas” karena “meningkatnya aktivitas militer Israel” di sekitar Rumah Sakit Al-Aqsa.

Ketua Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pihaknya “menerima laporan meresahkan tentang meningkatnya permusuhan dan perintah evakuasi yang sedang berlangsung di dekat rumah sakit penting Al-Aqsa… yang, menurut direktur fasilitas tersebut, memaksa lebih dari 600 pasien dan sebagian besar petugas kesehatan untuk pergi.”

Dia menambahkan bahwa Al-Aqsa adalah “rumah sakit terpenting yang tersisa di wilayah tengah Gaza dan harus tetap berfungsi, dan terlindungi, untuk memberikan layanan penyelamatan nyawa. Pengikisan lebih lanjut terhadap fungsinya tidak dapat dibiarkan. Melakukan hal tersebut di tengah trauma, cedera, dan penderitaan kemanusiaan merupakan tindakan yang sangat kejam secara moral dan medis.”

(Sumber: Arab News)

Tag:  #karena #operasi #militer #israel #meningkat #para #dokter #inggris #terpaksa #tinggalkan #rumah #sakit #gaza

KOMENTAR