Iran Yakin Israel Tak Mungkin Serang Fasilitas Nuklir, Dipastikan Tidak Akan Berhasil
Gambar yang diambil pada 10 November 2019 menunjukkan bendera Iran di PLTN Bushehr Iran. Iran mengatakan serangan Israel terhadap fasilitas nuklir utamanya sangat tidak mungkin dilakukan. 
06:30
17 Oktober 2024

Iran Yakin Israel Tak Mungkin Serang Fasilitas Nuklir, Dipastikan Tidak Akan Berhasil

- Badan tenaga atom Iran mengatakan serangan Israel terhadap fasilitas nuklir utama "sangat tidak mungkin".

Iran yakin akan dapat "dengan cepat mengganti rugi" atas potensi kerusakan apa pun.

Hal ini sebagaimana disampaikan juru bicara badan tersebut, Behrouz Kamalvandi, dalam sebuah wawancara video dengan kantor berita Nournews, Rabu (16/10/2024).

"Itu sangat tidak mungkin terjadi," ungkapnya, dilansir Arab News.

"Jika terjadi serangan terhadap situs utama: pastikan itu tidak akan berhasil," katanya.

"Dan jika mereka (Israel) melakukan hal bodoh seperti itu, sangat tidak mungkin mereka akan menyebabkan kerusakan serius pada kami, dan bahkan jika kami berasumsi bahwa mereka dapat menyebabkan beberapa kerusakan, negara itu dapat dengan cepat mengganti ruginya," jelas dia.

Pernyataan Israel

Israel telah memutuskan akan bertindak melawan serangan rudal Iran berdasarkan "kepentingan nasionalnya sendiri".

Hal itu disampaikan kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Selasa (15/10/2024).

Dalam keputusannya, Israel mengaku juga akan mempertimbangkan pendapat Amerika Serikat (AS).

Presiden AS Joe Biden diketahui telah memperingatkan Israel agar tidak menyerang fasilitas nuklir atau minyak Iran.

Peringatan Joe Biden itu untuk menghindari eskalasi regional lebih lanjut dan di tengah kekhawatiran atas harga energi global.

“Kami mendengarkan pendapat Amerika Serikat, tetapi kami akan membuat keputusan akhir berdasarkan kepentingan nasional kami,” kata kantor Netanyahu tersebut, Selasa, masih dari Arab News.

Pernyataan itu menyusul laporan Washington Post, yang mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, Netanyahu telah meyakinkan Gedung Putih bahwa serangan balasan apa pun akan terbatas pada lokasi militer.

The Wall Street Journal, yang juga mengutip pejabat AS yang anonim, mengatakan jaminan itu disampaikan melalui panggilan telepon minggu lalu antara Netanyahu dan Biden, serta dalam percakapan antara Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan mitranya dari Israel, Yoav Gallant.

"Rencana tersebut disambut dengan rasa lega di Washington,” demikian dilaporkan Washington Post.

Sebagai informasi, Iran meluncurkan sekitar 200 rudal ke Israel pada 1 Oktober 2024 lalu.

Serangan Iran itu adalah pembalasan atas pembunuhan para pemimpin militan yang berpihak pada Iran di wilayah tersebut dan seorang jenderal di Garda Revolusionernya.

Serangan rudal itu terjadi setelah serangan udara Israel menewaskan kepala Hizbullah Hassan Nasrallah dan jenderal tinggi IRGC Abbas Nilforoushan di Beirut pada 27 September.

Serangan itu juga menyusul terbunuhnya pemimpin kelompok Palestina Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli di Teheran dalam serangan yang secara luas disalahkan pada Israel.

Israel sejak itu bersumpah untuk membalas, dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant bersumpah bahwa tanggapan Israel akan "mematikan, tepat dan mengejutkan."

Iran telah memperingatkan bahwa setiap serangan terhadap "infrastrukturnya" akan memicu "respons yang lebih kuat," sementara Jenderal Garda Revolusi Rassul Sanairad mengatakan serangan terhadap situs nuklir atau energi akan melewati batas merah.

Presiden AS Joe Biden, yang pemerintahnya adalah pemasok senjata utama Israel, telah memperingatkan Israel agar tidak menyerang fasilitas nuklir atau minyak Iran.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel — dan bukan sekutu utamanya Amerika Serikat — akan memutuskan bagaimana cara membalas.

"Kami mendengarkan pendapat Amerika Serikat, tetapi kami akan membuat keputusan akhir berdasarkan kepentingan nasional kami," katanya, Selasa.

Ratusan rudal balistik Iran menghujani kota Tel Aviv di Israel pada serangan mendadak dan cepat yang dilancarkan Garda Revolusi Iran, Selasa malam, 1 Oktober 2024. Ratusan rudal balistik Iran menghujani kota Tel Aviv di Israel pada serangan mendadak dan cepat yang dilancarkan Garda Revolusi Iran, Selasa malam, 1 Oktober 2024. (dok.)

Update Perang Israel-Hamas

Diberitakan Al Jazeera, Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan serangan Israel telah menewaskan 65 orang dan melukai 140 orang selama periode pelaporan 24 jam terakhir.

Serangan udara Israel terhadap Nabatieh di Lebanon selatan telah menghantam gedung pemerintah setempat, menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk wali kota kota tersebut.

Pengepungan Israel di Gaza utara berlanjut selama 12 hari karena kelompok-kelompok hak asasi manusia memperingatkan bahwa serangan tersebut telah meningkat menjadi “tingkat kekejaman yang mengerikan”.

Serangan udara Israel menghantam pinggiran selatan Beirut , beberapa jam setelah Amerika Serikat mengatakan menentang ruang lingkup serangan terhadap ibu kota Lebanon dan perdana menteri Lebanon mengatakan dia telah menerima jaminan AS bahwa Israel akan menghentikannya.

Serangan udara Israel telah menghantam kantor-kantor kota di kota selatan Nabatieh, menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk walikotanya.

Tentara Israel menggempur pinggiran selatan Beirut beberapa jam setelah AS mengatakan pihaknya menentang ruang lingkup serangan terhadap ibu kota Lebanon.

Israel belum menyerang pinggiran selatan Beirut sejak akhir minggu lalu setelah menyerang daerah itu hampir setiap malam selama berminggu-minggu dalam serangan yang menghancurkan bangunan dan menewaskan banyak orang.

Pada hari kedua kampanye vaksinasi polio di Gaza, UNRWA mengatakan lebih dari 64.000 anak telah menerima obat tetes dan 51.000 dosis Vitamin A.

Diplomat tertinggi Iran telah mengatakan kepada kepala PBB Antonio Guterres bahwa Teheran siap untuk tanggapan yang “tegas dan penuh penyesalan” jika Israel menyerang negaranya sebagai balasan atas serangan rudal.

Hizbullah mengatakan para pejuangnya melancarkan empat serangan roket semalam terhadap "kota Safed yang diduduki" di Israel utara serta wilayah Dalton, Dishon dan Yiftah di utara.

Di Gaza, setidaknya 42.409 orang tewas dan 99.153 orang terluka akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.

Setidaknya 1.139 orang tewas dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, dan lebih dari 200 orang ditawan.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait Konflik Palestina Vs Israel

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #iran #yakin #israel #mungkin #serang #fasilitas #nuklir #dipastikan #tidak #akan #berhasil

KOMENTAR