Begini Cara Hussam Al Attar Hadirkan Listrik di Gaza, Newton dari Gaza Ini Pakai 2 Kipas Angin Bekas
Hussam Al Attar, Seorang anak Palestina berusia 15, berhasil menciptakan listrik yang bisa menerangi tenda keluarganya, dia pun ramai dijuluki Newton dari Gaza. Newton dari Gaza berhasil menyalakan tenda dan hati di Rafah. Hussam Al Attar, 15, berhasil menciptakan listrik untuk menerangi tenda keluarganya yang mengungsi di Rafah. 
18:40
9 Februari 2024

Begini Cara Hussam Al Attar Hadirkan Listrik di Gaza, Newton dari Gaza Ini Pakai 2 Kipas Angin Bekas

Di dalam tendanya, Hussam Al Attar mampu menghasilkan cahaya dan panas untuk adik-adiknya, dengan menggunakan beberapa kipas angin dan beberapa bahan lainnya di Gaza berkat keberanian dan kecerdikan.

Dengan menggunakan dua kipas angin yang ia ambil dari pasar bekas dan dipasang pada beberapa kabel, remaja Hussam Al Attar telah menciptakan sumber listriknya sendiri untuk menerangi tenda tempat ia dan keluarganya tinggal setelah menjadi pengungsi akibat serangan Israel di Gaza.

Hussam Al Attar, Seorang anak Palestina berusia 15, berhasil menciptakan listrik dari barang bekas yang bisa menerangi tenda keluarganya, dia pun ramai dijuluki Newton dari Gaza.

Newton dari Gaza berhasil menyalakan tenda dan Hati di Rafah. Hussam Al Attar, 15, berhasil menciptakan listrik untuk menerangi tenda keluarganya yang mengungsi di Rafah.

Seperti kata pepatah kebutuhan adalah biangnya dari dari segala penemuan.

Dibutuhkan lebih dari dua upaya sebelum Hussam Al Attar, 15, berhasil menghasilkan listrik untuk menerangi tenda keluarganya yang mengungsi di Rafah, di Jalur Gaza selatan yang terkepung.

Keluarga Al Attar adalah satu dari puluhan ribu orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka di utara karena pemboman tanpa henti Israel terhadap daerah kantong tersebut.

Dia mengatakan mereka menghabiskan 20 hari hidup dalam kegelapan di tenda.

“Saya merasa kasihan pada orang tua dan saudara saya karena kegelapan total di sini, jadi saya berpikir untuk membuat ini untuk meringankan penderitaan yang kami alami…,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera.

Al Attar dikenal karena menemukan "barang-barang bekas dan kemudian (saya) membuat sesuatu darinya,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia suka “bermain dengan segala sesuatu sampai saya menciptakan sesuatu dari barang-barang rusak.”

Sebelum perang, ia membuat lampu bawah air, misalnya. Kali ini, utak-atiknya berhasil menyuplai listrik untuk keluarganya.

“Saya membuat kincir angin yang menghasilkan tenaga listrik,” jelas Al Attar dalam wawancara lain.

“Saya mendapat dinamo dan memasangnya. Angin kencang, bersama dengan kipas angin dan kekuatan angin, memutar kipas angin, menghasilkan tenaga listrik yang menerangi perangkat kami.”

Kecerdikannya membuatnya mendapat julukan 'Newton-nya Gaza'.

Newton sedang duduk di bawah pohon, ketika sebuah apel jatuh menimpa kepalanya dan dia menemukan gravitasi, kata Al Attar.

“Dan di sini kita hidup dalam kegelapan dan tragedi, dan roket menimpa kita, oleh karena itu, saya berpikir untuk menciptakan cahaya, dan melakukannya,” katanya.


Cita-cita Jadi Insinyur Elektro

Hingga 1,9 juta warga Palestina – atau lebih dari 85 persen populasi Gaza – telah menjadi pengungsi internal, beberapa kali sejak 7 Oktober, menurut UNRWA.

Lebih dari separuh penduduk kini tinggal di Rafah, sebuah kota yang awalnya berpenduduk 250.000 jiwa, dan mereka kekurangan kebutuhan untuk bertahan hidup, kata PBB.

Al Attar dikutip mengatakan bahwa “Saya melihat keponakan kembar saya dan hanya melihat ketakutan di mata mereka. Mereka merasa kesepian dalam kegelapan di dalam tenda. Jadi saya pikir… Bawalah kegembiraan bagi mereka, dan terangi tempat ini.”

Bangga dengan prestasi putranya, ibu Hussam berkata: “Ini adalah generasi Palestina yang tidak akan terkalahkan. Ini adalah generasi yang mencari kehidupan di tengah kegelapan dan kematian.”

Prestasi Al Attar adalah satu lagi simbol harapan dan ketabahan yang tak tergoyahkan dalam menghadapi kehancuran total di wilayah kantong yang terkepung.

“Pesan saya adalah untuk mencabut blokade di Gaza, membangun kembali rumah-rumah…,” kata Al Attar. “Dan agar ada yang mendukung saya untuk lebih mengembangkan bidang saya… agar saya bisa menjadi insinyur kelistrikan, Insya Allah.”

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 27,840 warga Palestina telah terbunuh, dan 67,317 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mulai tanggal 7 Oktober.

Selain itu, setidaknya 8.000 orang masih belum ditemukan, diperkirakan tewas di bawah reruntuhan rumah mereka di seluruh Jalur Gaza.

Perkiraan Palestina dan internasional menyebutkan bahwa mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Agresi Israel juga mengakibatkan hampir dua juta orang terpaksa mengungsi dari seluruh Jalur Gaza, dengan sebagian besar pengungsi terpaksa mengungsi ke kota Rafah di bagian selatan yang padat penduduknya, dekat perbatasan dengan Mesir – yang kini menjadi kota terbesar di Palestina. eksodus massal sejak Nakba 1948.

(Sumber: PC, MEMO)

Tag:  #begini #cara #hussam #attar #hadirkan #listrik #gaza #newton #dari #gaza #pakai #kipas #angin #bekas

KOMENTAR