AS Siapkan Bantuan Rp 276 Triliun untuk Israel Pasok Senjata Artileri dan Amunisi, Bantuan Genosida?
WASHINGTON, DC - 25 OKTOBER: Ketua DPR AS yang baru terpilih Mike Johnson (R-LA) menyampaikan pidato bersama rekan-rekan Partai Republik di tangga Front Timur Dewan Perwakilan Rakyat di US Capitol pada 25 Oktober 2023 di Washington, DC. 
15:20
5 Februari 2024

AS Siapkan Bantuan Rp 276 Triliun untuk Israel Pasok Senjata Artileri dan Amunisi, Bantuan Genosida?

Panel United States House of Representatives atau DPR-nya Amerika Serikat mengusulkan bantuan militer sebesar $17,6 miliar (Rp 276 Triliun) untuk Israel.

Paket tambahan ini akan meningkatkan pertahanan udara Tel Aviv dan memperluas persenjataan artileri dan amunisinya.

Komite Alokasi Dewan Perwakilan Rakyat Washington mengungkapkan rancangan undang-undang barunya pada tanggal 3 Februari.

Ketua DPR AS Mike Johnson mengatakan pemungutan suara di kongres kemungkinan akan diadakan minggu depan, dan ia menegaskan kembali bahwa "kebutuhan untuk mendukung sekutu terdekat kita dan kekuatan kita sendiri di kawasan ini sangat mendesak."

DPR Amerika Serikat, di bawah kendali Partai Republik, sebelumnya meloloskan langkah untuk memberikan bantuan militer tambahan kepada Israel sebesar $14,3 miliar, dan merealokasi sebagian dana yang sebelumnya ditujukan untuk Internal Revenue Service.

Senat, yang dipimpin oleh Partai Demokrat, menolak ketentuan tersebut dan diperkirakan akan mengajukan proposal legislatif yang mendukung Israel sambil menawarkan bantuan militer ke Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia.

Menurut laporan Haaretz yang diterbitkan pekan lalu, AS saat ini sedang menyelesaikan tiga penjualan pesawat militer besar ke Tel Aviv.

Akuisisi ini mencakup 25 jet tempur F-35, 25 jet tempur F-15, dan kemungkinan satu skuadron baru yang terdiri dari 12 helikopter serang Apache. Dilaporkan bahwa jet dan helikopter tersebut akan dibeli menggunakan bantuan AS yang dialokasikan untuk Israel.

Senjata-senjata tersebut akan melengkapi persenjataan Israel untuk memerangi perlawanan Palestina di Gaza, dan sebagai persiapan untuk melanjutkan konflik di front utara dengan Hizbullah, kelompok perlawanan Lebanon.

Anggaran baru yang diusulkan Israel telah meningkatkan belanja senjata sebesar $8,3 miliar, dan kini diproyeksikan mencapai angka tertinggi dalam sejarah, yaitu sekitar $37 miliar.


Panel DPR AS merekomendasikan bantuan militer sebesar $17,6 miliar untuk Israel

Undang-undang yang memberikan bantuan militer baru senilai $17,6 miliar kepada Israel ketika negara itu melancarkan perang melawan Hamas diumumkan pada hari Sabtu di Dewan Perwakilan Rakyat AS.

RUU pendanaan, yang diusulkan oleh panel Alokasi DPR, dapat dilakukan pemungutan suara di seluruh DPR pada minggu depan, kata Ketua Mike Johnson dalam suratnya kepada para anggota.

DPR yang dikuasai Partai Republik sebelumnya telah menyetujui bantuan militer baru senilai $14,3 miliar kepada Israel, namun dengan persyaratan bahwa bantuan tersebut harus dibayar dengan mengambil kembali sebagian besar dana yang telah ditargetkan untuk Internal Revenue Service AS.

Senat yang dikuasai Partai Demokrat menolak keras ketentuan tersebut dan diperkirakan akan mengungkap paket legislatif yang akan membantu Israel serta memberikan lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina dalam perang melawan Rusia.

RUU Senat yang sama juga diperkirakan berisi proposal untuk memperkuat keamanan di sepanjang perbatasan selatan AS dengan Meksiko.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer telah mengambil langkah-langkah untuk memulai perdebatan mengenai RUU multi-cabang tersebut minggu depan, dengan pemungutan suara prosedural pertama selambat-lambatnya pada hari Rabu.

Menurut Komite Alokasi DPR, dana sebesar $17,6 miliar itu akan mencakup dana untuk membantu mengisi kembali sistem pertahanan rudal Israel, pengadaan sistem senjata canggih tambahan, dan memproduksi artileri serta amunisi lainnya.

Sebagian dari dana tersebut juga akan digunakan untuk mengisi kembali persenjataan AS yang diberikan kepada Israel setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

“Kebutuhan untuk mendukung sekutu terdekat kita dan kekuatan kita sendiri di kawasan ini sangat mendesak,” kata Johnson dalam suratnya kepada rekan-rekannya.

Tidak jelas apakah anggota DPR dari sayap kanan akan menolak keras pendanaan untuk Israel tanpa jumlah penghematan yang sama di bagian lain anggaran.

Anggota DPR dari Partai Republik bersikeras bahwa setiap bantuan baru ke Ukraina harus disertai dengan kontrol perbatasan AS yang lebih ketat pada saat jumlah imigran yang mencoba memasuki Amerika mencapai rekor tertinggi. Meskipun Senat berencana melakukan hal tersebut, Johnson telah mengatakan bahwa paket keamanan perbatasan yang akan diumumkan di Senat tidaklah cukup.

Sebelum bantuan militer baru ke Israel atau Ukraina dapat disalurkan, DPR dan Senat harus meloloskan rancangan undang-undang yang sama sebelum mengirimkannya ke Presiden Joe Biden, seorang Demokrat, untuk ditandatangani menjadi undang-undang.

Senat juga ingin memasukkan bantuan ke Taiwan sebagai bagian dari undang-undangnya.

(Sumber: The Cradle, Reuters)

Tag:  #siapkan #bantuan #triliun #untuk #israel #pasok #senjata #artileri #amunisi #bantuan #genosida

KOMENTAR