Israel-Hizbullah Masih Saling Serang, WNI Enggan Ikut Evakuasi karena Menikah dengan Warga Lebanon
Serangan udara Iran gagal diantisipasi Iron Dome milik Israel. (Al-Jazeera)
17:00
2 Oktober 2024

Israel-Hizbullah Masih Saling Serang, WNI Enggan Ikut Evakuasi karena Menikah dengan Warga Lebanon

– Eskalasi konflik Israel-Hizbullah terus meningkat. Seiring dengan memanasnya situasi perang tersebut, jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang melapor ke KBRI Beirut turut bertambah.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha mengatakan, saat ini jumlah WNI di Lebanon mencapai 159 orang. Angka itu bertambah empat orang dari data sebelumnya, yakni 155 orang. Belum termasuk staf KBRI Beirut dan personel TNI di UNIFIL (pasukan penjaga perdamaian PBB). ”Iya (bertambah, Red), ada WNI yang baru lapor diri,’’ ujarnya saat dikonfirmasi kemarin (1/10).

Judha menegaskan, pihaknya terus memantau kondisi WNI di sana. Komunikasi pun kian diintensifkan. Pada Senin (30/9), Kemenlu dan KBRI Beirut telah mengadakan pertemuan virtual dengan para WNI itu. Dalam pertemuan tersebut, pemerintah menjelaskan situasi keamanan terakhir di Lebanon. Termasuk langkah-langkah evakuasi yang tengah disiapkan. ”Kami juga kembali mendorong mereka untuk bersedia ikut proses evakuasi,’’ tuturnya.

Namun, tak semua WNI bersedia dievakuasi. Mereka bersikukuh tetap tinggal di sana. Alasannya, mereka merasa wilayah tempat tinggalnya masih aman. Mayoritas memang telah menikah dengan warga lokal Lebanon. Karena itu, mereka merasa berat meninggalkan negara tersebut. Meski begitu, ada juga WNI yang berubah pikiran dan mau ikut evakuasi setelah berkonsultasi dengan KBRI Beirut. (mia/c6/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #israel #hizbullah #masih #saling #serang #enggan #ikut #evakuasi #karena #menikah #dengan #warga #lebanon

KOMENTAR