Israel Kerahkan 2 Brigade Cadangan ke Utara, Jenderal IDF ke Pasukan: Siap-siap Masuk ke Lebanon
Kepala Staf Militer Israel Herzi Halevi saat assessment situasi dan kunjungan di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel, Jumat (6/9/2024). Israel, katanya, siap menyerbu Lebanon guna memukul mundur Hizbullah dari garis perbatasan. 
22:50
25 September 2024

Israel Kerahkan 2 Brigade Cadangan ke Utara, Jenderal IDF ke Pasukan: Siap-siap Masuk ke Lebanon

Militer Israel (IDF) mengerahkan dua brigade cadangan tambahan ke perbatasan utara untuk melaksanakan kegiatan operasional, kata IDF, Rabu (25/9/2024).

Pengerahan pasukan tambahan itu dilakukan IDF setelah beberapa hari ini mengintensifkan serangan udara yang menghantam target-target fasilitas milik Hizbullah di berbagai wilayah Lebanon Selatan. 

"Ini akan memungkinkan kelanjutan pertempuran melawan organisasi Hizbullah, pertahanan Negara Israel, dan menciptakan kondisi yang memungkinkan penduduk Israel utara untuk kembali ke rumah mereka," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan dilansir Anews.

Kepala Staf Militer Israel (IDF), Herzi Halevi memberi pengarahan lapangan ke pasukan tempur IDF dalam perang Gaza. Israel dilaporkan mengalami krisis personel militer seiring berlarutnya perang di Jalur Gaza yang sudah berlangsung sembilan bulan. Kepala Staf Militer Israel (IDF), Herzi Halevi memberi pengarahan lapangan ke pasukan tempur IDF dalam perang Gaza. Israel dilaporkan mengalami krisis personel militer seiring berlarutnya perang di Jalur Gaza yang sudah berlangsung sembilan bulan. (rntv/tangkap layar)

'Ground Assault' di Depan Mata

Kepala Staf IDF, Herzi Halevi kepada pasukan Israrel mengatakan kalau serangan udara di Lebanon akan terus berlanjut untuk menghancurkan infrastruktur Hizbullah dan untuk mempersiapkan jalan bagi kemungkinan operasi darat oleh pasukan Israel.

"Anda mendengar jet-jet di atas kepala; kami telah menyerang sepanjang hari," kata Jenderal Herzi Halevi kepada pasukan di perbatasan dengan Lebanon, menurut sebuah pernyataan dari militer.

 "Ini untuk mempersiapkan jalan bagi kemungkinan masuknya Anda dan untuk terus melemahkan Hizbullah," perintah sang jenderal.

Menjelang serbuan darat yang berarti perang terbuka besar-besaran itu, Israel terus membombardir Lebanon.

Asap besar terlihat setelah Israel menyerang Kota Baalbek, Lebanon, pada hari Senin, (23/9/2024). Asap besar terlihat setelah Israel menyerang Kota Baalbek, Lebanon, pada hari Senin, (23/9/2024). (Nidal SOLH / AFP)

Setidaknya 19 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan udara Israel di Lebanon pada hari Rabu, menurut otoritas dan media Lebanon.

Kementerian Kesehatan mengatakan empat orang tewas dan 38 lainnya luka-luka dalam serangan udara Israel di provinsi Baalbek-Hermel di Lebanon timur.

Lima orang lagi tewas dan 27 lainnya luka-luka dalam serangan Israel di kota Tebnine dan Bint Jbeil di Lebanon selatan, kementerian menambahkan dalam sebuah pernyataan.

Serangan udara Israel juga menghantam kota selatan Qana, menewaskan tiga orang lagi dan melukai 13 lainnya, kata kementerian. 

Tim penyelamat bergegas ke lokasi serangan udara Israel yang menargetkan desa Abbasiyeh di Lebanon selatan pada 24 September 2024. - Israel mengumumkan puluhan serangan udara baru terhadap benteng Hizbullah di Lebanon, sehari setelah 558 orang, termasuk 50 anak-anak, tewas dalam hari kekerasan paling mematikan sejak perang saudara Lebanon. (Photo by Kawnat HAJU / AFP) Tim penyelamat bergegas ke lokasi serangan udara Israel yang menargetkan desa Abbasiyeh di Lebanon selatan pada 24 September 2024. - Israel mengumumkan puluhan serangan udara baru terhadap benteng Hizbullah di Lebanon, sehari setelah 558 orang, termasuk 50 anak-anak, tewas dalam hari kekerasan paling mematikan sejak perang saudara Lebanon. (Photo by Kawnat HAJU / AFP) (AFP/KAWNAT HAJU)

Pesawat tempur Israel juga menyerang kota selatan Joun, menewaskan empat orang dan melukai beberapa lainnya, Kantor Berita Nasional milik pemerintah melaporkan.

Tiga orang lagi kehilangan nyawa dan sembilan lainnya luka-luka dalam serangan udara lainnya di kota Maaysrah di Keserwan di Lebanon timur laut, kata penyiar tersebut.

Ini adalah pertama kalinya pesawat tempur Israel menyerang Keserwan sejak pecahnya bentrokan lintas batas dengan Hizbullah pada 8 Oktober tahun lalu.

Menurut seorang reporter Anadolu, wilayah tersebut dihuni oleh kaum Syiah.

Tentara Israel mengatakan bahwa mereka menyerang lebih dari 100 target yang terkait dengan Hizbullah di Lebanon sejak Rabu pagi.

Israel telah melancarkan gelombang serangan udara mematikan di Lebanon sejak Senin pagi, menewaskan hampir 570 orang dan melukai lebih dari 1.800 lainnya, menurut otoritas kesehatan Lebanon.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas batas sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.400 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober lalu.

Masyarakat internasional telah memperingatkan terhadap serangan terhadap Lebanon, karena hal itu meningkatkan kekhawatiran akan meluasnya konflik Gaza secara regional.

(oln/anews/*)

Tag:  #israel #kerahkan #brigade #cadangan #utara #jenderal #pasukan #siap #siap #masuk #lebanon

KOMENTAR