Bandara Militer Israel Dibom oleh Hizbullah Saat Serangan Udara di Lebanon Tewaskan 500 Orang Lebih
Rudal Fadi 2 milik Hizbullah yang digunakan untuk melawan Israel dalam Perang Lebanon 2 pada Juli tahun 2006. 
15:10
25 September 2024

Bandara Militer Israel Dibom oleh Hizbullah Saat Serangan Udara di Lebanon Tewaskan 500 Orang Lebih

Bandara militer Israel dibom oleh Hizbullah saat serangan udara di Lebanon menewaskan lebih dari 500 orang.

Serangan brutal Tel Aviv terhadap Lebanon telah menyebabkan ribuan orang mengungsi dari wilayah selatan dan timur negara tersebut.

Kelompok perlawanan Lebanon, Hizbullah, mengumumkan beberapa operasi terhadap lokasi militer Israel yang sensitif pada tanggal 24 September, bertepatan dengan serangan Israel yang sedang berlangsung di Lebanon selatan dan timur. 

“Untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza, untuk mendukung perlawanan mereka yang gagah berani dan terhormat, dan untuk membela Lebanon dan rakyatnya, para pejuang Perlawanan Islam pada hari Selasa 24-9-2024 membom gudang logistik Divisi 146 di pangkalan Naftali dengan salvo roket,” kata Hizbullah pada Selasa pagi. 

Hizbullah juga membombardir pemukiman perbatasan utara Israel di Kiryat Shmona dengan puluhan roket. 

“Demi membela Lebanon dan rakyatnya, para pejuang Perlawanan Islam mengebom untuk ketiga kalinya pada hari Selasa 24-09-2024 Bandara Militer Megiddo di sebelah barat Afula dengan serangkaian roket Fadi 2,” kata kelompok perlawanan itu sebelum fajar pada hari Selasa. 

Serangan itu juga menargetkan pabrik bahan peledak di distrik Zikhron di wilayah Haifa dan pangkalan Amos, lokasi transportasi dan logistik utama di wilayah utara Israel. Sebelumnya, Hizbullah menargetkan pangkalan udara Ramat David di utara Haifa dengan rentetan roket Fadi 1 dan Fadi 2.

Radio militer Israel melaporkan pada hari Senin bahwa Hizbullah telah memperluas jangkauan tembaknya , mencakup 110 kilometer ke Israel

Ratusan orang tewas dan lebih dari 1.000 orang terluka dalam satu hari akibat serangan udara besar-besaran Israel di Lebanon selatan dan timur pada tanggal 23 September.

Sementara serangan Israel terus berlanjut, jumlah korban tewas mencapai 558 dan lebih dari 1.800 orang terluka pada hari Selasa.

Ribuan keluarga dari Lebanon selatan dan Bekaa yang berusaha melarikan diri dari kampanye pemboman massal Israel mengemasi mobil dan minivan mereka dan melarikan diri ke Beirut pada hari Senin.

Keluarga-keluarga masih berusaha keluar dari daerah sasaran pada Selasa pagi. 

Serangan Israel terhadap wilayah Bekaa timur dan Lebanon selatan berlanjut pada tanggal 24 September, dengan serangan udara yang menghantam hingga ke desa Arab Salim di Lebanon selatan .

Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) melaporkan bahwa pesawat tempur Israel mengebom jembatan yang memisahkan wilayah Jezzine dan Marjayoun di Lebanon selatan. 

"Serangan musuh terus berlanjut sepanjang malam hingga dini hari, di seluruh kota dan desa di distrik Baalbek, dan tidak menyisakan bangunan dan lingkungan permukiman dari kebakaran, penghancuran, dan pembantaian. Di antara para martir terdapat keluarga yang seluruh anggotanya tewas di bawah reruntuhan," NNA melaporkan pada Selasa pagi. 

 


SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #bandara #militer #israel #dibom #oleh #hizbullah #saat #serangan #udara #lebanon #tewaskan #orang #lebih

KOMENTAR