''Saya Tidak Pernah Melihat yang Seperti Ini'' Dokter Mata Lebanon Kewalahan Tangani Korban Ledakan Misterius
Korban ledakan pager di Lebanon (X)
15:28
23 September 2024

''Saya Tidak Pernah Melihat yang Seperti Ini'' Dokter Mata Lebanon Kewalahan Tangani Korban Ledakan Misterius

Selama hampir seminggu, dokter mata Elias Jaradeh bekerja sepanjang waktu, berusaha menangani pasien yang matanya terluka ketika pager dan walkie-talkie meledak secara massal di seluruh Lebanon.

Dia tidak ingat berapa kali operasi mata yang telah dilakukannya di beberapa rumah sakit, bertahan hidup dengan tidur selama dua jam sebelum memulai operasi berikutnya. Dia berhasil menyelamatkan penglihatan beberapa pasien, tetapi banyak yang tidak akan pernah bisa melihat lagi.

“Tidak diragukan lagi bahwa apa yang terjadi sangat tragis, ketika Anda melihat banyaknya orang dengan cedera mata datang pada waktu yang sama ke rumah sakit, kebanyakan dari mereka adalah pria muda, tetapi juga anak-anak dan wanita muda,” katanya kepada The Associated Press di sebuah rumah sakit di Beirut minggu lalu, sambil berusaha menahan air mata.

Rumah sakit dan petugas medis di Lebanon kebanjiran setelah ribuan perangkat genggam milik kelompok militan Hizbullah meledak secara bersamaan pada hari Selasa dan Rabu minggu lalu, menewaskan sedikitnya 39 orang. Sekitar 3.000 orang lainnya terluka, beberapa dengan cacat yang mengubah hidup. Israel secara luas diyakini berada di balik serangan itu, meskipun tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya.

Baca Juga: Sedang Konvoi ke Lokasi Acara, Diplomat Indonesia Selamat dari Serangan Bom di Pakistan!

Meskipun ledakan itu tampaknya menargetkan pejuang Hizbullah, banyak korban adalah warga sipil. Dan banyak dari mereka yang terluka dalam serangan itu menderita luka di tangan, wajah, dan mata mereka karena perangkat itu menerima pesan tepat sebelum meledak, jadi mereka melihat perangkat itu saat meledak.

Pihak berwenang belum mengatakan berapa banyak orang yang kehilangan penglihatan mereka.

Dokter mata Lebanon yang berpengalaman dan tangguh yang telah menangani akibat dari berbagai perang, kerusuhan sipil, dan ledakan, mengatakan mereka belum pernah melihat yang seperti itu.

Jaradeh, yang juga seorang anggota parlemen yang mewakili Lebanon selatan sebagai seorang reformis, mengatakan sebagian besar pasien yang dikirim ke rumah sakitnya, yang mengkhususkan diri dalam oftalmologi, adalah orang muda yang mengalami kerusakan signifikan pada satu atau kedua mata. Dia mengatakan dia menemukan pecahan plastik dan logam di dalam beberapa mata mereka.

Empat tahun lalu, ledakan dahsyat mengguncang pelabuhan Beirut, menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai lebih dari 6.000 orang. Ledakan itu, yang disebabkan oleh ledakan ratusan ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak aman di gudang pelabuhan, meledakkan jendela dan pintu sejauh bermil-mil dan menyebabkan pecahan kaca berhamburan ke jalan, yang mengakibatkan cedera yang mengerikan.

Baca Juga: Ledakan Tambang di Iran Tewaskan Puluhan Pekerja

Jaradeh juga merawat orang-orang yang terluka dalam ledakan pelabuhan, tetapi pengalamannya dengan mereka yang terluka oleh pager dan walkie-talkie yang meledak jauh lebih intens karena banyaknya orang yang mengalami cedera mata.

“Menahan guncangan setelah ledakan pelabuhan Beirut, saya yakin, memakan waktu 48 jam sementara kita belum mencapai periode menahan guncangan sekarang,” kata Jaradeh.

Jaradeh mengatakan dia merasa sulit untuk memisahkan pekerjaannya sebagai dokter dari emosinya di ruang operasi.

“Tidak peduli apa yang mereka ajarkan (di sekolah kedokteran) tentang menjauhkan diri, saya pikir dalam situasi seperti ini, sangat sulit ketika Anda melihat banyaknya jumlah yang terluka. Ini terkait dengan perang di Lebanon dan perang terhadap kemanusiaan,” kata Jaradeh.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #saya #tidak #pernah #melihat #yang #seperti #dokter #mata #lebanon #kewalahan #tangani #korban #ledakan #misterius

KOMENTAR