Bentangan Terumbu Karang Terbesar di Dunia Ditemukan di Lepas Pantai Atlantik AS, Sejumlah Peneliti Telah Memetakannya
Bentangan karang laut yang membentang di Pantai lepas AS. (NOAA/AP)
17:27
22 Januari 2024

Bentangan Terumbu Karang Terbesar di Dunia Ditemukan di Lepas Pantai Atlantik AS, Sejumlah Peneliti Telah Memetakannya

Para ilmuwan telah menemukan dan memetakan terumbu karang terbesar  di dunia   yang membentang lepas pantai Atlantik AS.

Meski sejak tahun 1960-an para peneliti telah mengetahui terdapat terumbu karang terbesar di perairan tersebut, namun mereka tidak  dapat mengidentifikasi karena belum adanya teknologi yang mumpuni.

Terumbu ini masih menjadi misteri sampai ditemukannya teknologi pemetaan  bawah air yang memungkinkan pembuatan gambar 3D.

Dilansir dari AP, pada Jumat (19/01) terumbu karang terbesar yang ditemukan membentang sepanjang  310 mil atau 499 kilometer dari Florida hingga Carolina Selatan. Adapun beberapa titik terumbu karang mencapai lebar 68 mil (109 kilometer).  

“Terumbu karang dalam terbesar yang pernah diketahui telah berada tepat di depan mata kita, menunggu untuk ditemukan,” kata Derek Sowers, ahli kelautan di lembaga nirlaba Ocean Exploration Trust.

Tumbuhan tersebut  ditemukan pada kedalaman berkisar antara 655 kaki hingga 3.280 kaki (200 meter hingga 1.000 meter).

Kedalaman tersebut tentu membuat sinar matahari tidak dapat mengenai tumbuhan tersebut, alhasil karang tersebut menggunakan saringan partikel makanan dan air untuk dijadikan energi.

Sementara itu Sowers juga menambahkan, terumbu karang laut dalam yang lebih besar mungkin akan ditemukan di masa depan karena hanya sekitar 25% dasar laut dunia yang telah dipetakan dengan resolusi tinggi.

Sementara itu juga Ahli Biologi Temple University, Erik Cordes mengatakan, tumbuhan-tumbuhan tersebut sangat rentan dengan perubahan iklim dan gangguan akibat pengeboran minyak serta gas.   

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #bentangan #terumbu #karang #terbesar #dunia #ditemukan #lepas #pantai #atlantik #sejumlah #peneliti #telah #memetakannya

KOMENTAR