Sudah 90 Persen, Zelenskyy Sebut Rencana Kemenangan Ukraina atas Russia Siap Disampaikan ke Sekutu
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. ANTARA FOTO/REUTERS/HO-Ukrainian Presidential Press Service/aa
16:28
17 September 2024

Sudah 90 Persen, Zelenskyy Sebut Rencana Kemenangan Ukraina atas Russia Siap Disampaikan ke Sekutu

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan bahwa rencana kemenangan Ukraina atas Rusia telah 90 persen selesai dan siap untuk disampaikan kepada negara-negara sekutu pada pekan depan.

"Sepanjang hari, kami mengadakan berbagai pertemuan untuk mempersiapkan Rencana Kemenangan Ukraina. Setiap poin dilengkapi dengan substansi nyata dalam aspek militer, politik, diplomatik, dan ekonomi," kata Zelenskyy dalam pesan video yang dibagikan di X pada hari Selasa.

Dia menyebutkan bahwa tokoh-tokoh kunci di masing-masing bidang telah terlibat, dan langkah-langkah yang diperlukan untuk Ukraina telah diidentifikasi secara jelas.

Zelenskyy juga menyatakan bahwa langkah-langkah tersebut akan memperkuat posisi Ukraina dalam mencapai perdamaian.

Baca Juga: Siswa di Rusia Serang Guru dan Murid Lain Pakai Palu, Empat Korban Dirawat

“Untuk setiap langkah, kami memiliki daftar tindakan yang jelas, termasuk apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang akan meningkatkan upaya kami. Tidak ada yang mustahil dalam rencana ini. Lebih dari 90 persen sudah disusun,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa paket komprehensif tersebut akan memastikan perkembangan situasi yang tepat, tidak hanya untuk Ukraina, tetapi juga bagi semua pihak di seluruh dunia yang menghargai hukum internasional.

Pada bulan Mei, China dan Brasil sempat mengajukan proposal untuk negosiasi perdamaian dengan melibatkan Rusia dan Ukraina.

Namun, minggu lalu, Zelenskyy menolak proposal tersebut, menganggapnya sebagai sesuatu yang merugikan, sementara pejabat Rusia menyambut proposal itu sebagai langkah yang seimbang. (Antara)

Baca Juga: Terduga Penembak Donald Trump Berencana Rekrut Tentara Afghanistan untuk Perang di Ukraina

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #sudah #persen #zelenskyy #sebut #rencana #kemenangan #ukraina #atas #russia #siap #disampaikan #sekutu

KOMENTAR