Mutilasi Organ Vital Perempuan di Pantai Gading, Dijadikan Ramuan Jimat Kesaktian
14:24
11 September 2024

Mutilasi Organ Vital Perempuan di Pantai Gading, Dijadikan Ramuan Jimat Kesaktian

Saat masih menjadi dukun, Moussa Diallo secara rutin mengolesi dirinya dengan losion yang terbuat dari potongan klitoris seorang gadis yang menjadi korban mutilasi alat kelamin perempuan.

"Saya ingin menjadi kepala suku yang hebat, saya ingin mendominasi," kata pria berusia lima puluhan yang bertubuh kecil namun karismatik dari Pantai Gading barat laut.

"Saya mengoleskannya di wajah dan tubuh saya setiap tiga bulan atau lebih selama sekitar tiga tahun", kata Diallo, yang meminta AFP untuk tidak menggunakan nama aslinya.

"Alat kelamin yang dipotong dari gadis-gadis dalam upacara "sunat" ilegal digunakan di beberapa wilayah di negara Afrika Barat untuk "membuat ramuan cinta" atau salep ajaib yang diyakini sebagian orang akan membantu mereka menghasilkan uang atau mencapai jabatan politik tinggi", kata Labe Gneble, kepala Organisasi Nasional untuk Perempuan, Anak-anak, dan Keluarga (ONEF).

Baca Juga: Sebastien Haller, dari Pejuang Kanker Testis hingga Juara Piala Afrika

Klitoris yang digiling dapat dijual hingga sekitar $170 (Rp2,5 juta), setara dengan penghasilan banyak orang di Pantai Gading dalam sebulan.

Diallo berhenti menggunakan fungsi tersebut satu dekade lalu, tetapi kepala polisi daerah Letnan N'Guessan Yosso mengonfirmasi kepada AFP bahwa klitoris yang dikeringkan masih "sangat dicari untuk praktik mistis".

Dan jelas dari wawancara ekstensif yang dilakukan AFP dengan mantan penyembuh agama, penyunat, pekerja sosial, peneliti, dan LSM, bahwa ada perdagangan yang berkembang pesat pada alat kelamin perempuan untuk mendapatkan kekuatan yang seharusnya diberikannya.

Banyak yang yakin bahwa perdagangan tersebut menghambat perjuangan melawan mutilasi alat kelamin perempuan (FGM), yang telah dilarang di negara yang memiliki keberagaman agama tersebut selama lebih dari seperempat abad.

Meskipun demikian, satu dari lima wanita Pantai Gading masih disunat, menurut OECD, dengan satu dari dua dimutilasi di beberapa wilayah utara.

Baca Juga: Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023, Emerse Fae: Ini Lebih dari Sekadar Dongeng

Sebelum ia mengalami krisis hati nurani dan memutuskan untuk berkampanye menentang FGM, Diallo mengatakan bahwa ia sering diminta oleh para wanita yang melakukan sunat di sekitar kota kecil Touba untuk menggunakan kekuatannya guna melindungi mereka dari mantra jahat.

Sunat perempuan telah dipraktikkan oleh berbagai agama di Afrika Barat selama berabad-abad, dengan sebagian besar anak perempuan disunat antara masa kanak-kanak dan remaja. Banyak keluarga menganggapnya sebagai ritual atau cara untuk mengendalikan dan menekan seksualitas perempuan, menurut badan PBB untuk Anak-anak, UNICEF, yang mengutuk sunat sebagai pelanggaran berbahaya terhadap hak-hak dasar anak perempuan.

Selain rasa sakit fisik dan psikologis, sunat dapat berakibat fatal, dan menyebabkan kemandulan, komplikasi kelahiran, infeksi kronis dan pendarahan, belum lagi hilangnya kenikmatan seksual.

Diallo sering menemani para wanita yang melakukan sunat ke hutan atau ke rumah tempat puluhan anak perempuan akan disunat, sering kali dikelilingi oleh jimat dan benda-benda suci. Jadi relatif mudah bagi mantan penyembuh kepercayaan itu untuk mendapatkan bubuk berharga itu.

"Ketika mereka memotong klitoris, mereka akan mengeringkannya selama satu atau dua bulan lalu memukulnya dengan batu," katanya.

Hasilnya adalah "bubuk hitam" yang kemudian terkadang dicampur dengan "daun, akar dan kulit kayu" atau shea butter yang sering digunakan dalam kosmetik.

Mereka kemudian dapat menjualnya seharga sekitar "100.000 CFA Franc (152 euro) jika gadis itu masih perawan" atau "65.000 (99 euro) jika dia sudah punya anak" atau menukarnya dengan barang dan jasa, imbuh Diallo.

Mantan dukun itu mengatakan bahwa dia baru-baru ini berhasil mendapatkan sebagian bubuk itu, campuran daging manusia dan tanaman, dari seorang tukang cukur di desanya.

AFP diperlihatkan bubuk itu tetapi tidak dapat menganalisisnya tanpa membelinya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #mutilasi #organ #vital #perempuan #pantai #gading #dijadikan #ramuan #jimat #kesaktian

KOMENTAR