Yoav Gallant Sebut Ben Gvir Ancaman Keamanan Nasional, Perang Kata Kian Vulgar Antarpejabat Israel
Tangkapan gambar rekaman video UGC yang diunggah pada 13 Agustus 2024, memperlihatkan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir (kedua dari kanan) meneriakkan slogan 'Am Yisrael Chai' saat berkunjung ke Temple Mount. 
23:30
23 Agustus 2024

Yoav Gallant Sebut Ben Gvir Ancaman Keamanan Nasional, Perang Kata Kian Vulgar Antarpejabat Israel

Perang kata-kata semakin memanas antara pejabat keamanan tinggi Israel.

Menteri Pertahanan Joav Gallant mengatakan Menteri Keamanan Nasional Ben Gvir menimbulkan 'ancaman terhadap keamanan nasional'

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir tidak bertanggung jawab dan menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Israel, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menyatakan pada 23 Agustus.

Channel 12 melaporkan pada hari Jumat bahwa Gallant menyerang Ben Gvir, mengatakan bahwa kepergiannya yang marah dari sesi Kabinet Keamanan dan Urusan Politik Israel merupakan tindakan tidak bertanggung jawab yang membahayakan negaranya.

Ben Gvir meninggalkan pertemuan setelah menyerukan pengunduran diri kepala keamanan dalam negeri Israel (Shin Bet), Ronan Bar, yang mengkritik kunjungan provokatif Ben Gvir baru-baru ini ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki dan dukungannya yang lebih luas terhadap kekerasan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Pada tanggal 13 Agustus, Ben Gvir dan ratusan pemukim menyerbu halaman Al-Aqsa di bawah perlindungan polisi Israel, sementara 70 pemukim bersenjata melakukan pogrom terhadap warga Palestina di kota Jit, Tepi Barat, menewaskan satu orang, pada tanggal 16 Agustus.

Menteri Pertahanan Gallant mengatakan di situs media sosial X, “Menghadapi tindakan tidak bertanggung jawab Menteri Ben Gvir yang membahayakan keamanan nasional Negara Israel dan menciptakan perpecahan internal di negara tersebut, kepala Shin Bet dan orang-orangnya melaksanakan tugas mereka dan memperingatkan terhadap konsekuensi serius dari tindakan tersebut.”

Ben Gvir menanggapi pada X dengan mengatakan, “Anda berjanji untuk mengembalikan Lebanon ke Zaman Batu, sementara Anda mengembalikan Israel utara ke Zaman Batu.”

Ben Gvir menambahkan, “Daripada menyerang saya di Twitter, [Gallant] seharusnya menyerang Hizbullah di Lebanon.”

Perang antara Hizbullah dan Israel perlahan meningkat sejak dimulai pada Oktober tahun lalu.

Situs berita Walla melaporkan pada tanggal 23 Agustus bahwa "kepanikan Israel dan upayanya untuk menghindari serangan dahsyat di wilayah utara terus berlanjut." Surat kabar berbahasa Ibrani tersebut mencatat bahwa pada bulan Januari, Hizbullah menembakkan 344 rudal dan roket ke Israel. Pada bulan Juli, Hizbullah menembakkan tiga kali lipat lebih banyak, sekitar 1.091.

“Trennya jelas, dan jumlah rudal dan roket telah meningkat secara stabil sejak awal tahun.”

Walla melaporkan lebih lanjut bahwa 44 warga Israel telah tewas dan 271 terluka akibat serangan Hizbullah, menurut statistik yang disiapkan oleh Kantor Perdana Menteri.

Pada saat yang sama, serangan Israel terhadap Hizbullah dan Lebanon telah menewaskan sedikitnya 601 orang di Lebanon. Al Jazeera melaporkan bahwa seorang wanita Suriah dan kedua anaknya termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam serangan Israel terhadap sebuah pabrik pada tanggal 17 Agustus.

Menurut media berita Qatar, Israel, Hizbullah, dan kelompok bersenjata lainnya di Lebanon telah saling melancarkan sedikitnya 8.533 serangan melintasi perbatasan dari 7 Oktober hingga 31 Juli, dengan Israel dilaporkan melakukan sekitar 82 persen dari serangan ini.

SUMBER: THE CRADLE

Tag:  #yoav #gallant #sebut #gvir #ancaman #keamanan #nasional #perang #kata #kian #vulgar #antarpejabat #israel

KOMENTAR