10 Pengguna Haki Paling Kuat di One Piece, Sudah Sulit Dikalahkan Tanpa Perlu Makan Buah Iblis
Pertarungan adu Haki terjadi antara Kaido dan Monkey D. Luffy di babak Wano. (Game Rant)
08:48
27 September 2024

10 Pengguna Haki Paling Kuat di One Piece, Sudah Sulit Dikalahkan Tanpa Perlu Makan Buah Iblis

Haki adalah kekuatan misterius di One Piece. Asal usulnya tidak jelas, tapi disebutkan kalau kekuatan itu ada di setiap diri makhluk hidup di dunia tersebut.

Haki merupakan manifestasi dari tekad kuat seseorang. Mereka bisa mendapatkan kekuatan ini ketika mengasahnya dengan cara berlatih secara intensif.

Haki berbeda dengan Buah Iblis. Namun, kedua sistem kekuatan ini bisa dikombinasikan sekaligus hingga menciptakan sosok yang berbahaya dan kuat.

Ada tiga jenis Haki di One Piece, yaitu Kenbunshoku, Busoshoku, dan Haoshoku. Masing-masing Haki ini punya kegunaan masing-masing meski bisa dikombinasikan ketika penggunanya sudah sangat ahli.

Di One Piece, seseorang bisa jadi sangat kuat hanya dengan mengandalkan Haki, tanpa harus makan Buah Iblis.

Faktanya, karakter terkuat di serial ini tidak makan buah itu, tapi pengguna Haki yang sangat ahli.

Siapa saja pengguna Haki paling kuat di One Piece? Simak ulasannya berikut!

1. Gol D. Roger

Gol D. Roger adalah orang pertama yang mengklaim titel Raja Bajak Laut. Dia tidak memakan Buah Iblis, tapi sudah ditakuti bajak laut dan Marinir. Dengan menguasai tiga jenis Haki dan mahir menggunakannya, dia jelas tidak bisa diremehkan.

Mengutip CBR, Roger punya pedang bernama Ace, salah satu dari 12 Pedang Level Tertinggi. Dia bisa melumuri pedang itu dengan Haki Busoshoku. Dia juga bisa memancarkan Haki Busoshoku mutakhir dengan pedangnya itu.

Haki Haoshoku Roger bisa menjelajah sampai di seluruh penjuru pulau dan dia bisa meningkatkan semua serangannya dengan menerapkan versi mutakhirnya. Dengan Haki itu, Roger bisa melawan Shirohige yang masih sehat tanpa mengalami kerusakan yang terlihat.

2. Shanks

Shanks adalah satu-satunya Yonko yang tidak memakan Buah Iblis. Dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mengasah Haki-nya. Tidak heran kalau kemudian dia mempunyai tiga tipe Haki dan mahir menggunakannya.

Mengutip CBR, Haki Haoshoku-nya adalah yang terkuat di One Piece. Hanya dengan sekali ledak, Shanks sudah bisa membuat Laksamana Aramaki ketakutan dan meninggalkan Wano dalam waktu singkat.

Shanks juga bisa menggunakan Haki Haoshoku untuk menghentikan orang menggunakan Pandangan Masa Depan sehingga mereka tidak bisa memprediksi gerakannya. Shanks bisa menggunakan Pandangan Masa Depan dan Haki Busoshoku-nya pastinya hebat.

3. Monkey D. Garp

Monkey D. Garp adalah pahlawan terbesar dalam sejarah Marinir. Dia telah terlibat dalam banyak peristiwa terkenal di sepanjang kariernya. Bahkan, dia turut berperang di insiden God Valley, di mana dia bekerja sama dengan Gol D. Roger untuk melumpuhkan Rocks D. Xebec dan krunya.

Mengutip CBR, Garp adalah satu dari sedikit karakter One Piece yang tidak makan Buah Iblis, tapi tetap sangat kuat. Rahasianya, Garp menguasai tiga jenis Haki dan bisa menggunakannya dengan mahir.

Saat bertarung melawan Bajak Laut Kurohige di Hachinosu, Garp memperlihatkan betapa kuatnya dia meski usianya sudah tidak lagi muda.

Pukulan berisi Haki-nya sudah cukup kuat untuk meratakan gunung dan menghancurkan kepala berbentuk bor Don Chinjao. Garp juga menjadi satu-satunya Marinir yang bisa menandingi Roger.

4. Shirohige

Shirohige menguasai tiga tipe Haki. Kemampuan ini menjadi sebuah ancaman ketika dikombinasikan dengan Buah Iblisnya, Gura Gura no Mi, yang bisa menciptakan getaran besar mirip gempa. Dia bisa meningkatkan serangannya itu dengan Haki yang lebih maju.

Mengutip CBR, Shirohige bisa menggunakan Haki Kenbunshoku mutakhir. Tapi, usia dan penyakit membuat inderanya agak tumpul. Meski begitu, dia masih bisa memprediksi serangan Crocodile.

Haki Busoshoku-nya juga melemah karena usia, tapi dia masih bisa melawan Buah Iblis Akainu. Sementara, Haki Haoshoku mutakhirnya membuatnya bisa bentrok dengan Gol D. Roger. Sayang, penyakit akhirnya mempengaruhi efektivitasnya.

5. Gorosei

Gorosei telah memperlihatkan dirinya menjelang babak akhir One Piece. Meski sudah tua, mereka sangatlah kuat. Kelimanya diketahui mengonsumsi Buah Iblis Zoan Mistis.

Mengutip CBR, sebagian besar anggota Gorosei ini bisa menggunakan Haki Kenbunshoku dan menguasai Haki Haoshoku. Haki mereka sudah cukup membuat petarung tangguh langsung ciut nyalinya.

Masing-masing anggota Gorosei ini bisa memancarkan kilat hitam ketika menggunakan Haki. Saint Ethanbaron V. Nusjuro mengombinasikan Haki-nya dengan Buah Iblisnya. Saint Topman Warcury bisa melepaskan auman Haki Haoshoku yang cukup kuat sampai bisa berdampak pada tubuh Gear 5 Luffy.

6. Monkey D. Luffy

Monkey D. Luffy terus belajar untuk meningkatkan kekuatannya dan menjadi lebih baik dari satu pertarungan ke pertarungan berikutnya. Pertempurannya dengan Kaido terbukti memberikan pengalaman berharga bagi kapten Topi Jerami itu.

Mengutip Game Rant, dalam pertarungan itu, Luffy tidak hanya membangkitkan Buah Iblisnya, tapi juga belajar menggunakan Haki Haoshoku. Dengan begitu, Luffy telah menjadi satu dari sedikit orang yang bisa menggunakan semua tipe haki. Dikombinasikan dengan kekuatan Buah Iblisnya, Luffy pun bertambah kuat.

Haki Kenbunshoku-nya juga membaik hingga ke titik di mana dia bisa melihat masa depan dalam beberapa detik. Luffy bisa menghancurkan sebuah objek dari dalam berkat Haki Busoshoku-nya. Sedangkan Haki Haoshoku-nya mampu menembus pertahanan paling kuat.

7. Kaido

Kaido dikenal sebagai Makhluk Terkuat di Dunia. Dulunya, dia adalah anggota Bajak Laut Rocks bersama Shirohige dan Big Mom. Kaido ditakuti karena kekuatan Buah Iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryu yang dia makan.

Namun, dia juga disegani karena bisa menggunakan tiga tipe Haki dan mahir menggunakannya. Mengutip Beebom, Kaido bisa menggunakan teknik mencampur Haki Haoshoku dan Busoshoku yang dilumurkan ke senjatanya.

Kaido sudah sangat kuat secara alamiah dan menjadi tidak bisa dihentikan dengan mengombinasikan kekuatan Haki-nya. Dia juga bisa memprediksi semua serangan Luffy dengan Haki Kenbunshoku. Dia sangat mahir dengan Haki dan menjadi berbahaya.

8. Big Mom

Big Mom adalah karakter cewek paling kuat di One Piece. Dia bisa memanipulasi jiwa berkat Buah Iblis Soru Soru no Mi yang dimakannya. Meski begitu, dia juga mahir menggunakan Haki.

Mengutip CBR, Big Mom bisa menggunakan semua tipe Haki. Haki Busoshoku-nya cukup kuat untuk menahan serangan Kong Gun Luffy. Serangan itu mampu melewati jurus Luffy yang sudah dilumuri Haki.

Big Mom juga bisa menggunakan Haki Haoshoku yang lebih canggih untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahannya. Haki itu terlihat seperti kilat hitam ketika dia gunakan. Haki Haoshoku-nya bahkan bisa membelah surga ketika dia bentrok dengan Kaido.

9. Silvers Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah tangan kanan mantan Raja Bajak Laut, Gol D Roger. Dia adalah orang yang mengajarkan bagaimana menggunakan tiga Haki kepada Monkey D. Luffy. Saat masih muda, dia adalah salah satu bajak laut terkuat di dunia.

Kemampuannya terlihat ketika Bajak Laut Roger melawan Bajak Laut Shirohige di sebuah pulau di Grand Line. Saat itu, Rayleigh menggunakan Haki-nya untuk menghentikan Marco, pengguna Buah Iblis Zoan Mistis, dengan jarinya yang dilumuri Haki.

Mengutip CBR, Rayleigh kini berusia akhir 70-an. Meski begitu, dia masih sangat kuat. Rayleigh bahkan sanggup melawan Laksamana Kizaru dengan Haki-nya. Bahkan Yonko seperti Kurohige saja takut menghadapi Haki Rayleigh dalam pertarungan satu lawan satu.

10. Dracule Mihawk

Dracule Mihawk sangat terkenal karena kepiawaiannya berpedang. Dia telah ditahbiskan sebagai pendekar pedang terkuat di dunia. Pertarungannya melawan Shanks disebut mengguncang seluruh Grand Line.

Mihawk tidak memakan Buah Iblis, tapi diyakini punya Haki yang sangat kuat. Dia juga dikenal sebagai Mata Elang karena pandangan matanya yang tajam. Menurut Beebom, nama itu pas dengan kepiawaiannya menggunakan Haki Kenbunshoku.

Mihawk juga bisa mengombinasikan Haki Busoshoku-nya dengan pedangnya, Yoru, untuk melawan musuhnya. Ilmu Haki Mihawk belum pernah diuji. Tapi, dengan bukti bahwa dia mengajari Roronoa Zoro tentang Haki, maka pengalaman dan kepiawaiannya dengan Haki tidak perlu diragukan lagi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #pengguna #haki #paling #kuat #piece #sudah #sulit #dikalahkan #tanpa #perlu #makan #buah #iblis

KOMENTAR