10 Makanan dan Minuman Penurun Demam, Jaga Kondisi Tubuh saat Cuaca Ekstrem
Ilustrasi Orang yang Sakit Demam. (Sumber : Freepik)
10:24
19 Januari 2024

10 Makanan dan Minuman Penurun Demam, Jaga Kondisi Tubuh saat Cuaca Ekstrem

 

 – Pengaruh cuaca yang ekstrem bisa menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat. Kondisi tersebut bisa saja membuat suhu tubuh menjadi meningkat, sehingga menyebabkan demam

Demam bisa dipengaruhi faktor eksternal yakni, terlalu lama berada di bawah sinar matahari, melakukan aktivitas fisik yang intens, atau menggunakan beberapa jenis obat. Sedangkan pengaruh internal disebabkan kondisi perimenopause dan menopause pada wanita juga dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh.

Dilansir dari laman PharmEasy, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan demam. Cukup didapatkan dan dibuat di rumah. 

  1. Air Kelapa Muda

Minuman terbaik selama cuaca yang panas diketahui memiliki sifat penyejuk alami yang membantu melawan panas. Air kelapa muda dapat menghidrasi tubuh dan menyeimbangkan elektrolit penghasil suhu tubuh secara alami.

  1. Air Susu

Minuman sehat dengan probiotik, vitamin, dan mineral esensial untuk menjaga tubuh tetap dingin di tengah cuaca yang ekstrem. Minum air susu dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan mengembalikan energi.

  1. Lidah Buaya

Penyejuk alami dari lidah buaya dapat digunakan pada kulit untuk mendapatkan efek penyejuk atau dicampur dengan mentimun atau mint agar bisa diminum untuk merasakan kelezatan sejuk di dalam tubuh.

  1. Daun Mint 

Salah satu herba yang sering dikonsumsi di India ini biasanya digunakan untuk menetralkan efek demam dalam tubuh. Tidak hanya mengendalikan suhu tubuh, tetapi juga memberikan efek penyejuk yang luar biasa.

  1. Semangka

Buah semangka juga sering dikonsumsi dan menjadi kesukaan banyak orang. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh tetap dingin.

  1. Mentimun

Kandungan air dan serat yang melimpah pada mentimun dapat membantu meredakan sembelit dan memberikan efek penyejuk. Selain digunakan dalam salad, mentimun juga digunakan dalam perawatan wajah untuk menenangkan mata.

  1. Cabai

Meskipun tanaman ini memiliki rasa pedas, ternyata cabai juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh melalui kandungan capsaicin yang memicu respon pendinginan di dalam tubuh.

  1. Air Lemon 

Air lemon diketahui kaya akan vitamin C yang dapat menurunkan suhu tubuh. Perasan dari lemon juga berperan sebagai elektrolit alami dan dapat memberikan rasa segar. 

  1. Bawang

Bahan yang biasa digunakan sebagai bumbu di dapur ini ternyata mempunyai efek penyejuk karena kandungan quercetin sebagai anti-alergi dan dapat melindungi dari suhu tubuh yang meningkat.

  1. Seledri

Seledri memiliki kandungan berupa 90 persen air dan nutrisi penting lainnya yang dapat memberikan efek penyejuk yang dapat meredakan demam di tubuh.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #makanan #minuman #penurun #demam #jaga #kondisi #tubuh #saat #cuaca #ekstrem

KOMENTAR