Apakah Benar Minum Susu Sebelum Tidur Baik? Begini Penjelasan dan Efeknya pada Tubuh
Ilsutrasi- Segalas susu. (jcomp-freepik)
20:03
19 Mei 2024

Apakah Benar Minum Susu Sebelum Tidur Baik? Begini Penjelasan dan Efeknya pada Tubuh

 - Minum segelas susu hangat sebelum tidur adalah tradisi yang diyakini dapat membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami pengaruh susu terhadap siklus tidur.

Melansir Healthline, kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental dan merupakan masalah kesehatan global.

Menurut CDC, satu dari tiga orang di AS tidak mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini mendorong banyak orang mencari solusi sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur mereka, seperti minum susu hangat sebelum tidur.

Manfaat Susu Hangat untuk Tidur

1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Beberapa studi kecil menunjukkan bahwa mengonsumsi produk susu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hal ini mungkin disebabkan oleh senyawa kimia tertentu dalam susu atau efek psikologis dari rutinitas tidur yang menenangkan.

2. Mendukung Siklus Tidur Sehat

Susu mengandung triptofan dan melatonin yang dapat membantu tidur. Triptofan adalah asam amino yang membantu produksi serotonin yang meningkatkan mood dan relaksasi. Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian dan mempersiapkan tubuh untuk tidur. Namun, segelas susu mungkin tidak cukup untuk memberikan efek signifikan.

3. Efek Psikologis

Rutinitas minum susu hangat sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan dan mengingatkan pada masa kecil, hal ini membantu mensugesti otak untuk bersiap tidur.

Lebih baik Susu Hangat atau Dingin?

Tidak ada bukti jelas yang menunjukkan susu hangat lebih baik daripada susu dingin untuk tidur. Namun, minuman hangat umumnya lebih menenangkan dan mungkin lebih efektif untuk membantu tidur dibandingkan minuman dingin.

Pengaruh Susu Sebelum Tidur pada Berat Badan

Minum segelas susu sebelum tidur tidak mungkin menyebabkan perubahan besar pada berat badan, namun tetap saja mengonsumsinya mempengaruhi kalori .Tidur yang cukup dapat membantu mengurangi keinginan ngemil berlebihan yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Pada akhirnya, minum segelas susu hangat sebelum tidur bisa membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Meskipun belum ada bukti kuat, praktik ini aman untuk dicoba dan bisa bermanfaat bagi beberapa orang.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #apakah #benar #minum #susu #sebelum #tidur #baik #begini #penjelasan #efeknya #pada #tubuh

KOMENTAR