Bau Keringat Tak Sedap? 5 Bahan Herbal Alami Ini Bisa Hilangkan Bau Badan, Cek Apa Saja dan Cara Pakainya
Bahan Herbal Alami Ini Bisa Hilangkan Bau Badan, Cek Apa Saja dan Cara Pakainya. (Shutterstock)
12:56
30 April 2024

Bau Keringat Tak Sedap? 5 Bahan Herbal Alami Ini Bisa Hilangkan Bau Badan, Cek Apa Saja dan Cara Pakainya

Setiap beraktifitas tentunya akan mengeluarkan keringat yang banyak. Seringkali seseorang tak percaya diri dengan keringatnya. Sebenarnya keringat tidak berbau, yang menjadikan keringat bau adalah bakteri yang hidup di kulit Anda.

Bakteri tersebut lalu berkembang biak dengan cepat. Pertumbuhan bakteri ini dapat menyebabkan bau badan. Namun, hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan mengikuti beberapa pengobatan alami.

Menurut laman Practo yang dikutip oleh (30/4), bau badan dapat dihilangkan dengan bahan herbal alami. Bahan tersebut juga mudah untuk dijangkau, berikut ini lima rekomendasi herbal alami untuk menghilangkan bau badan dan cara pakainya:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu solusi terbaik dan paling efektif untuk mengatasi bau tak sedap. Sifat antimikroba (zat yang membunuh mikroorganisme atau menghambat pertumbuhannya) dalam minyak kelapa membantu membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Minyak kelapa juga mendukung kesehatan pencernaan, merupakan faktor penting dalam melawan bau badan dan bau mulut (halitosis). Mengoleskan minyak kelapa pada kulit dan mengkonsumsinya dalam makanan akan membantu menahan pertumbuhan bakteri di tubuh Anda, sehingga mencegah bau badan.

2. Lemon

Lemon memiliki sifat alami, antiseptik (zat yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan mikroorganisme), dan antimikroba pada lemon membantu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh dan mengendalikan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Sifat asam dari jus lemon membantu mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya pada kulit. Selain itu, sebagai penambah kekebalan tubuh, lemon menghilangkan racun berbahaya, termasuk bakteri di dalam tubuh.

Anda bisa mengoleskan setengah buah lemon pada ketiak untuk mencegah keringat (berkeringat) dan menghindari bau badan.

3. Jus Tomat

Jus tomat adalah obat yang efektif untuk melawan bau badan. Sifat antibakteri dan antiseptik pada tomat dapat membantu membatasi jumlah bakteri penyebab bau tak sedap pada tubuh. Ini juga membantu mengendalikan keringat berlebih.

Rendam kain dalam jus tomat dan oleskan pada ketiak Anda. Minum jus tomat mampu menurunkan suhu tubuh sehingga mengurangi keringat

4. Baking Soda

Soda kue membantu menyerap kelembaban dari kulit sehingga mengurangi bau. Oleskan baking soda ke ketiak Anda dan bilas setelah beberapa menit.

Soda kue yang dicampur dengan tepung maizena dalam jumlah yang sama dapat berfungsi sebagai deodoran alami. Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat mengoleskan soda kue, jangan lanjutkan lebih jauh dan segera bilas.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel atau ACV (jus fermentasi yang terbuat dari apel yang dihancurkan) memiliki sifat asam yang membantu menghilangkan mikroba beracun dari tubuh.

Rendam beberapa bola kapas ke dalam cuka sari apel lalu oleskan pada ketiak, kaki dan bagian tubuh lainnya untuk membasmi bakteri dan mengurangi bau badan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #keringat #sedap #bahan #herbal #alami #bisa #hilangkan #badan #saja #cara #pakainya

KOMENTAR