Kemenkes Bawa Konsep Baru Kesehatan dari Obati Orang Sakit Jadi Jaga Orang Tetap Sehat
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023). (Hendra Eka)
15:00
25 April 2024

Kemenkes Bawa Konsep Baru Kesehatan dari Obati Orang Sakit Jadi Jaga Orang Tetap Sehat

- Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya menginisiasi konsep kesehatan baru dari mengobati orang sakit menjadi menjaga orang tetap sehat. Konsep itu turut dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Kesehatan. 

“Kami memasukkan konsep baru ini dalam transformasi kesehatan dengan mengajak partisipasi 514 kabupaten/kota dan provinsi, bukan hanya kepala dinas, tapi juga mengajak kepala Bappeda, termasuk dirut RSUD, yang kita undang untuk datang,” ujarnya dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) tahun 2024 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (24/4).   Dalam kegiatan ini, Budi mengatakan bahwa pihaknya turut sertakan Bappeda dalam Rakerkesnas 2024 untuk mendapatkan masukan-masukan penting dalam penyusunan Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK).  

  Penyusunan RIBK sendiri selaras dengan amanat UU Kesehatan 17 Tahun 2023 yang mengubah paradigma dalam perencanaan kesehatan, dari program mengikuti anggaran (program follow money) menjadi anggaran mengikuti program (money follow program).    Dalam paradigma ini, Budi menerangkan bahwa anggaran kesehatan tidak dipatok 5 persen atau 10 persen, melainkan sesuai dengan kebutuhan/prioritas program.   Dengan RIBK ini, ia berharap nantinya dapat menjadi sebuah pedoman nasional yang diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya.    Bersamaan dengan penyusunan RIBK, Budi juga menginginkan agar pelaksanaan Rakerkesnas 2024 menjadi sebuah momentum yang baik untuk mengonsolidasikan dan mengoordinasikan seluruh kekuatan serta program dari semua komponen bangsa untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #kemenkes #bawa #konsep #baru #kesehatan #dari #obati #orang #sakit #jadi #jaga #orang #tetap #sehat

KOMENTAR