Erika Carlina Ungkap Pemicu Kekambuhan Penyakit Autoimunnya: Ini Tips Mengatasi Gangguan Kecemasan Tanpa Obat
Erika Carlina. [Instagram]
10:48
20 April 2024

Erika Carlina Ungkap Pemicu Kekambuhan Penyakit Autoimunnya: Ini Tips Mengatasi Gangguan Kecemasan Tanpa Obat

Erika Carlina baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya menderita penyakit autoimun yang sudah dialaminya selama tiga tahun terakhir. Dan ia menyebut bahwa gejalanya ia rasakan baru-baru ini. Setelah melakukan pemeriksaan, rupanya penyakitnya itu kembali kambuh akibat gangguan kecemasan yang dialaminya.

"Setiap aku kumat, ke UGD cek tensi, detak jantung, semua, suhu dan lain, normal. Biasanya bilang kecapean. Tapi ini nggak. Cek yang lebih spesifik. akhirnya dirujuk ke dokter kejiwaan. Aku merasakan sakit fisik, bukan mental," kata Erika Carlina.

Lebih lanjut, menurut Erika, dokter pun mendiagnosisnya dengan generalized anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

"Dari pikiran berdampak ke fisik. Aku cek spesifik, positif autoimun," katanya.

Kondisi gangguan kecemasan yang dialami Erika Carlina ini memang bukan sesuatu hal yang dapat dianggap remeh. Pasalnya, kondisi gangguan kecemasan dapat menyebabkan berbagai masalah lainnya, termasuk pada fisik.

Untuk itu, penting mengetahui tips cara mengatasi gangguan kecemasan agar tidak berdampak kepada kesehatan fisik.

Mengutip Alodokter, berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk atasi masalah gangguan kecemasan tanpa harus minum obat.

1. Tarik napas dalam-dalam

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Cara ini akan membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut: Tarik napas selama 4 detik, tahan 7 detik, setelah itu keluarkan secara perlahan selama 8 detik.

2. Fokus pada aktivitas

Saat gangguan kecemasan datang, fokus terhadap aktivitas yang dilakukan akan terganggu. Untuk mengatasi kecemasan tersebut, penting memusatkan diri agar kembali fokus pada aktivitas yang dilakukan.

3. Metode 5-4-3-2-1

Metode 5-4-3-2-1 maksudnya adalah menyebutkan lima benda yang ada di sekeliling kita, kemudian menyebutkan 4 benda yang bisa disentuh, lalu diam sejenak dan dengarkan tiga suara yang dapat didengar. Selanjutnya, cium dua bau yang bisa dirasakan oleh hidung, dan terakhir kenali rasa yang ada di lidah.

4. Hindari alkohol dan kafein

Cara lain untuk mengatasi gangguan kecemasan adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan kafein. Dua kandungan tersebut justru dapat membuat tubuh menjadi lebih cemas dan gelisah.

5. Cerita

Saat gangguan kecemasan itu datang, cobalah bercerita kepada orang terdekat. Dukungan dari orang-orang terdekat nyatanya dapat membuat kita menjadi jauh lebih tenang sehingga membantu mengatasi masalah gangguan kecemasan.

6. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Cara lain dalam mengatasi gangguan kecemasan adalah dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cobalah melakukan berbagai aktivitas yang membuat kita menjadi jauh lebih rileks, misal dengan melakukan berbagai aktivitas yang disukai.

7. Jaga asupan makanan dan minuman

Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga mempengaruhi kondisi gangguan kecemasan. Dalam hal ini, penting untuk menjaga pola makan yang jauh lebih sehat sehingga gangguan kecemasan tidak menjadi parah. Selain itu konsumsi air yang cukup sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #erika #carlina #ungkap #pemicu #kekambuhan #penyakit #autoimunnya #tips #mengatasi #gangguan #kecemasan #tanpa #obat

KOMENTAR