Rekomendasi 4 Fasilitas Kesehatan yang Bisa Diberi Perusahaan Untuk Karyawan, Bisa Dongkrak Produktivitas
Ilustrasi Dokter (Freepik/Senivpetro)
10:32
19 April 2024

Rekomendasi 4 Fasilitas Kesehatan yang Bisa Diberi Perusahaan Untuk Karyawan, Bisa Dongkrak Produktivitas

Libur panjang lebaran Idul Fitri telah berakhir. Kebanyakan pekerja juga sudah kembali ke aktivitas produktif masing-masing. Berbagai aktivitas selama lebaran serta perjalanan mudik, kerap kali dapat memengaruhi stamina karyawan ketika kembali bekerja. Dalam kondisi ini, dukungan yang memadai terhadap kesehatan karyawan menjadi kian penting untuk diperhatikan oleh perusahaan.

Salah satu studi menunjukkan bahwa program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19 persen.

Medical check-up menjadi contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan. Melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan.

Ilustrasi dokter (Unsplash)Ilustrasi dokter (Unsplash)

Selain medical check-up, vaksinasi juga turut menjadi benefit yang penting dipertimbangkan perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit. Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan, diharapkan semakin banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawan dalam benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi. 

Selain medical check-up dan vaksinasi, terdapat sejumlah program kesehatan lain yang dapat diberikan perusahaan sebagai fasilitas bagi para karyawannya. Berikut beberapa program kesehatan yang bisa diberikan perusahaan untuk karyawannya, rekomendasi dari Halodoc:

1. Fasilitas kelas olahraga atau gym 

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu perusahaan mempromosikan fungsi kognitif yang lebih baik di antara karyawan. Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.

2. Layanan konseling untuk kesehatan mental 

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif, dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.

3. Pemberian booster vitamin secara rutin

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan individu dengan mengurangi risiko penyakit, terutama karena kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi secara teratur adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle 

Studi dari American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini. Oleh karena itu, penyediaan peralatan kantor seperti standing desk bagi karyawan dapat menjadi langkah preventif yang efektif. Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan, sehingga produktivitas pekerja tetap optimal.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #rekomendasi #fasilitas #kesehatan #yang #bisa #diberi #perusahaan #untuk #karyawan #bisa #dongkrak #produktivitas

KOMENTAR