Masalah dengan Tidur? Ini 5 Strategi Meningkatkan Kualitas Lelap Istirahat Kamu
strategi meningkatkan kualitas tidur./Pexels/Andrea Piacquadio
14:12
17 April 2024

Masalah dengan Tidur? Ini 5 Strategi Meningkatkan Kualitas Lelap Istirahat Kamu

Di tengah kehidupan berjibaku dengan kesibukan dan stres, menikmati tidur yang berkualitas sering kali menjadi barang langka

Bagi beberapa orang, mengalami kesulitan untuk meraih istirahat yang nyenyak dan nyaman merupakan masalah umum yang dapat berdampak signifikan pada tubuh dan kesehatan emosional.

Jangan biarkan tidur yang buruk mengendalikan hidup kamu hingga membuat segalanya menjadi berantakan.

Oleh karenanya, dalam upaya untuk menyelesaikan masalah tidur, penting untuk memahami pentingnya istirahat yang baik bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Dilansir dari psychologytoday.com pada Rabu (17/4), disebutkan terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

1. Jadikan kamar tidur Anda sebagai zona khusus tidur.

Kamu sebaiknya menjadikan kamar tidur sebagai lingkungan yang hanya diperuntukkan untuk tidur dan istirahat.

Dengan kata lain, kamu sebaiknya menghindari melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan tidur di dalam kamar tidur kamu.

Misalnya, hindari membawa pekerjaan ke dalam kamar tidur, dari membaca email atau mengerjakan tugas.

Selain itu, hindari juga menggunakan ponsel atau komputer di kamar tidur, termasuk menonton televisi atau bermain game.

Semua aktivitas ini dapat mengganggu pola tidur kamu dan membuat sulit bagi otak kamu untuk mengasosiasikan kamar tidur sebagai tempat tidur yang nyaman.

2. Jadikan kamar kamu sebagai area ramah tidur

Beberapa kondisi yang meningkatkan kualitas tidur adalah kegelapan, alias tidak adanya cahaya di ruangan.

Pasalnya, cahaya sendiri dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Oleh karenanya, kamu perlu segelap mungkin dengan kamar tidurmu.

Hal lain yang perlu dilakukan yakni mematikan segala hal yang menimbulkan kebisingan, termasuk gawai kamu yang mungkin penuh notifikasi.

Jika kebisingan memang sulit dihindari, seperti kebisingan di luar kamar yang tidak dapat kamu kendalikan, kamu dapat menggunakan penutup telinga.

3. Olah pikiran kamu menjadi ramah untuk tidur

Bukan hanya ruang kamar tidur kamu yang dipoles agar ramah tidur, tapi juga pikiranmu perlu diolah sedemikian rupa agar ramah tidur.

Pikiran yang berkecamuk, sibuk penuh dengan beban dan lain sebagainya dapat menjadi penghambat tidur.

Jika kamu kesulitan mematikan otak, gunakan teknik relaksasi sederhana untuk menenangkan pikiran. Bernapaslah perlahan dan dalam saat kamu mencoba untuk tertidur.

Berkonsentrasilah untuk mengendurkan satu otot pada satu waktu. Bawa diri kamu secara mental ke tempat yang tenang, tenteram, dan menenangkan dalam pikiran, atau ulangi kata-kata singkat yang menenangkan dan damai sampai kamu tertidur.

4. Tidur sesuai rutinitas

Kamu perlu menetapkan jadwal yang konsisten kapan kamu harus tidur malam dan kapan kamu harus bangun setiap pagi, termasuk hari libur atau akhir pekan.

Bangun dan tidur pada waktu yang berbeda pada hari yang berbeda mengganggu ritme tidur alami kamu.

Ketika kamu bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, kamu membantu mengatur jam biologis internal Anda, atau yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Dengan memelihara rutinitas tidur yang konsisten, tubuh menjadi lebih terbiasa dengan pola tersebut, sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar.

5. Hindari perusak tidur

Beberapa hal seperti makanan, minuman atau aktivitas tertentu yang mengganggu istirahat harus kamu hindari sebelum waktu tidur.

Misalnya, dalam beberapa kasus alkohol justru dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Begitupun dengan kafein yang diminum saat sore, apalagi malam sebelum tidur dapat mengganggu lelapmu.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #masalah #dengan #tidur #strategi #meningkatkan #kualitas #lelap #istirahat #kamu

KOMENTAR