Selain Sebagai Detoksifikasi Liver, Ketahui 7 Manfaat Teh Kulit Jeruk, Simak Resep Membuatnya
Teh kulit jeruk. (www.tuasaude.com)
13:32
16 April 2024

Selain Sebagai Detoksifikasi Liver, Ketahui 7 Manfaat Teh Kulit Jeruk, Simak Resep Membuatnya

Teh kulit jeruk kaya akan vitamin C dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, teh kulit jeruk ini juga membantu mencegah penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi hingga diabetes.

Bahkan mengonsumsi teh kulit jeruk ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat sehingga ampuh untuk program diet. Hal ini dipicu karena di dalamnya memiliki jumlah potasium yang sangat baik.

Potasium sejenis mineral yang mengandung sifat diuretic yang bisa membantu menghilangkan kelebihan cairan tubuh dan mengurangi perut kembung. Teh ini memang dibuat menggunakan kulit jeruk segar atau kering dan dapat dikonsumsi sendiri atau bisa dibumbui dengan kayu manis, jahe dan madu.

Dilansir dari laman Tuasaude, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi teh kulit jeruk ini di antaranya:

1. Membantu penurunan berat badan

Kandungan potasium yang terdapat di teh kulit jeruk mampu membantu menghilangkan kelebihan cairan tubuh yang dapat mengurangi perut kembung dan berkontribusi pada penurunan berat badan.

Teh kulit jeruk juga mengandung kaya serat empat kali lebih banyak dibandingkan buah sebenarnya membuat teh ini cocok untuk membantu memperpanjang rasa kenyang dan mengatur keinginan makan.

2. Mencegah penyakit kanker

Teh kulit jeruk mengandung vitamin C dan flavonoid seperti hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa membantu melawan radikal bebas berlebih sehingga segala jenis kanker bisa dicegah.

3. Mengobati varises

Kandungan hesperidin dan flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga minuman ini bisa membantu mengobati varises dan kaki lelah.

4. Mengontrol tekanan darah tinggi

Kandungan mineral potasium yang terkandung dalam teh ini bisa membantu menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh melalui urin. Hal ini dapat berperan dalam mengelola tekanan darah tinggi.

Sedangkan kandungan antioksidan bisa meningkatkan kesehatan arteri dan mencegah pembentukan radikal bebas sehingga bisa mengontrol tekanan darah termasuk hipertensi.

5. Mencegah masuk angin dan flu

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam teh kulit jeruk ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi virus. Antioksidan yang tinggi dalam kulit jeruk ini melawan radikal bebas yang bersirkulasi dan mencegah flu.

6. Mencegah penyakit diabetes

Teh kulit jeruk membantu meningkatkan fungsi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan kadar gula darah. Oleh karena itu teh dapat berperan dalam mencegah diabetes.

7. Sebagai detoksifikasi liver

Teh jeruk memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang melawan radikal bebas serta melindungi dan meningkatkan fungsi hati. Teh ini memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

--------

Untuk membuat teh dari kulit jeruk ini hanya menggunakan bahan meliputi 1 sendok makan kulit jeruk segar dan 200 ml air.

Cara memasaknya adalah cuci jeruk hingga bersih sebelum dikupas, rebus air dalam panci, matikan api lalu masukkan kulit jeruk, seduh selama 5 hingga 10 menit lalu saring dan minum tanpa menambahkan gula atau pemanis.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #selain #sebagai #detoksifikasi #liver #ketahui #manfaat #kulit #jeruk #simak #resep #membuatnya

KOMENTAR