1 April Diperingati Sebagai Hari Kewaspadaan Lupus, Sebarkan Kesadaran dan Dukungan untuk Lawan Penyakit Autoimun
Ilustrasi dukungan masyarakat kepada penyintas lupus. (freepik)
07:58
2 April 2024

1 April Diperingati Sebagai Hari Kewaspadaan Lupus, Sebarkan Kesadaran dan Dukungan untuk Lawan Penyakit Autoimun

–Hari Kewaspadaan Lupus adalah peringatan tahunan tiap 1 April untuk meningkatkan kesadaran tentang lupus dan mendukung penderita. Lupus adalah penyakit autoimun yang mengancam jiwa, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh. 

Meskipun belum ada obat untuk menyembuhkan lupus, perawatan medis yang tepat penting untuk mengendalikan. Hal itu menegaskan perlu Hari Siaga Lupus sebagai langkah preventif dan pengelolaan kondisi tersebut.

Sejarah Hari Kewaspadaan Lupus

Dikutip dari nationaltoday.com, Lupus Alert Day dicanangkan Lupus Foundation of America pada 2000 untuk meningkatkan kesadaran tentang systemic lupus erythematosus (SLE). Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang penyebab, faktor risiko, gejala, dan pengobatan lupus.

 

Statistik menunjukkan bahwa sekitar 16.000 orang Amerika didiagnosis dengan lupus setiap tahun, dengan 90 persen di antaranya adalah perempuan. Meskipun sulit didiagnosis karena gejalanya mirip penyakit lain, terdapat kemajuan dalam diagnosis sejak 1948, ketika Mayo Clinic berhasil mengidentifikasi 60 persen kasus lupus. 

Pada 1971, American College of Rheumatology merilis kriteria untuk SLE, yang mencakup gejala yang dapat ditunjukkan pasien dan yang dapat dideteksi dokter melalui pemeriksaan fisik dan tes laboratorium. Kriteria itu terus diperbarui seiring dengan penemuan baru.

Merayakan Lupus Alert Day

Dikutip dari holidaycalender.oi terdapat beberapa cara untuk merayakan Lupus Alert Day, yaitu:

  1. Memakai pakaian berwarna ungu

Ungu adalah warna yang diasosiasikan dengan kesadaran lupus. Tunjukkan dukungan dengan mengenakan pakaian atau aksesori berwarna ungu di Hari Waspada Lupus.

  1. Perluas pengetahuan mengenai lupus

Perluas pengetahuan dan ajak orang lain untuk ikut belajar lebih lanjut tentang lupus serta dampak yang ditimbulkannya. Berbagi pengetahuan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kondisi ini.

  1. Penggalangan dana

Organisasi pengumpulan dana dengan teman dan keluarga untuk mendukung penelitian dan bantuan bagi penderita lupus. Ini dapat meliputi kegiatan amal, penjualan kue, atau ide kreatif lain.

  1. Menulis surat

Gunakan Hari Waspada Lupus sebagai peluang untuk menyuarakan perlunya peningkatan dukungan dan pendanaan untuk riset dan pengobatan lupus dengan menulis surat kepada perwakilan pemerintahan setempat.

  1. Bagikan cerita Anda

Bagikan pengalaman, baik itu tentang pengalaman langsung dengan lupus atau mengenal orang yang terkena lupus, untuk membantu meningkatkan kesadaran dan memberikan dukungan kepada orang lain. Gunakan platform media sosial atau buat blog untuk berbagi cerita Anda selama Hari Waspada Lupus.

Mengapa Lupus Alert Day Penting?

Terdapat beberapa alasan mengapa Lupus Alert Day penting untuk diperingati, antara lain:

  1. Meningkatkan kesadaran akan kondisi serius

Hari Waspada Lupus adalah momen penting untuk memberi tahu masyarakat tentang lupus, penyakit autoimun kronis yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Dengan meningkatkan pemahaman dan kesadaran, dapat berusaha mencari penanganan dan meningkatkan kualitas hidup bagi penderita.

  1. Memberikan dukungan kepada individu yang mengalami lupus

Bagi individu dan keluarga yang terkena dampak lupus, Hari Waspada Lupus adalah pengingat bahwa mereka tidak sendiri. Dengan menunjukkan solidaritas dan dukungan, kita dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan mereka, membantu mereka merasa didukung dan dipahami.

  1. Mendorong deteksi dini dan perawatan yang tepat

Deteksi dini memiliki peran kunci dalam mengelola gejala lupus dan mengurangi risiko komplikasi. Hari Waspada Lupus menyoroti pentingnya menjalani pemeriksaan rutin, mengenali tanda-tanda peringatan, dan mencari bantuan medis jika diperlukan untuk meningkatkan prognosis bagi individu yang hidup dengan lupus.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #april #diperingati #sebagai #hari #kewaspadaan #lupus #sebarkan #kesadaran #dukungan #untuk #lawan #penyakit #autoimun

KOMENTAR