5 Penyebab Hipertensi Meningkat dan Tips Mencegahnya
Ilustrasi Hipertensi. (Lab Cito)
15:23
29 Maret 2024

5 Penyebab Hipertensi Meningkat dan Tips Mencegahnya

- Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi medis serius yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi semakin meningkat serta tips-tips praktis untuk mencegahnya.

Melansir dari Halodoc.com, berikut lima hal yang menyebabkan hipertensi meningkat:

1. Konsumsi Garam Berlebihan

Natrium dalam garam memiliki peran penting dalam meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung karena memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

Garam meja memiliki sekitar 40 persen natrium. American Heart Association menyarankan agar konsumsi natrium harian tidak melebihi 2.300 miligram atau setara dengan satu sendok teh. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa mayoritas natrium dalam makanan berasal dari makanan olahan dan kemasan.

2. Asupan Gula Tak Terkendali

Gula dapat meningkatkan tekanan darah melalui beberapa cara. Minuman yang mengandung gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Kegemukan berperan dalam meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Wanita disarankan untuk mengonsumsi 25 gram gula (6 sdt) per hari, sedangkan untuk pria disarankan 36 gram (9 sdt).

3. Konsumsi Minuman Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Bagi orang yang menderita hipertensi, mengurangi asupan alkohol dapat membantu menguranginya.

Alkohol dapat menghambat efektivitas obat tekanan darah dan banyak minuman beralkohol tinggi gula dan kalori, yang berkontribusi pada risiko obesitas dan hipertensi.

4. Makanan Olahan Kaya Lemak Jenuh

Untuk menjaga kesehatan jantung, disarankan mengurangi konsumsi lemak jenuh, terutama dengan tekanan darah tinggi, karena lemak trans, lemak buatan yang digunakan dalam makanan kemasan, dapat meningkatkan umur simpan dan stabilitas.

Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL), yang berkontribusi pada peningkatan risiko hipertensi. Ini membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

5. Makanan Kalengan

Banyak makanan dalam kaleng mengandung tinggi natrium, meskipun sangat praktis bagi orang yang sibuk. Namun, konsumsi berlebihan makanan ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan hipertensi dan obesitas, selain dari kepraktisannya.

Bagaiman tips agar hipertensi tidak parah? Dilansir dari Hellosehat.com, sebagai berikut:

1. Periksa ke dokter secara rutin

Disarankan untuk menjalani pemeriksaan medis rutin guna memantau kondisi kesehatan Anda. Dokter akan mengevaluasi tingkat keparahan hipertensi Anda untuk menentukan apakah Anda dapat berpuasa atau tidak.

2. Perbanyak minum air putih

Tanpa disadari, dehidrasi dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengontrol hipertensi selama puasa adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka.

3. Hindari makanan tinggi garam

Garam adalah penyumbang terbesar pada hipertensi. Disarankan untuk menghindari konsumsi makanan tinggi garam selama sahur dan berbuka, seperti kacang asin, acar, makanan kaleng, sosis, keju olahan, keripik, dan sejenisnya.

4. Perbanyak makan sayur dan buah

Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda karena mereka mengandung kalium tinggi yang dapat mengurangi efek natrium pada darah.

5. Seimbangkan olahraga dan istirahat yang cukup

Melakukan olahraga secara teratur adalah metode terbaik untuk mengatur tekanan darah, dan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik selama puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup, minimal 7 jam tidur malam.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #penyebab #hipertensi #meningkat #tips #mencegahnya

KOMENTAR