Catat! Ini 10 Makanan Sehat Bagi Pengidap GERD dan Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung
Ilustrasi seseorang pengidap asam lambung. (Sumber: freepik/KamranAydinov).
19:02
28 Maret 2024

Catat! Ini 10 Makanan Sehat Bagi Pengidap GERD dan Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung

- Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan gejala seperti heartburn, rasa pahit di mulut, dan mual.

Selain mengonsumsi antasida, pengobatan GERD juga melibatkan penggunaan pengobatan alami.

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengobati GERD. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk penderita GERD.

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Untuk menghindari gejala penyakit asam lambung, orang yang menderita kondisi tersebut harus memperhatikan jenis makanan yang mereka makan.

Dikutip dari halodoc.com, Kamis (28/3), berikut adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita asam lambung:

1. Jahe

Untuk mencegah gejala asam lambung, penting bagi penderita untuk memperhatikan jenis makanan yang mereka konsumsi. Salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah jahe.

Jahe tidak hanya memberikan sensasi hangat, tetapi juga dapat mengurangi kemungkinan munculnya gejala asam lambung.

Jahe mengandung sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi masalah pencernaan dan dapat digunakan sebagai obat alami untuk asam lambung atau maag.

Cara konsumsinya adalah dengan memotong dan merebus jahe, lalu mencampurnya dengan madu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Science & Nutrition dengan judul "Ginger in gastrointestinal disorders: A systematic review of clinical trials" menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe kurang dari 1500 miligram dapat efektif meredakan mual yang disebabkan oleh asam lambung.

Tidak hanya itu, jahe juga memiliki efek karminatif yang dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi kram usus, serta mencegah dispepsia, perut kembung, dan kembung.

2. Lidah buaya

Aloe vera memiliki manfaat yang tidak hanya terbatas pada perawatan kecantikan. Tanaman ini juga memiliki khasiat sebagai pengobatan alami untuk masalah asam lambung. Anda dapat mengonsumsinya langsung atau mencampurnya dalam jus dan makanan.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang cocok untuk mengatasi asam lambung. Makanan ini tinggi serat sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, oatmeal juga dapat menyerap produksi asam lambung yang berlebihan untuk mengatasi gejala tersebut.

4. Pisang

Buah pisang, dengan tingkat keasaman sekitar 5,6, memiliki kemampuan untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi gejalanya.

Selain itu, pisang juga bertindak dengan melapisi kerongkongan yang mengalami iritasi karena naiknya asam lambung.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau seperti kembang kol, brokoli, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, merupakan pilihan makanan untuk mengatasi asam lambung.

Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran-sayuran tersebut dapat membantu mengurangi tingkat asam lambung.

6. Daging tanpa lemak

Daging yang tinggi lemak sering memicu peningkatan produksi asam lambung. Oleh karena itu, disarankan bagi penderita asam lambung untuk memilih daging tanpa lemak yang lebih mudah dicerna oleh lambung.

Penting juga untuk memperhatikan metode pengolahan, seperti dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

7. Roti

Orang yang menderita asam lambung masih bisa mengonsumsi roti, tetapi disarankan untuk memilih roti yang terbuat dari gandum atau mengandung biji-bijian di dalamnya.

Roti semacam itu mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan lambung.

8. Pepaya

Pepaya tidak hanya bertindak sebagai pencahar alami tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala gangguan asam lambung.

Manfaat ini diperoleh berkat adanya enzim papain dalam buah tersebut, yang bekerja dengan mencerna protein di dalam lambung saat gejala asam lambung kambuh.

9. Yogurt

Yoghurt, meskipun memiliki rasa sedikit asam, tetap merupakan salah satu opsi makanan yang dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung.

Kandungannya memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala yang timbul. Manfaat ini terjadi karena proses fermentasi makanan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMJ Open Gastroenterology berjudul "Gastric microbiota in the functional dyspepsia patients treated with probiotic yogurt" menemukan bahwa yoghurt mengandung prebiotik yang dapat membantu mengatasi gejala asam lambung.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih dalam tentang mikrobiota lambung atau menjelaskan mekanisme yang mendasarinya.

10. Ikan

Ikan, dengan kandungan asam dan lemak yang rendah, merupakan pilihan yang baik bagi orang yang mengalami masalah dengan asam lambung. Beberapa jenis ikan yang disarankan termasuk salmon, gurame, lele, tongkol, dan sarden.

Penting untuk memperhatikan cara pengolahan. Disarankan untuk menghindari penggunaan terlalu banyak bumbu pedas dan asam.

Selain itu, sebaiknya menghindari penggorengan karena kandungan minyaknya dapat memicu naiknya asam lambung.

Tips Mencegah Naiknya Asam Lambung

Selain mengonsumsi makanan yang sesuai untuk GERD, menerapkan kebiasaan makan yang baik juga dapat membantu mencegah serangan mulas dan refluks asam berulang.

Dikutip dari klinikpintar.id, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah naiknya asam lambung:

  • Konsumsi makanan dalam porsi kecil dan lebih sering.
  • Hindari berbaring setelah makan.
  • Jauhi olahraga berat beberapa jam setelah makan, karena dapat mendorong asam ke kerongkongan.
  • Batasi minum air selama makan, karena dapat mengisi perut dan menekan katup esofagus.
  • Makan dengan perlahan untuk menghindari udara yang berlebihan masuk.
  • Hindari makan dalam waktu tiga hingga empat jam sebelum tidur, termasuk makan malam atau ngemil tengah malam.

Itu adalah beberapa cara untuk menyembuhkan GERD dengan memperhatikan makanan sehat yang direkomendasikan.

Jika kamu mengalami gejala GERD seperti sensasi terbakar di dada, regurgitasi, mual, muntah, dan gejala lainnya, konsultasikan dengan dokter untuk menghindari komplikasi serius seperti kerusakan pada kerongkongan atau Barrett's esophagus.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #catat #makanan #sehat #bagi #pengidap #gerd #tips #mencegah #naiknya #asam #lambung

KOMENTAR