15 Sumber Alami Vitamin B6 Terbaik Bagi Tubuh, Pastikan Salah Satunya Ada Dalam Asupan Makanan
Kacang Arab, salah satu makanan mengandung vitamin B6. (Freepik)
16:12
18 Maret 2024

15 Sumber Alami Vitamin B6 Terbaik Bagi Tubuh, Pastikan Salah Satunya Ada Dalam Asupan Makanan

- Vitamin B6, yang secara ilmiah dikenal sebagai piridoksin, merupakan salah satu dari delapan vitamin B penting yang diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal. Meski suplemen vitamin B6 tersedia dan mudah didapatkan, menggabungkan makanan kaya vitamin B6 ke dalam makanan Anda adalah cara yang efektif untuk meningkatkan asupan dan menerima manfaat kesehatan yang lebih banyak terkait nutrisi penting ini.

Melansir dari Healthline, berikut 15 makanan yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin B6:

1. Susu

Susu menyediakan sumber vitamin B6 yang signifikan. Konsumsi rutin susu sapi atau kambing dapat membantu menjaga tingkat nutrisi penting ini, yang sangat penting untuk mendukung sistem saraf pusat, terutama pada anak-anak.

2. Keju Ricotta

Kaya akan protein whey, keju ricotta menonjol sebagai salah satu sumber utama vitamin B6 di antara keju-keju. Baik dimasukkan ke dalam hidangan gurih seperti lasagna atau dinikmati dalam makanan manis seperti cheesecake, keju ricotta menambah tekstur lembut dan tambahan nutrisi pada setiap resep.

3. Salmon

Terkenal dengan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantungnya, salmon juga memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi.

Mengonsumsi varietas salmon liar memastikan konsentrasi vitamin B6 yang lebih tinggi, menjadikannya pilihan yang ideal untuk mempromosikan kesehatan adrenal hingga mengatur tekanan darah.

4. Tuna (Yellowfin dan Albacore)

Kaya akan vitamin B6 yang memproduksi hemoglobin, tuna, terutama varietas yellowfin dan albacore, menawarkan pilihan makanan bergizi untuk menjaga tingkat oksigen darah yang optimal dan mendukung kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

5. Telur

Telur menyediakan jumlah yang signifikan dari vitamin B6, bersama dengan protein dan nutrisi penting lainnya. Masukkan telur ke dalam makanan Anda untuk cara yang cepat dan mudah untuk meningkatkan asupan harian vitamin penting ini.

6. Hati Ayam

Meskipun popularitasnya menurun, hati ayam tetap menjadi sumber gizi utama, menawarkan sumber protein, folat, dan vitamin B6 yang kaya. Masukkan hati ayam ke dalam diet Anda untuk mendukung metabolisme protein yang efisien dan kesehatan secara keseluruhan.

7. Daging Sapi

Meskipun sering dikritik karena kandungan lemaknya, potongan daging sapi yang rendah lemak tetap menjadi sumber protein dan vitamin B6 yang berharga. Pilih daging sapi yang dipelihara dengan rumput dan rendah lemak untuk memaksimalkan manfaat gizi sambil meminimalkan asupan lemak.

8. Wortel

Selain warna cerah dan teksturnya yang renyah, wortel memberikan asupan vitamin B6 yang cukup melimpah, bersamaan dengan serat dan vitamin A. Masukkan wortel ke dalam makanan Anda untuk mendukung fungsi saraf dan mempromosikan kesejahteraan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

9. Bayam

Penuh dengan vitamin B6 yang meningkatkan kekebalan tubuh, bayam menawarkan pilihan yang serbaguna untuk meningkatkan asupan nutrisi harian Anda. Baik ditumis, dicampur ke dalam smoothie, atau ditambahkan ke dalam salad, bayam tetap menambahkan variasi nutrisi pada setiap hidangan yang Anda makan.

10. Kentang Manis

Sebagai alternatif kaya nutrisi untuk pati tradisional, kentang manis memiliki kandungan vitamin B6, serat, dan magnesium yang tinggi. Nikmati kentang manis sebagai tambahan beraroma pada hidangan Anda untuk mendukung metabolisme energi dan kesehatan secara keseluruhan.

11. Kacang Hijau

Penuh dengan serat, vitamin A dan C, dan vitamin B-6, kacang hijau menawarkan pilihan nutrisi untuk meningkatkan asupan nutrisi penting harian Anda. Tambahkan kacang hijau ke dalam sup, salad, atau tumis untuk hidangan lezat dan bernutrisi.

12. Pisang

Dengan manis alaminya dan kemudahan pemanfaatannya, pisang menjadi sumber vitamin B6 yang sangat baik, mendukung fungsi saraf dan kesehatan otak. Nikmati pisang sebagai camilan cepat dan bernutrisi atau campurkan ke dalam smoothie dan kue panggang untuk rasa dan nutrisi tambahan.

13. Kacang Arab

Kaya protein, serat, dan vitamin B6, kacang arab menawarkan pilihan serbaguna untuk meningkatkan diet Anda. Baik ditambahkan ke dalam salad, sup, atau kari, kacang arab memberikan tambahan nutrisi yang bernutrisi pada setiap hidangan.

14. Sarapan Sereal

Diperkaya dengan nutrisi penting, termasuk vitamin B6, sereal sarapan menawarkan cara yang nyaman dan lezat untuk memulai hari Anda dengan nutrisi. Pilih sereal yang diperkaya seperti All-Bran atau Malt-O-Meal untuk memastikan Anda mendapatkan asupan yang memadai dari vitamin B6.

15. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin B6 dan vitamin C, alpukat menawarkan tambahan nutrisi yang kaya pada setiap hidangan. Nikmati alpukat iris di atas roti panggang, dicampur ke dalam smoothie, atau dihaluskan menjadi guacamole untuk tambahan rasa dan nutrisi yang lezat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #sumber #alami #vitamin #terbaik #bagi #tubuh #pastikan #salah #satunya #dalam #asupan #makanan

KOMENTAR