Berasal dari Biota Laut, Simak 7 Manfaat Astaxanthin Bagi Tubuh, Mulai dari Antioksidan hingga Kesuburan Pria
Astaxanthin berasal dari biota laut yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Nolli.eu)
12:48
16 Maret 2024

Berasal dari Biota Laut, Simak 7 Manfaat Astaxanthin Bagi Tubuh, Mulai dari Antioksidan hingga Kesuburan Pria

- Lautan menyimpan sejuta manfaat bagi manusia, salah satunya biota-biota yang ada di lautan dapat bermanfaat bagi tubuh. Baru-baru ini beberapa biota laut seperti ikan trout, mikroalga, ragi, udang, hingga makhluk laut lainnya mengandung astaxanthin.

Astaxanthin adalah pigmen karotenoid yang terdapat pada makhluk laut, seperti yang disebutkan diatas. Namun yang paling menonjol astaxanthin sering ditemukan pada salmon pasifik dan memberi warna merah muda pada ikan tersebut.

Dinilai sebagai antioksidan, astaxanthin pada makhluk lautan itu memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut laman Healthline yang dikutip JawaPos.com, Sabtu (16/3), astaxanthin dikaitkan dengan efek kulit yang lebih sehat, daya tahan tubuh, kesehatan jantung, hingga dapat mengobati kanker.

Berikut ini 7 manfaat dari astaxanthin yang memberikan dampak baik bagi tubuh menurut Healthline:

1. Antioksidan

Sifat antioksidan Astaxanthin menjadi sumber utama bagi kesehatan dan bermanfaat dijadikan sebagai suplemen, terutama jika digunakan untuk membantu mengobati kanker.

Astaxanthin telah dikaitkan untuk meningkatkan aliran darah, dan menurunkan stres oksidatif pada perokok dan orang yang kelebihan berat badan. Dalam sebuah studi perbandingan astaxanthin dan karotenoid lainnya menunjukkan bahwa astaxanthin menunjukkan aktivitas antioksidan tertinggi melawan radikal bebas.

2. Kanker

Karena sifat antioksidannya, terdapat banyak penelitian tentang bagaimana astaxanthin dapat membantu mengobati berbagai jenis kanker. Satu studi menemukan manfaat jangka pendek dan jangka panjang untuk pengobatan kanker payudara, termasuk mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.

Mahalnya harga astaxanthin yang dimurnikan telah membatasi penggunaannya dalam penelitian lebih lanjut dan pengobatan kanker.

3. Kulit

Astaxanthin dapat digunakan secara topikal untuk meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa menggabungkan astaxanthin dosis topikal dan oral dapat membantu menghaluskan kerutan, mengecilkan bintik-bintik penuaan, dan membantu menjaga kelembaban kulit.

Terdapat hasil positif pada pria dan wanita, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

4. Suplemen olahraga

Sudah banyak penelitian tentang bagaimana astaxanthin dapat mempengaruhi daya tahan tubuh, serta tingkat kelelahan setelah berolahraga.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan kesehatan tubuh penggunaan asam lemak, yang membantu daya tahan tubuh, dan mencegah kerusakan otot dan tulang .

Namun sejauh ini, bukti mengenai dampaknya terhadap olahraga manusia masih kurang. Satu studi menggunakan subjek manusia tidak menemukan manfaat olahraga dari suplemen astaxanthin sehubungan dengan cedera otot.

5. Kesehatan jantung

Para peneliti juga menyelidiki klaim bahwa astaxanthin dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah studi tahun 2006 meneliti efek astaxanthin pada tikus dengan hipertensi (tekanan darah tinggi), dan hasilnya menunjukkan bahwa astaxanthin dapat membantu meningkatkan kadar elastin dan ketebalan dinding arteri.

Klaim lain termasuk anggapan bahwa astaxanthin dapat mencegah penyakit jantung dan membantu menurunkan kolesterol, namun belum ada cukup bukti untuk mendukung kegunaannya.

6. Nyeri sendi

Astaxanthin mungkin juga memiliki masa depan dalam pengobatan nyeri sendi, termasuk kondisi seperti rheumatoid arthritis, yang mempengaruhinya hampir satu dari setiap lima orang Amerika , dan sindrom terowongan karpal. Namun, hasilnya sejauh ini masih beragam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa astaxanthin mungkin dapat mengurangi peradangan dan gejala nyeri yang berhubungan dengan arthritis. Namun, sebuah belajar tentang hubungan antara astaxanthin dan carpal tunnel syndrome tidak menemukan bukti yang mendukung klaim tersebut.

7. Kesuburan pria

Di sebuah studi tahun 2005, astaxanthin menunjukkan hasil positif untuk kesuburan pria. Selama tiga bulan, studi double-blind ini mengamati 30 pria berbeda yang sebelumnya menderita infertilitas.

Para peneliti melihat peningkatan parameter sperma, seperti jumlah dan motilitas, serta peningkatan kesuburan pada kelompok yang menerima astaxanthin dosis tinggi. Karena ini adalah penelitian berskala relatif kecil, diperlukan lebih banyak bukti dan penelitian untuk mendukung klaim ini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #berasal #dari #biota #laut #simak #manfaat #astaxanthin #bagi #tubuh #mulai #dari #antioksidan #hingga #kesuburan #pria

KOMENTAR