Kaya Serat dan Nutrisi, 3 Jenis Buah Ini Baik Untuk Dikonsumsi sebagai Sarapan dan Memulai Aktivitas Pagi
Ilustrasi sarapan pagi (HonestDocs)
07:50
7 Maret 2024

Kaya Serat dan Nutrisi, 3 Jenis Buah Ini Baik Untuk Dikonsumsi sebagai Sarapan dan Memulai Aktivitas Pagi



Konsumsi buah merupakan salah satu makanan penting dan baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, ada beberapa asupan buah yang diketahui memiliki nilai gizi yang pas dan cukup untuk sarapan pagi dan memulai aktivitas.

Dilansir dari Byrdie, Kamis (7/3), selain untuk sarapan, ahli nutrisi bernama Liz Wyosnick, menyampaikan bahwa serat dan nutrisi dari beberapa buah merupakan tambahan yang baik untuk diet seimbang.

Lantas buah apa yang baik untuk nutrisi sarapan dan memulai aktivitas di pagi hari? Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut.

1. Apel

Apel mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi, dan di dalamnya terdapat quercetin, flavonoid dengan karakteristik antivirus dan antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Sebagai manfaat tambahan, kandungan quercetin pada apel dapat membantu orang yang mengalami alergi musiman," kata Liz Wyosnick.

Keuntungan lain dari buah apel adalah mudah dibawa, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi kita yang sering diburu waktu di pagi hari.



"Serat membantu membuat kita kenyang lebih lama, yang tentunya merupakan sesuatu yang kita inginkan dalam sarapan kita untuk mencegah ngemil sembarangan di pagi hari," tambah ahli gizi lain bernama Maggie Michalczyk yang merupakan ahli nutrisi diet dari AS.

Apel cocok dipadukan dengan berbagai makanan pagi, termasuk oatmeal, selai kacang, dan yogurt.

Ia menyarankan untuk memakan apel dengan sepotong roti yang diolesi selai kacang atau menaburi sepiring bubur dengan apel rebus.

Pilihlah satu buah apel seukuran tangan Anda untuk ukuran porsi yang optimal-dan biarkan kulitnya tetap ada untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang maksimal, sarannya.

2. Pisang

Pisang, yang dibungkus dalam kemasan alami, adalah salah satu buah yang paling mudah untuk dimasukkan ke dalam tas untuk sarapan di pagi hari.

"Pisang juga mengandung pati resisten, yang tidak dicerna oleh tubuh kita, melainkan bakteri yang menguntungkan dalam usus Anda," ujar Maggie Michalczyk.



"Kami terus belajar lebih banyak lagi tentang pentingnya kesehatan usus dan bagaimana usus berperan dalam berbagai fungsi tubuh," lanjutnya.

Pisang juga mengandung serat, vitamin B, dan mineral seperti kalium, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Alpukat

"Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sarapan karena kandungan seratnya," kata Maggie Michalczyk.

"Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan 25-38 gram serat yang direkomendasikan setiap hari, jadi memulai hari Anda dengan buah berserat seperti alpukat dapat membantu pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama," sambungnya.

Alpukat dengan porsi 1/2 cangkir mengandung sekitar 5 gram serat, serta lemak sehat (sangat baik untuk membuat Anda merasa kenyang!), vitamin K, E, dan C, dan folat.

Itulah daftar-daftar buah yang baik untuk dikonsumsi di pagi hari terkhusus sarapan sebelum menjalankan aktivitas seharian seperti bekerja dan sekolah.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kaya #serat #nutrisi #jenis #buah #baik #untuk #dikonsumsi #sebagai #sarapan #memulai #aktivitas #pagi

KOMENTAR