7 Superfood Kaya Nutrisi Yang Bagus Untuk Kesehatan, Salah Satunya Ada Ikan Salmon!
ilustrasi ikan salmon baik untuk kesehatan. /Sumber foto: Freepik
19:12
6 Maret 2024

7 Superfood Kaya Nutrisi Yang Bagus Untuk Kesehatan, Salah Satunya Ada Ikan Salmon!

Superfood adalah makanan yang sebagian besar nabati tetapi juga sebagian ikan dan produk susu–yang kaya akan nutrisi, mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan seseorang.

Namun, superfood bukanlah istilah yang diakui secara ilmiah, tanpa kriteria pasti untuk menentukan apa yang dimaksud dengan makanan super dan apa yang bukan, menurut American Heart Association.

Terlepas dari itu, beberapa makanan, memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan lain yang kurang nutrisi.

Dan melansir dari Today.com, berikut adalah daftar dari beberapa superfood untuk anda.

1. Salmon

Dengan kandungan asam lemak Omega-3 dan vitamin D yang terdapat pada ikan salmon, risiko gejala dari penderita Alzheimer bisa diturunkan sebanyak 20% dan juga bisa menurunkan tingkat depresi yang orang alami dalam jumlah tertentu.

Dan juga ikan salmon mengandung protein sebanyak 21 gram dalam satu porsi berjumlah 3 ons dan juga kandungan IU-444 pada vitamin D.

2. Alpukat

Alpukat mempunyai banyak nutrisi, terutama serat yang terdapat di dalam daging buah alpukat yang berwarna hijau yang mempunyai kandungan protein 5 gram di tiap setengah buah alpukat yang halus karena tingginya kandungan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan bagi jantung.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung 345 miligram potasium dan lutein yang bagus untuk kesehatan mata bila dikonsumsi.

3. Flaxseed dan biji chia

Dalam biji-bijian ini, terdapat asam alfa-linolenat (ALA), yaitu asam lemak Omega-3 nabati yang dapat membantu melawan peradangan.

Selain itu, flaxseed juga mengandung lignan yang memiliki manfaat anti-kanker dan antioksidan.

Lalu, biji chia yang kecil juga kaya akan serat, gluten-free, bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik, dan bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh agar tubuh tetap terhidrasi dalam jangka waktu yang agak lama.

4. Ubi jalar

Satu buah ubi jalar berukuran sedang hanya memiliki 103 kalori, 4 gram serat, dan empat kali lipat asupan beta-karoten harian yang direkomendasikan.

Tak hanya itu, ubi jalar juga menyediakan 35% dari kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan untuk tubuh manusia, serta mangan yang dapat membantu menjaga kestabilan glukosa darah.

5. Blueberry

Blueberry mengandung antosianin, sebuah pigmen tumbuhan yang menyebabkan buah ceri tersebut warnanya berubah menjadi biru dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu membantu membalikkan penurunan kognitif terkait usia dan penurunan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, blueberry juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti 4 gram serat yang bisa dirasakan bila disediakan dalam satu cangkir, vitamin C, vitamin K, dan dapat membuat kesehatan usus terjaga.

6. Teh hijau

Sering digunakan oleh dua negara yaitu Jepang dan Cina selama ribuan tahun, entah sebagai ramuan obat tradisional dan diseduh menjadi minuman, teh hijau memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Dengan adanya sumber polifenol (sejenis antioksidan) yang sering disebut katekin, teh hijau dapat membantu melindungi kesehatan jantung dan manfaatnya akan terasa bila tiap hari mengonsumsi 3 – 5 cangkir teh hijau.

Selain itu, teh hijau juga dapat menurunkan berat badan, karena flavonoid yang terdapat di dalamnya dapat menurunkan tingkat penyerapan lemak, meningkatkan pembakaran kalori, dan menghambat pembentukan sel lemak.

Satu cangkir teh hijau mengandung 150 miligram flavonoid dan dibutuhkan setidaknya kurang lebih 400 miligram flavonoid setiap hari agar bisa menjaga berat badan dari tubuh sehat.

7. Buncis

Dari sekian banyak sayuran, buncis adalah salah satunya yang bisa dibilang memberikan manfaat yang lebih baik dari lainnya.

Buncis mengandung protein, serat, potasium, magnesium, dan juga mengandung sembilan asam amino yang penting bagi tubuh.

Jenis serat memiliki sifat larut dan disebut dengan rafinosa, yaitu dapat membantu usus agar tetap bekerja dengan baik.

Dan juga semua yang terdapat di serat itu (lebih dari 6 gram) memiliki manfaat dalam menstabilkan gula darah, menurunkan berat badan, dan membantu perut tetap kenyang dengan kandungan 7 gram protein dan semua seratnya.

8. Bayam, sawi arugula, selada air, dan sayuran sejenisnya

Meskipun kale (kubis keriting) adalah jenis sayuran hijau yang terkenal, ada banyak penggantinya seperti bayam, sawi arugula, dan selada air, karena mereka juga kaya akan banyak nutrisi.

Bayam kaya akan zat besi dan cocok bagi wanita, sawi arugula pedas dapat membuat salad menjadi sedap dan beraroma, serta menyediakan zat besi, folat, dan vitamin A.

Selada air kaya akan isothiocyanates yang dapat membantu mencegah kanker dengan membantu tubuh kita membuang karsinogen.

Kale (kubis keriting) mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, menjadikannya pilihan cerdas untuk kesehatan mata.

Ia juga kaya akan vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan juga penting untuk kesehatan tulang. Dan perlu dicatat bahwa semua sayuran tersebut mengandung vitamin K yang konsumsinya dibatasi bila sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

9. Kimchi

Kimchi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh meskipun bukanlah makanan tunggal karena banyaknya bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Kimchi kaya akan probiotik penambah usus, mengandung nutrisi untuk meningkatkan otak, kolin, dan juga memberikan manfaat yang mendukung kekebalan tubuh.

10. Yogurt

Sama seperti kimchi, meskipun terbuat dari banyak bahan-bahan, yogurt juga termasuk dalam superfood yang mengandung kalsium, vitamin D pembentuk tulang, protein untuk mendukung otot, dan potasium.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #superfood #kaya #nutrisi #yang #bagus #untuk #kesehatan #salah #satunya #ikan #salmon

KOMENTAR